Ketentuan dan Hikmah Melakukan Itikaf

Itikaf adalah salah satu ibadah yang sering dilakukan oleh umat muslim menjelang beberapa akhir bulan Ramadhan. Bulan Ramadhan selalu ditunggu kedatangannya oleh umat muslim dunia. Pahala berbagai jenis ibadah yang dilakukan  saat Ramadhan menjadi berlipat ganda. Oleh karena itu, banyak umat muslim melakukan berbagai ibadah. Salah satunya adalah itikaf di masjid.  Ingin tahu pengertian, ketentuan, dan hikmah melaksanakan itikaf? Yuk, simak penjelasannya.

 

Itikaf adalah Beridah Lebih Khusyuk

Itikaf adalah salah satu ibadah spiritual yang biasanya dilakukan menjelang akhir bulan Ramadhan. Tujuan dilaksanakan itikaf adalah agar dapat beribadah kepada Allah secara khusyuk dan biasanya dilakukan di masjid. 

Biasanya itikaf dilakukan pada 10 hari terakhir bulan Ramadhan khususnya untuk menyambut datangnya malam 1000 bulan, lailatulkadar. Saat beritikaf, beberapa aktivitas yang bisa dilakukan adalah berzikir, membaca Al-Qur’an dan tafsirnya, membaca buku tentang agama Islam, tadabur Al-Qur’an, hingga melakukan evaluasi diri dan perenungan. 

 

Ketentuan Itikaf

Itikaf adalah ibadah yang bisa dilakukan kapan saja. Namun, melakukan itikaf pada saat sepuluh malam terakhir Ramadhan lebih diutamakan dibanding waktu-waktu lainnya. Hal ini dilakukan agar mendapatkan keutamaan lailatulkadar. Adapun ketentuan itikaf adalah sebagai berikut:

  1. Orang yang akan melakukan itikaf beragama Islam. 
  2. Memiliki akal sehat. Apabila orang tersebut memiliki kelainan jiwa atau menderita penyakit epilepsi, maka itikaf-nya batal. 
  3. Orang yang akan melakukan itikaf harus dalam keadaan suci, baik dari haid maupun nifas (bagi perempuan), serta suci dari perbuatan-perbuatan yang menyebabkan seseorang diwajibkan untuk bersuci dan mandi junub.


Hikmah Melaksanakan Itikaf

hikmah itikaf

Banyak hikmah yang bisa dirasakan bagi orang-orang yang melaksanakan itikaf pada bulan Ramadhan. Berikut ini adalah hikmah melaksanakan itikaf.

  1. Itikaf adalah untuk Mengevaluasi diri

    Melakukan itikaf di bulan Ramadhan membantu umat muslim untuk mengevaluasi diri.  Proses evaluasi diri ini adalah proses yang bermanfaat untuk manusia melakukan perbaikan diri. Dengan melakukan evaluasi diri, umat muslim dapat mengendalikan hawa nafsu. Hikmah lainnya dalam itikaf adalah menghindari sifat sombong yang berpotensi merusak akhlak.

  2. Beribadah lebih khusyuk

    Ketika di luar bulan Ramadhan, banyak aktivitas serta kesibukan yang membuat orang-orang kurang fokus dan khusyuk dalam beribadah. Nah, bulan Ramadhan inilah bulan di mana umat muslim bisa lebih fokus menjalankan perintah Allah beribadah sebaik-baiknya.
    Saat melakukan itikaf di masjid, umat muslim akan beribadah lebih khusyuk. Mereka akan menghindari kesibukan dunia dan memilih untuk fokus beribadah kepada Allah SWT. seperti salat, puasa, hingga tadabur Al-Qur’an.

  3. Membangun hubungan antara Allah dan manusia

    Hikmah lain melakukan itikaf saat bulan Ramadhan adalah mampu membangun kedekatan dengan Allah SWT. Saat beritikaf, umat muslim berkesempatan membangun pengalaman spiritual dan melakukan pendekatan dengan sang Khalik. Pengalaman spiritual diperoleh dengan melaksanakan ibadah secara khusyuk dan melakukan perenungan.
    Pengalaman spiritual yang didapatkan saat beritikaf akan berguna untuk membuat hidup menjadi tenang karena merasakan lebih dekat dengan Allah. Namun, pengalaman spiritual ini tidak bisa dibangun dalam semalam. Diperlukan keikhlasan dan konsistensi dalam melakukannya. Luruskan niat dan ikhlas, Insya Allah pengalaman mendekatkan diri kepada Allah akan berbuah manis.

  4. Menjauhkan diri sejenak dari kesibukan dunia

    Menjauhkan diri sejenak dari kesibukan dunia merupakan hikmah yang diperoleh saat beritikaf di masjid. Selama bulan Ramadhan umat muslim akan fokus beribadah dan menjauhi kesibukan dunia untuk sementara. Beritikaf juga mampu menjauhkan diri dari kegiatan maksiat. Selain itu, umat muslim akan berlomba-lomba melakukan berbagai kegiatan positif yang mendatangkan banyak pahala, seperti beramal, berinfak, dan bersedekah.

Nah, inilah beberapa hikmah beritikaf di masjid. Itikaf adalah salah satu ibadah yang bermanfaat untuk menghilangkan penyebab hati gelisah serta membuat doa lebih cepat terkabul. 


Kamu bisa menyempurnakan ibadah di bulan Ramadhan dengan cara berbagi kebaikan melalui Kitabisa. Sedekah dan zakat di Kitabisa dengan klik gambar di bawah inibanner_donasi_sedekah