Tentang Kitabisa

Sedekah Kini Lebih Mudah dan Praktis Lewat Platform Kitabisa

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr

Islam selalu mengajarkan umatnya untuk menyisihkan sebagian harta yang dimiliki untuk orang lain yang membutuhkan, salah satunya melalui sedekah. Sedekah bertujuan untuk menyucikan harta, membantu sesama, serta sebagai bekal amal untuk di akhirat kelak.

Allah SWT sangat mencintai hambanya yang bersedekah. Bahkan, Allah SWT berjanji bahwa hambanya tidak akan menjadi miskin karena bersedekah. Dengan mengeluarkan sebagian harta untuk orang yang membutuhkan, Allah justru akan melipat gandakannya dengan balasan yang lebih baik lagi.

 

Pengertian Sedekah

Sedekah Kini Lebih Mudah dan Praktis Lewat Platform Kitabisa

Sedekah merupakan salah satu amalan baik yang amat disukai oleh Allah SWT. Menurut bahasa, sedekah berasal dari Bahasa Arab Shadaqoh yang memiliki arti  pemberian yang diberikan oleh seseorang ke orang lain secara spontan dan sukarela tanpa ada batasan jumlah atau tenggat waktu tertentu.

Amalan sedekah ini lebih luas maknanya daripada zakat ataupun infak. Pasalnya, sedekah bukan hanya berarti mengeluarkan atau memberikan harta saja, tetapi juga mencakup semua amal atau perbuatan baik yang dilakukan kepada orang lain. Bahkan, ada sebuah hadis dari HR. Tirmidzi dan  dan Abu Dzar yang mengatakan bahwa memberikan senyuman kepada sesama juga termasuk sedekah.

 

Bentuk-Bentuk Sedekah Dalam Islam

Sedekah Kini Lebih Mudah dan Praktis Lewat Platform Kitabisa

Sedekah merupakan salah satu bukti ketaatan seseorang hamba kepada Allah SWT. Sedekah tidak bisa dipaksakan, melainkan dilakukan secara sukarela menurut panggilan hati dan jiwa dengan ikhlas untuk menyenangkan orang lain.

Bentuk-bentuk sedekah dalam islam inipun ada banyak macamnya. Berzikir, memberikan pertolongan baik dalam bentuk harta benda maupun tenaga, menyingkirkan batu di jalan, menunjukkan jalan bagi orang yang sedang tersesat, menafkahi keluarga, hingga tersenyum kepada orang lain, semuanya termasuk sedekah.

Nabi Muhammad SAW bersabda:Senyum kalian bagi saudaranya adalah sedekah, beramar ma’ruf dan nahi munkar yang kalian lakukan untuk saudaranya juga sedekah, dan kalian menunjukkan jalan bagi seseorang yang tersesat juga sedekah.(HR. Tirmidzi dan Abu Dzar).Kamu menyingkirkan batu, duri dan tulang dari tengah jalan itu adalah sedekah bagimu.(HR.Bukhari). “Tidaklah ada satu pekerjaan yang paling mulia yang dilakukan oleh seseorang daripada pekerjaan yang dilakukan dari tangannya sendiri. Dan tidaklah seseorang menafkahkan hartanya terhadap diri, keluarga, anak dan pembantunya melainkan akan menjadi sedekah.(HR. Ibnu Majah).

Baca juga:
Yuk, Cari Tahu Manfaat Seputaar Galang Dana Online!

 

Cara Bersedekah Dalam Islam

Sedekah Kini Lebih Mudah dan Praktis Lewat Platform Kitabisa

Dalam bersedekah, umat Islam dianjurkan agar tidak menyakiti perasaan orang yang diberi sedekah dan menyembunyikan amalan sedekahnya. Hal ini bertujuan untuk menghindarkan diri dari sifat ria yang dapat menghapus pahala sedekah.

Allah SWT berfirman dalam Surat Al Baqarah Ayat 264, yang artinya “Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu menghilangkan (pahala) sedekahmu dengan menyebut-nyebutnya dan menyakiti perasaan si penerima, seperti orang yang menafkahkan hartanya karena riya kepada manusia dan dia tidak beriman kepada Allah.”

