Dalil Keutamaan Bulan Suci Ramadhan

Ramadhan segera datang. Warga muslim seluruh dunia tidak sabar lagi menunggu kedatangan bulan mulia ini. Sudah saatnya mempersiapkan diri untuk beribadah. Bulan Ramadhan menjadi bulan yang istimewa dibandingkan di bulan-bulan lainnya. Allah SWT. melipatgandakan pahala kepada seluruh umat yang memperbanyak amal dan beribadah. Yuk, simak dalil keutamaan bulan Ramadhan.

 

5 Keutamaan Ramadhan

  1. Bulan Diturunkannya Al Qur’an

    Tepat 1 Ramadhan, seluruh warga Muslim akan berpuasa. Pada bulan Ramadhan, Al Qur’an diturunkan. Sebagaimana dalam firman Allah dalam Surah Al-Baqarah ayat 185:

    (Beberapa hari yang ditentukan itu ialah) bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al Qur’an sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang batil). Karena itu, barang siapa di antara kamu hadir (di negeri tempat tinggalnya) di bulan itu, maka hendaklah ia berpuasa pada bulan itu.”

    Penjelasan tentang turunnya Al Qur’an juga tercantum dalam Surah Al-Qadar ayat 1, Allah berfirman:

    “Sesungguhnya Kami turunkan (Al-Qur’an) pada malam lailatulkadar.” 

  2. Bulan Penuh Berkah

    Salah satu keutamaan bulan Ramadhan adalah sebagai bulan penuh berkah. Dalam hadis HR. Ahmad, Rasulullah SAW bersabda:

    “Telah datang kepada kalian bulan yang penuh berkah…”

    Dalam hadis ini, bulan Ramadhan dijelaskan sebagai bulan penuh kebaikan. Dalam bulan mulia ini setiap ibadah dan amalan yang dilakukan, seperti puasa, salat tarawih, membaca Al Qur’an, hingga bersedekah, dapat menambah pahala. Semakin meningkat ibadah dilakukan, semakin besar keberkahan didapat.

  3. Diwajibkan Berpuasa

    Sudah jelas bahwa bulan Ramadhan bulan di mana semua umat muslim wajib berpuasa. Puasa ini menjadikan bulan ini lebih istimewa. Apalagi puasa ini adalah rukun Islam yang tidak ditemukan di bulan-bulan lainnya. Hal ini dijelaskan dalam Al Qur’an surah Al-Baqarah ayat 183, Allah berfirman:

    “Wahai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kalian berpuasa sebagaimana telah diwajibkan atas orang-orang sebelum kalian agar kalian menjadi orang yang bertaqwa.”

    Firman Allah ini didukung dalam hadis  diriwayatkan HR. Ahmad, Rasulullah SAW bersabda:

    “Telah datang kepada kalian bulan yang penuh berkah, diwajibkan kepada kalian ibadah puasa…”

  4. Mendapat Pahala Semalam Penuh saat Menunaikan salat Tarawih bersama Imam sampai Selesai

    Selain berpuasa, bulan Ramadhan identik dengan ibadah salat tarawih. Melakukan salat tarawih bersama iman sampai semalam penuh, akan mendapatkan pahala semalam penuh. Hal ini dijelaskan dalam hadis no.1370 yang diriwayatkan Abu Daud, Abu Dzar ra., Rasulullah SAW  bersabda:

    “Bahwa siapa menunaikan qiyamul lail bersama imam hingga selesai, dicatat baginya (pahala) qiyamul lail semalam (penuh).” Hadis ini disahihkan oleh Al-Albany dalam kitab ‘salat Tarawih’, halaman 15.

  5. Terhapusnya Dosa-dosa Setahun yang Lampau

    Keutamaan bulan Ramadhan lainnya adalah terhapusnya dosa-dosa setahun lampau. Hal ini tercantum dalam hadis sahih no. 233, yang diriwayatkan oleh Muslim, sesungguhnya Rasulullah SAW bersabda:

    “Dari salat (ke salat) yang lima waktu, dari Jumat ke Jumat, dari Ramadhan ke Ramadhan, semua itu dapat menghapuskan (dosa-dosa) di antara waktu tersebut, jika menjauhi dosa-dosa besar.”

    Oleh karena itu, beribadahlah secara khusyuk untuk mendapat pahala dari Allah.


Sempurnakan ibadah Ramadhan dengan cara berbagi kebaikan melalui Kitabisa. Sedekah dan zakat di Kitabisa dengan klik gambar di bawah inibanner_donasi_sedekah