Cerita #OrangBaik

Berbagi Makanan untuk Saudara Kita yang Membutuhkan

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr

Makanan menjadi kebutuhan pokok masyarakat. Sayangnya, tidak semua orang bisa menikmati makanan yang sebaiknya dipenuhi sebanyak tiga kali sehari. Bagi banyak orang, makan tiga kali sehari adalah hal yang biasa. Tetapi, bagi saudara-saudara kita yang kurang mampu, bisa menikmati makan adalah sebuah perjuangan.

Dilansir dari kompas.com, sekitar 19,4 juta masyarakat Indonesia yang tidak dapat memenuhi makanan sehari-hari. Faktor utama yang menyebabkan hal ini terjadi adalah masalah ekonomi. Kebutuhan hidup meliputi pangan, sandang, papan, pendidikan, dan kesehatan tidak dapat terpenuhi dengan baik karena ketidakmampuan dari masyarakat. Kemiskinan, pengangguran, kesenjangan penghasilan merupakan beberapa pemicu masalah ekonomi yang terjadi saat ini.

Bagi sebagian orang, terutama mereka yang kesulitan ekonomi, makanan sehat menjadi hal yang mewah. Banyak dari mereka yang tidak mementingkan nutrisi atau gizi makanan yang mereka konsumsi. Padahal, mengonsumsi makanan sehat sangat penting bagi pemenuhan energi. 

 

Lansia Terlantar di Griya PMI Solo

odgj terlantar
Sumber: Griya PMI

Salah satu masyarakat yang perlu bantuan dalam memenuhi kebutuhan makanan adalah Orang Dengan Gangguan Jiwa atau ODGJ, terutama mereka lansia yang terlantar. Melihat banyaknya lansia ODGJ yang terlantar, Griya PMI Solo berinisiatif menjadi yayasan yang menyediakan tempat tinggal untuk mereka. 

Berdiri sejak 2012, Griya PMI Solo sudah merawat ratusan orang dengan gangguan jiwa dan lansia terlantar. Kondisi kurang beruntung yang mereka alami membuat keluarga dengan sengaja membuang dan tidak merawat mereka. Di Griya PMI Solo, warga diberikan keterampilan dan kegiatan rutin, seperti pembuatan karya berupa keset, dan juga beternak lele agar mereka tidak bosan. 

Setiap hari, Griya PMI Solo memenuhi kebutuhan makan ratusan lansia dan ODGJ. Tak hanya makanan biasa, tetapi mereka membutuhkan makanan yang bergizi. Bagi lansia ODGJ yang terlantar, donasi untuk makan tak hanya penting untuk kebutuhan perut, tetapi juga menjadi bukti bahwa masih banyak orang-orang yang peduli dengan kehidupan mereka.

 

Berbagi Makanan Lewat Program #BisaMakan

berbagi makanan

BisaMakan adalah program yang diinisiasi oleh Kitabisa untuk membantu saudara-saudara kita yang kelaparan. Melalui program ini, Kitabisa akan menyalurkan donasi yang telah terkumpul untuk berbagi makanan melalui yayasan dan komunitas yang memiliki program berbagi makanan untuk fakir miskin dan kaum dhuafa, termasuk ODGJ terlantar. Dengan program ini, Kitabisa percaya bahwa setiap orang bisa jadi pahlawan penyambung hidup untuk orang-orang yang kelaparan. 

Baca juga:
Cerita Pahlawan bagi Penderita Gangguan Jiwa
Hapuskan Kelaparan untuk YatimBisa Makan

 

Jumat Berbagi di Program #BisaMakan

berbagi untuk dhuafa

Berbagi makanan tidak hanya disalurkan untuk yayasan dan komunitas, tetapi juga secara rutin diberikan langsung kepada mereka yang membutuhkan. Setiap hari Jumat, program #BisaMakan telah menyalurkan ratusan makanan untuk para dhuafa. Seperti yang dilakukan pada Jumat (11/10) lalu, #BisaMakan telah membagikan 200 paket makanan di daerah Cilandak. 

Kepada seluruh OrangBaik, Kitabisa mengucapkan terima kasih karena telah mednukung program #BisaMakan agar terus memberikan bantuan berupa makanan kepada saudara-saudara kita yang membutuhkan.


Bagi OrangBaik yang ingin membantu saudara-saudara kita yang membutuhkan makanan, bisa berdonasi di Kitabisa. Caranya, klik gambar di bawah ini!

bantuan makanan

Comments are closed.