Cerita #OrangBaik

Cerita Kafka, Bayi Prematur yang Berhasil Keluar Ruang NICU

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr

Saat hamil Kafka, ibundanya sedang berjuang melawan kanker payudara. Ibunda Kafka berjuang sekuat tenaga, namun Kafka harus lahir secara prematur. Besarnya biaya pengobatan membuat salah satu teman menyarankan untuk galang dana di Kitabisa. 

Kafka adalah bayi mungil yang sangat beruntung karena memiliki ibu yang luar biasa. Ibunda Kafka, Tiara, sedang berjuang melawan kanker payudara ketika sedang mengandungnya. Tiara berusaha sekuat tenaga untuk bertahan, namun ternyata Kafka harus lahir secara prematur. 

Tiara didiagnosa terkena kanker payudara sebulan setelah menikah. Ketika melakukan pemeriksaan, kanker Tiara sudah menyebar ke tulang belakang. Setelah menjalani operasi pengangkatan tumor, Tiara baru mengetahui bahwa dirinya sedang mengandung Kafka. 

Saya pingin membagi semangat saya untuk Kafka biar dia kuat. – Tiara, Ibunda Kafka

Demi kesehatan Kafka, Tiara ikhlas untuk melakukan operasi pengangkatan payudara dan berhenti menjalani kemoterapi. Semua itu dilakukan Tiara agar Kafka bisa lahir dengan selamat dan tumbuh dengan sehat. Namun di usia 30 minggu, tim dokter menyatakan Kafka harus dilahirkan secara prematur. 

 

Apa yang Dimaksud Kelahiran Prematur?

Cerita Kafka, Bayi Prematur yang Berhasil Keluar Ruang NICU

Bayi prematur bisa dikatakan sebagai bayi yang lahir sebelum waktunya. Kelahiran prematur biasanya dilakukan ketika kandungan berada di usia 37 minggu, namun Kafka lahir pada usia 30 minggu. Bayi prematur memiliki risiko komplikasi penyakit lebih besar dibandingkan dengan bayi normal. Hal itu disebabkan oleh organ-organ tubuh penting belum siap untuk berkembang. 

Kelahiran bayi prematur terkadang  memiliki penyebab yang belum pasti. Beberapa faktor dapat memicu terjadinya kelahiran bayi prematur, diantaranya faktor kesehatan ibu, faktor kehamilan, serta faktor dari janin. Namun, pecahnya ketuban lebih awal menjadi salah satu penyebab utama kelahiran prematur.

 

Perjuangan Kafka di Ruang NICU

Cerita Kafka, Bayi Prematur yang Berhasil Keluar Ruang NICU

Kondisi katup jantung Kafka yang belum terbentuk sempurna menyebabkan dirinya harus menjalani perawatan di ruang NICU. NICU atau Neonatal Intensive Care Unit adalah ruang perawatan intensif bagi bayi yang baru lahir dan mengalami gangguan kesehatan. Biasanya, bayi dimasukkan ke ruang NICU dalam masa 24 jam setelah kelahiran. 

Ketika berusia 7 hari, dokter menyatakan bahwa kondisi Kafka sudah stabil dan bisa untuk lepas alat bantu napas. Setelah berusia 14 hari, Kafka secara rutin akan diberikan campuran nutrisi dan ASI agar kondisinya semakin kuat dan stabil. Selain itu, campuran nutrisi dan ASI juga bertujuan untuk meningkatkan berat badan dan gizi Kafka. 

Baca juga:
Keberhasilan Bayi Kembar Keluar dari NICU
Ketangguhan Arthur yang Berhasil Keluar dari NICU

 

Kafka Berjuang di NICU dan Ibunya Berjuang Melawan Kanker

Cerita Kafka, Bayi Prematur yang Berhasil Keluar Ruang NICU

Kafka membutuhkan biaya perawatan yang sangat besar. Tak ingin menyerah, Tiara membuat galang dana di Kitabisa untuk bantu pengobatan Kafka atas informasi dari salah satu dari temannya.  Galang dana yang dibuat untuk Kafka sejak April 2019 berhasil mengumpulkan donasi lebih dari Rp 200 juta. Total donasi tersebut berhasil didapatkan karena Tiara rajin menyebarkan galang dananya ke grup dan alumni yang ia punya. Tiara merupakan lulusan UI di jurusan Bisnis tahun 2011. Selain itu, teman-teman Tiara juga bantu menyebarkan halaman galang dana Kafka melalui sosial media seperti facebook dan instagram.

Berkat bantuan dari ribuan OrangBaik, Kafka bisa menjalani perawatan di ruang NICU. Tak hanya itu, Tiara juga bisa kembali melanjutkan pengobatan kanker payudaranya. 

Cerita Kafka, Bayi Prematur yang Berhasil Keluar Ruang NICU

Memasuki umur 29 hari, Kafka diperbolehkan untuk tidur bersama sang ibu. Kondisinya sudah kuat dan alat bantu pernapasannya juga sudah benar-benar dilepas. Meskipun begitu, Kafka tidak bisa berlama-lama berada samping Iiunya. Tiara harus menjalani kemoterapi sinar untuk proses penyembuhan kanker payudaranya. Sementara itu, Kafka juga masih menjalani serangkaian perawatan agar kondisinya benar-benar stabil. 

 

Kepulangan Kafka dari Ruang NICU

Cerita Kafka, Bayi Prematur yang Berhasil Keluar Ruang NICU

Setelah melakukan perawatan selama 2 bulan di ruang NICU, Kafka akhirnya diperbolehkan pulang. Meski begitu, Kafka harus rutin melakukan pengecekan di rumah sakit dan mengkonsumsi obat agar kondisi organ tubuhnya semakin kuat. Tiara sangat bersyukur, karena bantuan dari para OrangBaik dapat membawa Kafka kembali ke rumah. Kini, Tiara bisa fokus untuk menjalani kemoterapi untuk melawan kanker payudara yang dideritanya. 


Seperti Tiara, kamu juga bisa bantu keluarga, teman, atau kerabat yang butuh bantuan biaya pengobatan dengan cara galang dana di Kitabisa. Klik gambar di bawah ini!

Comments

comments

Comments are closed.

Show Buttons
Hide Buttons