Kebahagiaan Bayi Kembar Siam Ardi Ardan Setelah Operasi

Bayi kembar siam Ardi dan Ardan melakukan operasi berhasil melakukan operasi pemisahan pada tanggal 16 November 2019. Selama 10 jam, Ardi dan Ardan berada di ruang operasi bersama tim dokter yang terdiri atas 30 orang.

 

Bayi Kembar Siam Ardi Ardan Saat Lahir

bayi kembar siam

Di usia kandungannya yang berusia 24 minggu, Hesti (Ibunda Ardi Ardan) mengetahui bahwa anaknya memiliki kondisi kembar siam. Ardi dan Ardan mengalami kondisi thoraco abdomino fagus, dimana kembar siam terjadi pada bagian dada yang menempel. Pada kasus bayi kembar siam yang berusia 14 bulan ini, kedua perut mereka menempel dan menyebabkan organ hati menyatu.

Karena anaknya mengalami kondisi dempet, Dokter menyarankan Hesti untuk segera melakukan operasi caesar. Tidak hanya itu, operasi harus dilakukan di rumah sakit tertentu dan dengan penanganan khusus.

 

Bayi Kembar Siam Harus Melakukan Operasi Pemisahan

kembar dempet

Setelah lahir, Ardi dan Ardan tidak bisa langsung bertemu dengan ibunya karena harus dirawat di ruang NICU. Untuk memisahkan organ hati bayi kembar, perlu dilakukan operasi besar dengan biaya yang sangat tinggi, yaitu sekitar 1 miliar rupiah. 

Hesti dan suaminya ingin kedua putranya bisa tumbuh dengan normal. Namun, biaya operasi yang sangat tinggi membuat mereka khawatir. Hesti adalah seorang bidan di klinik, sementara suaminya adalah pedagang aksesoris. Penghasilan keduanya tidak cukup untuk memenuhi semua biaya operasi dan keperluan Ardi Ardan lainnya. Selain memikirkan biaya pengobatan bayi kembar siam, kedua orangtua Ardi Ardan juga harus memenuhi biaya sekolah TK anak pertama mereka.

Di usia 11 bulan, Ardi tumbuh lebih aktif namun geraknya terbatas karena kondisinya yang menempel dengan Ardan. Semakin besar, mereka harus segera melakukan operasi pemisahan karena tidak mungkin untuk hidup dengan hati yang menempel satu sama lain. 

 

Galang Dana untuk Biaya Operasi Bayi Kembar Siam

galang dana operasi

Meski keterbatasan biaya, Hesti tidak ingin putus asa untuk kesembuhan buah hatinya. Dengan harapan Ardi dan Ardan bisa segera dioperasi, Hesti membuat galang dana di Kitabisa. Lewat beragam sosial media dan bantuan keluarga serta kerabat, galang dana Ardi Ardan tersebar dan berhasil menggerakkan hati para OrangBaik. Galang dana yang dibuat Hesti untuk Ardi dan Ardan berhasil mengumpulkan dana lebih dari Rp 1 miliar. Dengan dukungan dari lebih dari 21 ribu OrangBaik, Ardi dan Ardan mendapatkan jadwal operasi pemisahan.

 

Operasi Pemisahan Bayi Kembar Ardi Ardan Berjalan Lancar

Pada hari Sabtu (16/11), operasi pemisahan bayi kembar Ardi Ardan berjalan lancar. Setelah berjalan selama 10 jam, Ardi dan Ardan berhasil dipisahkan. Tim dokter melakukan rekonstruksi dinding dada, bedah plastik, dan penutupan perut primer terhadap bayi Ardi Ardan.

Saat ini, kondisi Ardi dan Ardan terus membaik. Orangtua bayi kembar menitipkan ucapan terima kasih kepada OrangBaik yang telah berdonasi untuk bantu biaya operasi dan kesembuhan putra mereka. Berkat para OrangBaik, Ardi dan Ardan tidak lagi kesulitan bergerak dan tidur. Sekali lagi, terima kasih OrangBaik.


Seperti Hesti yang galang dana untuk operasi pemisahan bayi kembar siam, kamu juga bisa buat galang dana di Kitabisa untuk bantu biaya pengobatan keluarga, teman, atau kerabat.