Kenali Penyakit Kanker Lidah: Jenis, Penyebab, Serta Gejalanya

Kanker lidah seringkali tidak dikenali gejalanya karena memiliki ciri yang mirip dengan sariawan. Jika sariawan muncul tanpa sebab, kamu perlu waspada dengan gejala awal penyakit ini.

Kanker lidah adalah salah satu kanker yang menyerang secara diam – diam. Penyakit ini kerap kali tidak dikenali. Jenis penyakit ini kadang menipu karena tanda atau ciri – cirinya mirip dengan sariawan.  Apabila sariawan atau luka muncul tanpa sebab dan susah sembuhnya, bisa jadi sariawan tersebut merupakan salah satu gejala awal penyakit ini.

Agar mendapat penanganan yang cepat dan tepat, perlu pengetahuan yang cukup mengenai gejala kanker lidah berikut ini.

 

Apa itu Kanker Lidah ?

Penyakit Kanker Lidah Yang Kerap Tidak Dikenali

Gejala kanker lidah sering disalah artikan sebagai gejala penyakit lainnya yang lebih ringan, seperti sariawan. Sariawan di lidah bisa terjadi kapan saja dan biasanya mudah disembuhkan. Sehingga tak sedikit para pengidap kanker ini tidak segera bertemu dengan dokter untuk mendapatkan penanganan yang cepat.

Kanker lidah adalah salah satu jenis kanker mulut. Salah satu penyebabnya adalah pertumbuhan sel yang tidak normal di sekitar lidah. Jenis yang paling sering terjadi adalah squamous cell carcinoma atau sel kanker bersisik.

 

Jenis Kanker Lidah

Penyakit Kanker Lidah Yang Kerap Tidak Dikenali

Terdapat dua jenis kanker lidah berdasarkan letaknya:

  1. Jenis pertama adalah kanker lidah yang terletak di bagian depan. Kanker jenis ini termasuk kategori kanker mulut.
  2. Jenis kedua adalah kanker orofaring, dimana kanker menyerang bagian akar atau pangkal lidah yang terhubung dengan kerongkongan. Kanker jenis ini adalah kanker yang menyerang tanpa disadari oleh pengidapnya.

 

Penyebab Kanker Lidah

Penyakit Kanker Lidah Yang Kerap Tidak Dikenali

Ada beberapa faktor yang memicu kemunculan sel kanker pada lidah. Salah satunya adalah HPV (human papilloma virus). Virus HPV bisa lewat kontak langsung atau benda yang terkontaminasi virus HPV. Selain HPV, penyebab penyakit ini adalah kebiasaan merokok dan meminum alkohol. Selain itu konsumsi alkohol secara berlebihan tak hanya berisiko terkena kanker hati, tetapi juga kanker lidah.

Kondisi mulut yang terkait penyakit ini umumya adalah terkena sariawan atau luka pada lidah akibat gesekan pada patahan gigi atau lidah yang tak sengaja tergigit. Kebersihan dan kesehatan mulut dan gigi juga sangat penting dan segera mengobati luka kecil pada lidah agar tidak terjadi infeksi.

Baca juga:
Ayo, Bantu Arif Sembuh dari Kanker Lidah
Mengenal Kanker dan Jenis yang Paling Populer 

 

Gejala Kanker Lidah

Penyakit Kanker Lidah Yang Kerap Tidak Dikenali

Kanker lidah dapat menyebabkan kematian jika tidak diobati dengan cepat. Untuk itu perlu pencegahan yang cepat dan Anda harus waspada dengan beberapa gejalanya. Beberapa gejalanya, antara lain:

  • Luka pada lidah atau sariawan yang tidak kunjung sembuh
  • Muncul bercak merah atau putih erythroleukoplakia pada lidah yang tidak kunjung sembuh
  • Mulut terasa mati rasa
  • Tenggorokan terasa sakit
  • Sakit saat mengunyah
  • Lidah terasa bengkak dan mengeluarkan darah tanpa sebab yang jelas
  • Rahang terasa kaku dan kadang nyeri
  • Kesulitan menelan minuman atau makanan
  • Adanya pendarahan pada lidah

Gejala penyakit ini mirip dengan kanker mulut. Namun, juga disertai dengan gejala lainnya seperti gigi yang mudah copot, terasa nyeri yang menyebar ke area leher dan telinga, suara menjadi serak, dan lapisan mulut menebal. 

Untuk menyadari gejala kanker lidah sejak awal, Anda harus peka terhadap kondisi kesehatan dan kebersihan gigi dan mulut. Segera cek ke dokter apabila sariawan Anda tidak kunjung sembuh lebih dari dua minggu. Salah satu kasus dialami oleh teman dekat Imam Fauzy, yaitu Galuh Umbara. Awal mulanya Galuh mengira rasa sakitnya hanya karena sariawan biasa. Tetapi setelah berbulan – bulan tidak kunjung sembuh. Galuh sudah dua tahun terakhir ini berjuang melawan kanker lidah stadium 3.

Hingga saat ini Galuh sudah melewati dua kali operasi pengangkatan lidahnya. Makan pun hanya bisa menggunakan selang yang dipasang oleh dokter. Dan dalam waktu dekat Galuh akan menjalani kemoterapi. Hingga kini, Galuh Umbara masih berjuang melawan kanker lidah yang dideritanya. Berbagai cara bisa kamu lakukan untuk membantu perjuangan Galuh, salah satunya dengan berdonasi melalui Kitabisa.

Ditulis Oleh: Samantha Widya


Selain Galuh Umbara, masih banyak penderita penyakit yang mematikan seperti kanker lidah ini. Kamu bisa membantu para pejuang kanker lidah dengan memberikan donasi di sini. Bantuan dari Anda tentunya sangat berarti dan membantu para penderita penyakit berbahaya yang perlu penanganan secara tepat.

banner_donasi_biaya_pengobatan