Baca juga:
Donasi? Kini Makin Mudah dengan Kitabisa Apps!

 

Janji Allah SWT Kepada Hambanya yang Bersedekah

Ada banyak janji Allah SWT yang diberikan kepada hambanya yang suka bersedekah. Berikut adalah beberapa di antaranya.

  1. Dihapuskan Dosa-Dosanya

Sedekah Kini Lebih Mudah dan Praktis Lewat Platform Kitabisa

Allah SWT akan menghapuskan dosa hamba-hambanya yang bersedekah. Hal ini pernah dijelaskan oleh Rasulullah Muhammad SAW dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh HR. Tirmidzi. Dalam hadis tersebut, Rasulullah SAW berkata, yang artinya: Bersedekahlah kalian, meski hanya dengan sebiji kurma. Karena, sedekah dapat memenuhi kebutuhan orang yang kelaparan dan memadamkan kesalahan, sebagaimana air memadamkan api.

Meski begitu, ampunan yang diberikan oleh Allah SWT ini tentunya juga harus dibarengi dengan taubat yang tulus. Bukan berarti kita bisa melakukan perbuatan buruk seperti mencuri, korupsi, atau memakan harta riba, lalu kemudian bersedekah agar dosa yang kita lakukan dihapuskan

  1. Diberikan Keberkahan Harta

Sedekah Kini Lebih Mudah dan Praktis Lewat Platform Kitabisa

Allah SWT juga akan memberikan keberkahan harta untuk orang-orang yang mengeluarkan sedekah dengan ikhlas. Allah SWT berfirman dalam surat Saba Ayat 39, yang artinya: “Katakanlah, Sesungguhnya Rabb-ku melapangkan rejeki bagi siapa saja yang dia kehendaki diantara hamba-hambaNya dan menyempitkan bagi (siapa yang dia kehehendaki-Nya). Dan apa yang kamu infakkan, maka Allah akan menggantinya dan Dialah pemberi rejeki sebaik-baiknya.

  1. Dilipat gandakan Pahalanya

Sedekah Kini Lebih Mudah dan Praktis Lewat Platform Kitabisa

Pahala orang-orang yang bersedekah akan senantiasa dilipat gandakan oleh Allah SWT. Hal ini telah dijelaskan oleh Allah dalam Surat Al Baqarah Ayat 261 dan Surat Al Hadid Ayat 18, yang artinya:

Perumpamaan (infaq yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menginfakkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir mempunyai seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki, dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui.(Q.S. Al Baqarah Ayat 261).

Sesungguhnya orang-orang yang bersedekah baik laki-laki maupun perempuan dan meminjamkan kepada Allah pinjaman yang baik, niscaya akan dilipat-gandakan (ganjarannya) kepada mereka; dan bagi mereka pahala yang banyak.(Q.S. Al Hadid Ayat 18)

  1. Diberikan Naungan di Hari Akhir

Sedekah Kini Lebih Mudah dan Praktis Lewat Platform Kitabisa

Dalam sebuah hadis, Rasulullah SAW pernah menceritakan tentang tujuh kelompok manusia yang akan mendapat naungan di suatu hari yang tidak ada satu pun naungan kecuali naungan dari Allah SWT, yaitu hari akhir, dan salah satu kelompok tersebut adalah kelompok orang-orang yang gemar bersedekah.

