Cerita #OrangBaik

Jantung Bocor pada Bayi Mungil Ikho

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr

Ikho adalah bayi mungil asal Pekanbaru yang telah berjuang melawan kelainan jantung sejak lahir. Namun, karena kondisinya yang semakin buruk, ia dirujuk ke RS Jakarta. 

Biaya rumah sakit sangat besar sementara asuransi kesehatan belum bisa digunakan. Hal itu membuat Riri, Ibunda Ikho, membuat galang dana di Kitabisa untuk memenuhi biaya pengobatan buah hatinya. 

Sejak usia baru beberapa minggu, Ikho sudah dicurigai memiliki kelainan jantung bawaan. Hal tersebut kemudian dikonfirmasi oleh dokter saat usia Ikho menginjak satu bulan. Kelainan jantung tersebut berupa kebocoran jantung, dimana terdapat lubang sebesar 72 milimeter pada dinding bilik dan dinding serambi jantung. Lubang ini akan mengganggu tumbuh kembang Ikho kedepannya jika tidak segera diatasi.

 

Jantung Bocor pada Bayi Mungil Ikho

Jantung Bocor pada Bayi Mungil Ikho

Penyakit jantung bocor adalah sebuah kelainan pada struktur jantung yang dapat mengubah aliran normal darah melalui jantung. Jantung bocor merupakan kelainan bawaan atau kongenital yang sudah ada sejak bayi lahir. Bayi yang menderita kelainan ini akan memiliki lubang di sekat antar jantung bagian atas atau bawah.

Pada kasus Ikho,  ia memiliki lubang di bagian dinding bilik dan dinding serambi jantung. Kondisi tersebut membuat aliran darah masuk ke sisi yang lain. Darah yang mengandung banyak oksigen bercampur dengan darah yang kekurangan oksigen sehingga mengakibatkan beberapa darah kaya oksigen dipompa ke paru-paru bukan ke tubuh. Jantung bocor yang dideritanya menyebabkan Ikho kesulitan bernapas serta sering batuk-batuk. Kedua hal tersebut menjadi tanda-tanda dari adanya kelainan jantung.

 

Bagaimana Jantung Bocor pada Bayi dapat Terjadi?

Jantung Bocor pada Bayi Mungil Ikho

Jantung bocor dapat terjadi pada orang dewasa, namun lebih banyak ditemukan kasusnya pada anak-anak atau balita. Penyebab jantung bocor pada bayi yang umum ditemukan antara lain:

  1. Faktor keturunan merupakan salah satu penyebab jantung bocor yang paling sering ditemukan. Seperti yang diketahui bahwa penyakit ini merupakan salah satu penyakit bawaan, sehingga jika orang tua atau keluarga memiliki riwayat kelainan jantung, maka peluang anak mengalami penyakit yang sama jauh lebih besar.
  2. Terdapat kelainan genetik pada anak, yang kemungkinan besar menyebabkan anak memiliki kelainan jantung bawaan. 
  3. Ibu yang merokok selama kehamilan dapat menyebabkan sang anak mengalami penyakit jantung bawaan, termasuk jantung bocor.
Baca juga:
Cerita Perjuangan Arsa untuk Sembuh dari Jantung Bocor
Bayi Kembar Sembuh dari Jantung Bocor

 

Pengobatan Jantung Bocor Ikho

Jantung Bocor pada Bayi Mungil Ikho

Saat didiagnosa menderita kebocoran jantung, Ikho segera dirawat di rumah sakit dengan peralatan yang lengkap. Sebelum rutin konsumsi obat dan operasi jantung, dokter terlebih dahulu melakukan observasi dan menunggu usia Ikho mencapai 1-2 tahun. Namun saat menjalani terapi, kondisi Ikho semakin memburuk karena terdapat cairan di paru-parunya. Ikho kemudian dirujuk ke rumah sakit di daerah Jakarta untuk menjalani perawatan lebih lanjut dengan peralatan yang lebih lengkap. 

Jantung Bocor pada Bayi Mungil Ikho

Sesampainya di Jakarta, dokter menyarankan agar Ikho segera dioperasi untuk mencegah kondisinya semakin buruk. Meskipun telah dijadwalkan untuk melakukan operasi, orangtua Ikho masih kekurangan dana untuk menutupi semua biaya rumah sakit. Belum lagi, biaya sewa rumah dan kebutuhan sehari-hari selama di Jakarta cukup berat. Orangtua Ikho berusaha sekuat tenaga untuk memenuhi semua biaya tersebut.

Di tengah kesulitannya, Ibunda Ikho yaitu Riri kemudian teringat tentang Kitabisa karena sebelumnya pernah berdonasi untuk warga terdampak bencana Palu dan Donggala. Setelah berdiskusi dengan suami dan keluarga, ia akhirnya membuat galang dana di Kitabisa untuk kesembuhan buah hatinya.

 

Galang Dana untuk Operasi Jantung Bocor

Jantung Bocor pada Bayi Mungil Ikho

Dibuat mulai 1 Februari 2019, galang dana Ikho berhasil mengumpulkan donasi lebih dari Rp 60 juta. Sejak halaman galang dana Ikho dibuat, mereka rajin menyebarkan melalui media sosial seperti Instagram dan Facebook agar semakin banyak orang yang membantu putri mereka. Keluarga juga turut bantu sebarkan galang dana Ikho ke media sosial mereka. 

Jantung Bocor pada Bayi Mungil Ikho

Berkat bantuan dan dukungan para OrangBaik yang telah berdonasi, Ikho berhasil melakukan operasi jantung. Kini, Ikho sudah diperbolehkan pulang karena kondisinya sudah jauh lebih baik. Operasi jantung Ikho berjalan lancar, begitu juga dengan hasil operasi yang tidak menimbulkan komplikasi pada tubuhnya. Setiap enam bulan sekali, Ikho harus menjalani kontrol rutin ke rumah sakit.

Riri dan suami sangat bersyukur dan mengucapkan terima kasih atas bantuan dan doa para OrangBaik. Ia tidak menyangka, banyak sekali OrangBaik yang berkenan untuk menyisihkan sebagian rezeki mereka untuk bantu kesembuhan Ikho. Bagi Ikho, galang dananya di Kitabisa menjadi jembatan bagi para OrangBaik yang ingin membantu buah hatinya agar bisa melakukan operasi dan sembuh. 


Seperti Riri yang galang dana untuk operasi jantung bocor Ikho, kamu juga bisa buat galang dana di Kitabisa untuk bantu biaya pengobatan keluarga, teman, atau kerabat. Klik gambar di bawah ini untuk konsultasi galang dana medis!

Comments are closed.