Puasa

Ide Menu Sahur Pertama yang Mudah Dibuat

Ramadhan sebentar lagi akan tiba. Setiap muslim pastinya merasa bahagia dengan kedatangan bulan yang penuh ampunan dan rahmat dari Allah SWT. ini. Banyak hal yang bisa dipersiapkan menjelang Ramadhan, misalnya memperbanyak doa, membayar utang puasa, memperkaya ilmu pengetahuan, serta menyiapkan fisik dan mental.

 

Ide Menu Sahur Pertama

Nah, apakah kamu sudah punya persiapan sendiri untuk menyambut Ramadhan? Kalau belum ada ide, cobalah 6 ide menu sahur pertama sebagai sambutan hangat untuk bulan yang penuh berkah!

  1. Sayur Bening

    Ide menu sahur pertama adalah sayur bening. Bahan-bahannya mudah didapat dan cara memasaknya sangat sederhana. Terlebih, sayur bening mengandung berbagai nutrisi penting yang menunjang tubuhmu selama berpuasa. Mulai dari vitamin A, vitamin K, vitamin C, serat, kalium, magnesium, hingga beta-karoten.
    Sayur bening juga bermanfaat menurunkan berat badan, menjaga kesehatan mata, menstabilkan tekanan darah, dan melancarkan sistem pencernaan. Tentunya, kandungan gizi bergantung pada jenis sayuran atau bahan lain yang kamu masukkan. Tambahkan bahan-bahan seperti wortel, bayam, jagung manis, dan tomat untuk memaksimalkan khasiatnya.

  2. Pasta

    Bosan makan nasi putih terus? Yuk, ganti sumber karbohidratmu dengan pasta. Pasta dapat diolah secara tumis, panggang, maupun dibuat sup. Menu pasta untuk sahur yang bisa kamu coba, antara lain, fusili ayam sayur, spageti udang, atau fetucini. Tentunya, topping dan saus pasta bisa disesuaikan dengan selera. Jika menggunakan pasta pendek seperti makaroni dan fusili, sebaiknya pilih olahan bumbu yang kaya rempah supaya rasanya lebih sedap.

  3. Bistik Tempe

    Bistik tidak harus berbahan dasar daging, lo. Kamu bisa mengubah tempe menjadi hidangan bistik yang tak kalah dengan bistik daging. Cocok untuk yang bosan dengan tempe goreng biasa. Tambahkan sayur-sayuran rebus seperti buncis, jagung manis, dan wortel. Tak lupa menambahkan kentang rebus sebagai sumber karbohidrat dan saus lada hitam.

  4. Tumis Buncis

    Menu yang satu ini hanya memerlukan bujet sedikit. Tumis buncis sangat simpel, tetapi memberikan manfaat berlimpah untuk tubuh. Buncis sendiri mengandung vitamin A dan karotenoid yang baik bagi kesehatan mata. Selain itu, vitamin C yang tinggi dalam buncis mampu meningkatkan kekebalan tubuh.
    Kamu dapat menggabungkan menu ini dengan bahan-bahan makanan lain. Contohnya, wortel, brokoli, udang, jamur enoki, telur, tahu, atau tempe. Teknik menumis yang diterapkan akan menjaga gizi setiap bahan supaya tak hilang atau berkurang.

  5. Nasi Goreng

    Sudah tidak diragukan lagi kalau nasi goreng termasuk menu sahur sederhana. Tinggal masak nasi putih bersama rempah-rempah dan saus sebagai perasa. Apabila hanya makan nasi goreng saja, tentu kebutuhan gizi selama puasa tidak tercukupi. Maka dari itu, tambahkan bahan lain seperti telur orak-arik, daging ayam, cumi-cumi, wortel, jamur, kacang polong, atau kol.

  6. Roti Lapis Isi

    Pengganti sumber karbohidrat selain pasta ialah roti. Roti dapat disandingkan dengan berbagai macam isian. Mulai dari daging ham, kornet, selada, tomat, telur, keju lembaran, hingga tuna. Sebaiknya pilih roti gandum supaya rasa kenyang lebih bertahan lama dalam perut. Oleskan saus tomat, saus sambal, moster, atau mayones untuk menambah cita rasanya.

Itulah 6 ide menu sahur pertama yang sederhana dan praktis untuk dicoba di rumah. Pastinya, makanan buatan sendiri lebih sehat dan bisa membuatmu lebih semangat dalam menjalani puasa. Selain itu, cukupi kebutuhan air mineral dan hindari makan terburu-buru selama sahur.


Kamu bisa menyempurnakan ibadah di bulan Ramadhan dengan cara berbagi kebaikan melalui Kitabisa. Sedekah dan zakat di Kitabisa dengan klik gambar di bawah inibanner_donasi_sedekah

Recent Posts

<strong>Informasi Tentang Program Bingkisan Sehat Kitabisa</strong>

Informasi Tentang Program Bingkisan Sehat Kitabisa

Bingkisan Sehat adalah salah satu program dari Kitabisa yang men-support para Pejuang Sembuh melalui pemberian…

4 days ago
<strong>Merayakan Beragam Kebaikan di Festival Warga Bantu Warga</strong>

Merayakan Beragam Kebaikan di Festival Warga Bantu Warga

Merayakan Beragam Kebaikan di Festival Warga Bantu Warga Kamu tertarik datang ke Festival Warga Bantu…

1 week ago
<strong>Informasi Tentang Program Kita Danain Kampus</strong>

Informasi Tentang Program Kita Danain Kampus

Kampusmu memiliki berbagai program kegiatan sosial dan ingin berkolaborasi dengan Kitabisa? Jangan khawatir, Kitabisa siap…

1 week ago
Informasi Tentang Kado Donasi x Gopay

Informasi Tentang Kado Donasi x Gopay

Halo #OrangBaik, Kitabisa menghadirkan fitur baru untuk kamu yang ingin memberikan kado/hadiah kepada orang tersayang.…

1 week ago
Program Paket Data untuk UMKM Melek Digital

Program Paket Data untuk UMKM Melek Digital

Apa itu Program “Paket Data untuk UMKM Melek Digital”Sebuah program untuk membantu memberikan bantuan pembelian…

3 weeks ago
Voluntrip By Kitabisa

Voluntrip By Kitabisa

Apa itu Voluntrip? Voluntrip adalah program yang diadakan oleh Kitabisa untuk mewadahi masyarakat umum yang…

3 weeks ago