Seorang yang bersedekah dengan tangan kanannya, ia menyembunyikan amalnya itu sampai-sampai tangan kirinya tidak mengetahui apa yang disedekahkan oleh tangan kanannya.(HR. Bukhari No. 1421)

  1. Terdapat Pintu Surga yang Hanya Bisa Dimasuki oleh Orang-Orang yang Bersedekah

Sedekah Kini Lebih Mudah dan Praktis Lewat Platform Kitabisa

Surga memiliki banyak pintu yang dikategorikan berdasarkan jenis-jenis amalan baik yang dilakukan oleh seorang hamba selama di dunia. Apabila semasa hidupnya seseorang rajin salat, maka ia akan dipanggil masuk surga lewat pintu salat. Apabila seseorang juga berpuasa, maka dia akan dipanggil oleh pintu Al-Royyan atau pintu puasa

Begitu pula bagi orang yang suka bersedekah. Di surga nanti, dia akan dipanggil oleh pintu khusus untuk orang-orang yang suka bersedekah Hal ini telah dijelaskan oleh Rasulullah SAW dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh HR. Bukhari berikut ini, yang artinya: Barang siapa termasuk orang yang senantiasa bersedekah maka dia akan dipanggil masuk surga lewat pintu sedekah

  1. Dibebaskan Dari Siksa Kubur

Sedekah Kini Lebih Mudah dan Praktis Lewat Platform Kitabisa

Orang yang gemar bersedekah akan dibebaskan oleh Allah dari siksa kubur. Hal ini telah dijelaskan oleh Rasulullah SAW dalam hadis yang diriwayatkan oleh Thabrani berikut ini, yang artinya: “Sedekah akan memadamkan api siksaan di dalam kubur

  1. Dijauhkan Dari Api Neraka

Sedekah Kini Lebih Mudah dan Praktis Lewat Platform Kitabisa

Meskipun sedikit, sedekah ternyata memiliki andil dalam menjauhkan kita dari siksaan api neraka. Semakin kita banyak bersedekah, maka akan semakin dijauhkan pula kita dari api neraka. Rasulullah SAW pernah bersabda, yang artinya: “Jauhilah api neraka, walau hanya dengan bersedekah sebiji kurma. Jika kamu tidak punya, maka bisa dengan kalimah thayyibah.”

  1. Dilapangkan Jalan Menuju Surga

Sedekah Kini Lebih Mudah dan Praktis Lewat Platform Kitabisa

Allah juga akan melapangkan jalan seorang hamba yang gemar bersedekah menuju surga. Dalam Q.S Ali Imran Ayat 133 – 134 Allah SWT berfirman, yang artinya:

Dan bersegeralah kamu kepada ampunan dari Rabbmu dan kepada surga yang luasnya seluas langit dan bumi yang disediakan untuk orang-orang yang bertakwa. (Yaitu) orang-orang yang menginfakkan (hartanya), baik diwaktu lapang maupun sempit dan orang-orang yang menahan amarahnya dan memaafkan (kesalahan) orang lain. Allah menyukai orang yang berbuat kebajikan.

 

Manfaat Sedekah

Sebagaimana amalan-amalan baik lainnya, sedekah juga memberikan manfaat bagi orang yang melakukannya. Berikut adalah beberapa manfaat bersedekah:

  1. Mendapat Perasaan Bahagia dan Hati yang Lapang

Sedekah Kini Lebih Mudah dan Praktis Lewat Platform KitabisaSelain memberikan kebahagiaan bagi orang yang diberi, sedekah ternyata juga dapat memberi rasa bahagia bagi si pemberi. Pasalnya, hati akan terasa tenang ketika kita membantu dan melihat orang lain bahagia dengan pemberian kita.

Bahkan, menurut sebuah penelitian yang diterbitkan oleh American Journal of Public Health pada tahun 2013, ditemukan fakta bahwa orang yang suka memberi dan membantu orang lain akan lebih terlindungi dari perasaan stres dan tidak bahagia. Dalam penelitian tersebut, peneliti mengungkapkan bahwa ketika kita memberi sesuatu kepada orang lain secara ikhlas, hormon endorfin yang mempengaruhi perasaan senang seseorang akan meningkat.

Dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Bukhari, Rasulullah SAW juga pernah mengatakan bahwa perumpamaan orang yang pelit dan orang yang suka memberi atau bersedekah seperti dua orang yang memakai baju besi yang jika dipakai menutupi tubuhnya dari dada sampai selangkangan.

Orang yang bersedekah akan merasa baju besinya longgar dan tidak meninggalkan bekas pada kulitnya, Sedangkan orang yang pelit akan merasa baju besinya sangat ketat dan merekat erat di kulitnya. Ia berusaha melonggarkannya tetapi tidak bisa.

  1. Sedekah Adalah Amalan yang Tidak Ada Putus-Putusnya

Sedekah Kini Lebih Mudah dan Praktis Lewat Platform Kitabisa

Dengan bersedekah, maka kita melakukan amalan yang tidak ada putus-putusnya. Dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Muslim, Nabi Muhammad bersabda bahwa ketika seseorang meninggal dunia, akan terputus semua amalannya kecuali tiga perkara, yaitu sedekah jariyah, ilmu yang bermanfaat, serta doa anak yang saleh dan salihah.

  1. Mencegah Dari Perbuatan Maksiat dalam Jual Beli

Sedekah Kini Lebih Mudah dan Praktis Lewat Platform Kitabisa

Banyak bersedekah dapat menghindarkan diri kita dari perbuatan maksiat dalam jual beli. Rasulullah SAW bersabda, yang artinya: “Wahai para pedagang, sesungguhnya setan dan dosa keduanya hadir dalam jual-beli. Maka hiasilah jual-beli kalian dengan sedekah.” (HR. Timidzi)

  1. Menghindarkan Diri dari Sifat Sombong

Sedekah Kini Lebih Mudah dan Praktis Lewat Platform Kitabisa

Sedekah yang dilakukan oleh seseorang pada dasarnya juga dapat menghindarkan dirinya dari sifat sombong. Nabi Muhammad SAW bersabda, yang artinya: “Sesungguhnya sedekahnya orang muslim itu dapat menambah umurnya, dapat mencegah kematian yang buruk (su’ul khotimah), Allah akan menghilangkan darinya sifat sombong, kefakiran dan sifat bangga pada diri sendiri.” (HR. Thabrani)

  1. Mendapat Pahala yang Terus Berkembang

Sedekah Kini Lebih Mudah dan Praktis Lewat Platform Kitabisa

Manfaat lainnya dari sedekah adalah mendapat pahala yang terus berkembang. Dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh At Trimidzi, Rasulullah SAW mengatakan bahwa sesungguhnya Allah SAW akan menerima amalan sedekah yang dilakukan hambanya dengan tangan kanan-Nya. Kemudian, Allah akan mengembangkan pahala tersebut sebagaiman seseorang mengembangkan seseor anak kuda. Sampai-sampai sedekah yang awalnya sebiji berkembang hingga sebesar Gunung Uhud.

  1. Pelindung dari Bencana

Sedekah Kini Lebih Mudah dan Praktis Lewat Platform Kitabisa

Sedekah yang dilakukan seorang hamba secara ikhlas juga dapat melindungi dirinya dari bencana. Imam Ibnu Qayyim Al-Jauziyyah pernah mengatakan bahwa sesungguhnya sedekah itu dapat melindungi seseorang dari berbagai bencana, sekalipun orang itu adalah pendosa, zhalim, atau kafir. Sebab, Allah SWT akan menghindarkan dirinya dari hal yang buruk melaui perantara sedekah tersebut.

  1. Penyebab Terkabulnya Doa

Sedekah Kini Lebih Mudah dan Praktis Lewat Platform Kitabisa

Sedekah juga dapat menjadi salah satu penyebab terkabulnya doa-doa. Dalam Surat Ali Imran Ayat 92, Allah SWT berfirman, yang artinya: “Kalian tidak akan mendapatkan kebaikan sampai kalian menyedekahkan harta yang kalian sukai.

  1. Menyembuhkan Penyakit

Sedekah Kini Lebih Mudah dan Praktis Lewat Platform Kitabisa

Manfaat lainnya dari bersedekah adalah dapat menyembuhkan penyakit. Dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Thabrani, Rasulullah SAW menganjurkan umatnya untuk membentengi harta dengan zakat, mengobati sakit dengan bersedekah, serta mempersiapkan doa untuk menghadapi datangnya bencana.

