Fadhilah Sedekah Subuh yang Harus Diketahui

Bangun saat subuh merupakan hal sulit bagi sebagian muslim. Pasalnya, ketika itu belum terlihat matahari dan udara cenderung terasa sejuk. Kondisi tersebut membuat mata enggan membuka meski telinga telah mendengar azan bergema. Padahal, banyak amalan yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan keutamaan subuh.

Salah satu cara meraih keutamaan subuh adalah dengan bersedekah. Kamu bisa bersedekah dalam bentuk uang maupun barang yang dibutuhkan orang lain. Jika mampu memberikannya dengan tulus, kamu akan mendapatkan fadhilah sedekah subuh.

Jadi, kepada siapa sebaiknya sedekah subuh diberikan dan apa saja keutamaannya? Berikut ini penjelasan selengkapnya.

Siapa Saja yang Berhak Menerima Sedekah Subuh?

Fadhilah Sedekah Subuh
Sumber : Maqmur

Penerima sedekah subuh bisa dimulai dari orang-orang terdekat kamu. Misalnya, diawali dari keluarga, kerabat, tetangga, kemudian lembaga sosial terdekat.

1. Keluarga 

Sedekah pertama harus diberikan kepada keluarga terdekat. Mulailah dari orang tua kamu atau pasangan, lalu anak, adik, kakak, hingga beberapa orang yang tinggal satu rumah.

2. Kerabat

Kerabat adalah orang-orang yang memiliki hubungan keluarga atau masih sedarah sedaging dengan kamu. Golongan kedua ini wajib diutamakan dalam sedekah, terutama untuk mereka yang benar-benar tidak mampu.

3. Tetangga

Baik terhadap tetangga adalah kewajiban setiap manusia. Karena itu, tidak ada salahnya kamu memberikan sedekah subuh kepada tetangga.

4. Masjid

Masjid adalah salah satu tempat paling tepat untuk bersedekah. Pasalnya, tiap masjid kerap menyediakan kotak amal. Nantinya, uang dalam kotak amal tersebut disumbangkan kepada orang yang membutuhkan.

5. Lembaga Sosial

Beberapa bentuk lembaga sosial yang bisa dijadikan sasaran, antara lain panti asuhan, pondok pesantren, dan rumah yatim piatu. Kamu juga dapat memberikan sedekah subuh kepada orang lanjut usia (lansia) di panti jompo.

Keutamaan Orang yang Melakukan Sedekah Subuh

Fadhilah Sedekah Subuh
Sumber : Detik

Orang yang bersedekah saat subuh mendapatkan banyak keutamaan, salah satunya diampuni segala dosanya oleh Allah SWT. Seberapa pun jumlah sedekah tersebut, Allah SWT hanya melihat ketulusan kamu. Artinya, sedekah sedikit tidak masalah selagi diberikan dengan hati tulus, maka Allah SWT pasti memberikan ampunan-Nya.

Selain mendapatkan ampunan, orang yang bersedekah akan dilapangkan jalan rezekinya. Bahkan, Allah SWT memudahkan segala urusan kamu dan melimpahkan rezeki dari arah yang tidak disangka-sangka.

Kelak di akhirat, sedekah menjadi salah satu gerbang yang mengantarkanmu menuju surga. Rasulullah SAW pernah bersabda melalui hadis riwayat Imam Bukhari dan Muslim, bahwasanya pemberi sedekah di jalan Allah SWT kelak dipanggil melalui salah satu pintu di surga.

Cara Sedekah Subuh yang Dianjurkan

Fadhilah Sedekah Subuh
Sumber : Liputan 6

Dalam bersedekah, tentunya kamu meneladani Rasulullah SAW. Sebenarnya, banyak amalan subuh ala Rasulullah SAW yang bisa ditiru. Berikut ini penjelasannya.

  • Membaca Alquran. Ibadah ini paling sulit dilakukan ketika subuh. Pasalnya, usai salat subuh, mata kerap mengantuk. Namun, jika sanggup melakukannya, keberkahan dari Allah SWT senantiasa tercurah untuk hidupmu.  
  • Rutin salat sunah qobliyah. Salat ini dilakukan dua rakaat dengan diakhiri salam dan zikir. Kamu bisa berzikir apa saja—sesuai tuntunan Rasulullah SAW. Misalnya, zikir dengan membaca kalimat tasbih, takbir, dan tahmid.
  • Mengisi uang di kotak amal. Ketika kamu sedang berada di toko atau warung, coba perhatikan di sekitar lobi. Biasanya, ada kotak berbahan kaca yang diletakkan di atas meja untuk menampung donasi. Sesekali isilah kotak amal tersebut dengan sejumlah uang agar bisa membantu banyak orang.
  • Membagikan makanan. Jika kamu ingin berbagi makanan, tidak perlu menunggu jumlahnya melimpah atau lebih. Cobalah untuk menyisihkan sebagian makanan untuk orang yang membutuhkan. Dengan begitu, Allah SWT akan selalu melapangkan rezeki.
  • Transfer donasi setelah salat subuh. Memberikan donasi kini lebih mudah dengan adanya platform fundraising. Kamu hanya perlu mentransfer sejumlah uang melalui Mobile Banking, Internet Banking, atau ATM. Selain itu, platform fundraising juga menjamin semua uang kamu diterima orang yang tepat.

Demikian pembahasan seputar fadhilah sedekah subuh beserta cara mengamalkannya. Bagi kamu yang ingin mudah dan praktis dalam bersedekah, sekarang bisa menggunakan Aplikasi Kitabisa. Aplikasi ini memiliki tiga fitur utama, yaitu donasi mulai dari Rp1.000, galang donasi, kalkulator zakat, dan pengingat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *