Kesehatan

Mengenal Kanker dan Jenis yang Paling Populer di Dunia

Kanker adalah pernyakit yang muncul akibat pertumbuhan sel-sel yang tidak normal. Setiap tahunnya, berbagai jenis kanker bermunculan. Jenis-jenis kanker yang paling populer di dunia antara lain kanker leukimia, kanker hati, kanker payudara, kanker melanoma,  dan kanker otak.

Sadar atau tidak, beberapa tahun ke belakang kanker menjadi salah satu penyakit yang sangat populer. Kalau dulu beberapa jenisnya masih jarang terdengar, saat ini penderita kanker naik pesat di seluruh dunia. Berdasarkan laporan terbaru yang dirilis oleh International Agency for Research on Cancer, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), diperkirakan ada 18,1 juta kasus baru yang menyebabkan 9,6 juta kematian tahun 2018 ini.

Mengenal Kanker dan Jenis yang Paling Populer di Dunia

Apa itu kanker? Kanker merupakan penyakit yang muncul akibat pertumbuhan tak wajar dari jaringan sel-sel di dalam tubuh. Jika dibiarkan, sel-sel ini akan menyebar ke bagian tubuh yang lain dan bisa berujung pada kematian. Meski sering disalahpahami sebagai tumor, ternyata tidak semua tumor adalah kanker. Kanker merupakan versi ganas dari semua jenis tumor ganas.

Penyakit ini bisa menimpa siapaun pada segala golongan umur. Sebelum meluas, penderita biasanya tidak merasakan keluhan apa-apa. Ketika gejala mulai terlihat, saat itu biasanya penyakit sudah memasuki stadium yang lebih tinggi.

Aplikasi Kitabisa

 

Jenis Kanker yang Paling Populer di Dunia

Mengenal Kanker dan Jenis yang Paling Populer di Dunia

Setiap tahunnya, berbagai jenis kanker bermunculan bahkan yang sebelumnya tidak pernah terdengar sekalipun. Berdasarkan data World Cancer Research Fund, paru-paru dan payudara adalah dua jenis yang paling banyak terjadi di dunia dengan kontribusi 12,3% dari jumlah diagnosa yang muncul di tahun 2018. Sementara itu di urutan ketiga ada colorectal cancer dengan 1,8 juta diagnosa baru di tahun 2018.

Baca juga:
Jenis-jenis Leukimia dan Beberapa Terapi yang Disarankan Bagi Penderita Leukimia
7 Gejala Leukimia yang Perlu Kamu Waspadai

 

Meski jumlah kasusnya tidak sebanyak ketiga nama di atas, 5 jenis kanker di bawah ini mungkin lebih sering kamu dengar. Apa saja?

  1. Leukemia/Darah

Mengenal Kanker dan Jenis yang Paling Populer di Dunia

Orang yang menderita leukemia tubuhnya memproduksi jumlah sel darah putih yang lebih banyak dari jumlah yang seharusnya. Keberadaan sel darah putih yang berlebihan ini membuat aliran darah dan sumsum tulang belakang tidak mampu memproduksi sel darah lain secara normal.

Akibatnya, penderita akan mudah mengalami memar, infeksi hingga pendarahan. Jika dibiarkan, sel darah putih akan menyebar ke organ lain seperti hati, ginjal, otak bahkan jantung dan menyebabkan kematian.

  1. Hati

Mengenal Kanker dan Jenis yang Paling Populer di Dunia

Jenis ini merupakan yang paling umum kelima yang dialami para pria dan ketujuh yang diderita wanita. Sebanyak 85% kasusnya terjadi di negara yang masih berkembang. Penyakit ini muncul ketika sel-sel dalam hati bermutasi dan memunculkan tumor. Akibatnya hati tidak bisa berfungsi normal untuk membersihkan darah, mengeluarkan racun dan menghasilkan empedu.

  1. Payudara

Mengenal Kanker dan Jenis yang Paling Populer di Dunia

Payudara merupakan salah satu organ yang paling umum mengalami mutasi sel. Penyakit jenis ini paling umum dialami para wanita bahkan dianggap sebagai pembunuh yang lebih berbahaya daripada kecelakaan lalu lintas. Meski begitu, pria juga tetap memiliki kemungkinan terserang kanker jenis ini. Pengobatan yang paling umum dilakukan adalah operasi, kemoterapi dan radiasi.

Baca juga:
Oktober sebagai Bulan Peduli Kanker Payudara: Perempuan, Yuk Kenali Lebih dalam Kanker Payudara
Ayo Bantu Arif Sembuh dari Kanker Lidah

 

  1. Melanoma

Mengenal Kanker dan Jenis yang Paling Populer di Dunia

Melanoma bisa terjadi ketika sel kulit mengalami perkembangan abnormal. Biasanya dimulai dengan munculnya tahi lalat atau terjadinya perubahan tahi lalat di permukaan kulit. Jika tidak ditangani dengan baik, sel berbahaya ini bisa menyerang organ tubuh lainnya dan menyebabkan kematian.

 

  1. Otak

Mengenal Kanker dan Jenis yang Paling Populer di Dunia

Pertumbuhan yang tidak wajar dari sel-sel di otak bisa menimbulkan tumor.  Tumor yang ganas inilah yang kemudian dikenal sebagai kanker otak dalam dunia kedokteran. Gejala yang muncul bisa berupa kejang, sakit kepala yang tidak kunjung sembuh hingga kehilangan keseimbangan.

Penyakit ini memang masih menjadi pembunuh nomor satu di dunia saat ini. Berbagai macam pengobatan dan riset terus dilakukan untuk bisa membantu penyembuhannya. Kalau ada salah satu anggota keluargamu yang sedang berjuang melawan kanker namun memiliki keterbatasan biaya, yuk bantu mereka dengan menggalang dana lewat Kitabisa. Kamu bisa buat kampanyemu sendiri di sini atau menjadi donatur dengan meng-klik link ini. Jangan lupa bagikan informasi ini ke teman-teman terdekatmu, ya!

 

+++++

Kamu juga bisa bantu teman atau keluarga yang sedang membutuhkan bantuan biaya pengobatan medis dengan cara galang dana di Kitabisa. Kamu bisa konsultasi mengenai galang dana ini dengan cara, klik: ktbs.in/tanya atau kirim pesan WhatsApp ke nomor 0813-1553-2353.

Ada banyak orang yang sedang berjuang melawan penyakit mematikan ini dan membutuhkan bantuan kamu. Kamu bisa membantu mereka dengan cara berdonasi di Kitabisa.banner_donasi_biaya_pengobatan

Comments are closed.