Jenis dan Daftar Harga Domba 2019

Bagi muslim, berqurban menjadi ibadah besar kedua terpenting yang jatuh pada hari raya Idul Adha. Sesuai sebutannya, qurban akan membawamu mendekatkan diri kepada Allah Swt lewat tradisi penyembelihan hewan ternak. Sunnah muakkad adalah hukum berqurban, yang berarti ibadah ini dikuatkan atau dianjurkan oleh Allah Swt.

Seperti kamu ketahui, selain kambing dan sapi, domba juga salah satu hewan ternak yang boleh disembelih. Jika ini kali pertama kamu berqurban dari penghasilan pribadi, maka mengetahui harga domba 2019 penting agar bisa mempersiapkan dananya jauh-jauh hari.

Lalu, apa saja jenis domba dan bagaimana kisaran harga domba yang dijual untuk qurban? Mari simak penjelasannya berikut.

 

Jenis Domba Qurban

Sedikit berbeda dari jenis domba yang diternakkan di luar negeri, domba-domba di Indonesia kebanyakan berupa jenis pedaging. Untuk domba yang dipakai berqurban, usia domba minimal 1 tahun. Beberapa sumber menyebutkan domba boleh berumur minimal 6 bulan, terutama jika kesulitan menemukan domba usia 1 tahun.

Berikut ini jenis-jenis domba yang biasa diternakkan di Indonesia beserta harga domba 2019.

  1. Domba Garut

Jenis dan Daftar Harga Domba 2019
Sumber: Greeners.co

Dikenal juga sebagai domba priangan, domba jenis ini berasal dari Kabupaten Garut, persisnya Limbangan. Domba garut merupakan hasil persilangan domba lokal, domba merino dari Australia, dan domba capstaad dari Afrika Selatan.

Tidak salah jika kamu menebak domba ini sering tampil dalam ajang adu domba atau semacam pawai hias. Domba garut menjadi bagian dari tradisi masyarakat Garut. Semakin kuat seekor domba, semakin tinggi pula harganya. Maka, pemeliharaan domba pun perlu dilakukan secara ketat dan memperhatikan benar-benar aspek kesehatan maupun kebersihan.

Soal harga, terdapat selisih harga antara domba bakalan jantan dan betina. Namun, rata-rata harga domba garut berkisar mulai Rp2.000.000 hingga Rp10.000.000, tergantung bobot dan jenis kelamin domba.

banner_qurban

 

  1. Domba Ekor Gemuk

Jenis dan Daftar Harga Domba 2019
Sumber: bptukdi

Domba ini tergolong domba lokal yang punya karakteristik berekor besar dan lebar, serta berperawakan sedikit lebih besar dibandingkan domba lokal lain. Jenis domba ini umum dibudidayakan di daerah Madura, Jawa Timur, dan Sulawesi.

Domba ekor gemuk sering disingkat DEG dan punya nama lain domba kibas. Dengan bulu wol putih cenderung kasar, domba ini tidak bertanduk, baik jantan maupun betina. Kalaupun ada yang bertanduk, ukuran tanduknya cenderung kecil. Sebagaimana domba lokal, domba ekor gemuk mampu bertahan dalam cuaca kering dan panas.

Untuk harga, domba ekor gemuk tanpa tanduk bisa kamu beli mulai Rp1.650.000 hingga Rp3.050.000, tergantung bobot tiap ekor domba. Domba yang dijual di kisaran harga tersebut mempunyai bobot rata-rata 18-40 kg.

Baca juga:
Syarat Berqurban Idul Adha dan Ketentuan Pembagian Daging Hewan
Begini Tata Cara dan Doa Menyembelih Hewan Qurban

banner_qurban_kitabisa

 

  1. Domba Ekor Tipis

Jenis dan Daftar Harga Domba 2019
Sumber: Kumparan

Domba lokal yang satu ini merupakan jenis yang berlawanan dari domba ekor gemuk. Sering dikenal dengan nama domba gembel, domba ini banyak berkembang biak di daerah Jawa Barat dan Jawa Tengah. Namun, sekarang domba ekor tipis sudah mudah ditemui di daerah lain di Indonesia.

Domba ekor tipis mempunyai ciri khas, yakni bulu wol putih dengan sekeliling mata berwarna hitam. Ekornya tipis yang menunjukkan tidak ada penumpukan lemak. Domba ini mudah berkembang biak dan tidak terpengaruh musim kawin. Perawakannya lebih kecil jika kamu membandingkan dengan domba ekor gemuk. Pada spesies jantan mempunyai tanduk melingkar, sementara betina tidak punya tanduk.

Harga domba bertanduk berkisar antara Rp1.750.000 hingga Rp3.400.000, tergantung bobot domba tersebut. Namun, kisaran harga itu berlaku untuk domba dengan berat antara 18-40 kg.

Itulah jenis dan daftar harga domba 2019 yang umum ditemui di Indonesia. Dengan mengetahui harga-harga di atas, kamu bisa memperkirakan kambing yang akan kamu pilih untuk qurban nantinya.


Kitabisa menyediakan kambing qurban dengan harga yang terjangkau dan berkualitas. Yuk, qurban sekarang dengan klik gambar di bawah ini!

banner_qurban2