Baca juga:
Teknologi Semakin Maju, Sedekah Semakin Mudah

 

Tentang KitabisaKitabisa

Kitabisa merupakan sebuah platform penggalangan dana yang salah satu misinya adalah untuk memudahkan masyarakat dalam berdonasi atau memberikan sedekah secara online. Melalui platform ini, bersedekah bisa dilakukan dengan praktis dan mudah karena Anda bisa langsung berdonasi ke campaign-campaign yang membutuhkan bantuan dengan cara transfer, pembayaran melalui GOPAY, atau Dompet Kitabisa.

Dengan Kitabisa, cakupan sedekah juga bisa lebih luas karena platform ini memungkinkan Anda untuk berdonasi ke banyak halaman donasi online yang dibuat untuk beragam tujuan sosial, personal, dan lain sebagainya. Apabila Anda ingin bersedekah ke orang di sekitar yang membutuhkan tetapi tidak memiliki cukup uang, Anda pun bisa membantu dengan cara melakukan penggalangan dana.

Baca juga:
Takut Tertipu? Pahami 7 Hal Sebelum Donasi Online

 

Cara Bersedekah di Kitabisa

Halaman Kitabisa

Bersedekah melalui platform Kitabisa sangat praktis dan mudah. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Daftarkan diri Anda melalui aplikasi Kitabisa atau halaman kitabisa.com.
  • Apabila sudah selesai membuat akun, pilih menu Donasi untuk masuk ke halaman campaign
  • Di halaman campaign Kitabisa, Anda bisa memilih campaign yang ditampilkan berdasarkan kategori atau campaigner yang menggalang bantuan. Beberapa kategori campaign ini misalnya Beasiswa dan Pendidikan, Bencana Alam, Kemanusiaan, Rumah Ibadah, Panti Asuhan, Bantuan Medis dan Kesehatan, dan masih banyak legi lainnya. Sedangkan untuk kategori campaigner, Anda bisa memilih campaign dari organisasi atau publik.
  • Jika Anda sudah menemukan campaign yang ingin Anda bantu, klik kotak campaign terebut untuk masuk ke halaman detail campaign. Lalu, klik tombol “Donasi Sekarang” untuk memberikan donasi.
  • Di halaman selanjutnya, masukkan jumlah donasi yang ingin Anda berikan. Anda bisa mencentang “Donasi sebagai anonim” jika tidak ingin identitas Anda diketahui. Tambahkan juga pesan dukungan atau doa Anda kepada pihak yang ingin Anda bantu pada kolom yang pesan yang telah disediakan.
  • Jika sudah, pilih metode pembayaran. Anda bisa membayar dengan menggunakan dana dari Dompet Kitabisa, transfer antar bank, atau dengan saldo GOPAY. Kemudian, klik “Lanjut atau Donasi” untuk berdonasi.

Cara Membuat Campaign di Kitabisa

Nah, apabila Anda ingin membuat campaign di Kitabisa, berikut adalah langkah-langkah yang perlu Anda lakukan.

  • Masuk ke website Kitabisa, lalu pilih menu Galang Dana
  • Kemudian, baca 5 langkah menggalang dana di Kitabisa. Setelah itu, centang pada kotak “Saya telah membaca dan memahami 5 langkah mudah menggalang dana di Kitabisa” dan klik tombol “Galang Dana Sekarang”
  • Pada halaman selanjutnya, isi data-data judul campaign, link campaign, target dana, tenggat waktu, serta lokasi dan kategori penerima dana. Jika sudah, lanjutkan dengan mengklik tombol “Save & Next”
  • Selanjutnya, berikan gambar atau video tentang Ada juga bisa menambahkan deskripsi atau cerita yang melatarbelakangi Anda untuk membuat campaign tersebut. Jika sudah, klik tombol “Save & Next”
  • Terakhir, masukkan nomor handphone Anda yang aktif dan klik “Submit”

Demikianlah penjelasan mengenai sedekah dan cara bersedekah dengan praktis dan mudah melalui Kitabisa. Semoga bermanfaat!

Comments

comments

Comments are closed.

Show Buttons
Hide Buttons