Amalan di 10 Hari Terakhir Bulan Ramadhan

Semua hari pada bulan Ramadhan sangat istimewa dan semua Muslim disarankan untuk melakukan ibadah dengan baik. Namun, 10 hari terakhir Ramadhan sedikit berbeda. Ada banyak keistimewaan yang dimiliki sepertiga bulan terakhir itu hingga Rasulullah pun mengencangkan ibadahnya.

Kita semua diwajibkan untuk mengikuti contoh yang pernah rasul contohkan. Saat 10 hari terakhir Ramadhan ada baiknya untuk banyak melakukan amalan atau ibadah agar kesempatan dapat berkah lebih besar. Apalagi Ramadhan tidak datang setiap hari.

 

Keutamaan 10 Hari Terakhir Ramadhan

Ada banyak sekali keutamaan dari 10 hari terakhir Ramadhan. Keutamaan itu terdiri dari:

  1. Malam Paling Disukai Rasulullah

    Sepuluh malam terakhir dari bulan suci Ramadhan sangat disukai oleh Rasulullah. Hal ini dibuktikan dengan adanya hadis yang mengisahkan beliau membangunkan istri dan anaknya. Pada malam itu beliau ingin keluarganya memanjatkan doa dan beribadah dengan khusyuk.

  2. Diturunkannya Al-Quran

    Pada sepuluh hari terakhir bulan Ramadhan, Al-Quran diturunkan pada Rasulullah untuk pertama kali. Tepatnya pada malam ke-27 ayat pertama turun untuk menuntun umat manusia di seluruh dunia. Itulah kenapa malam ke-27 kita selalu memperingati Nuzunul Quran.

  3. Malam Saat Dosa Diampuni

    Pada sepuluh hari terakhir bulan Ramadhan, Allah akan menurunkan Lailatul Qadar. Seseorang yang mendapatkan berkah ini dosanya diampuni dan semua amalannya akan bernilai besar. Bahkan, lebih baik dari 1.000 bulan.

 

Amalan 10 Hari Terakhir Bulan Ramadhan

amalan bulan ramadhan

Sepuluh hari terakhir pada bulan Ramadhan adalah pamungkas dalam beribadah, amalan di bawah ini harus diperbanyak agar keberkahan kian melimpah. 

  • Membaca Ayat Suci Al-Quran

    Amalan yang harus sering dilakukan pada sepuluh hari terakhir puasa adalah membaca ayat suci Al-Quran. Kamu bisa membacanya kapan saja atau setelah melakukan salat. Baca beberapa ayat atau semampunya asal dilakukan secara kontinu. Membaca Al-Quran sebenarnya bisa dilakukan sejak awal Ramadhan. Dengan begitu kamu sudah memiliki kebiasaan baik sehingga saat hari pamungkas muncul tinggal diperbaiki kesalahan dan diperbanyak bacaannya.

  • Memperbanyak Iktikaf di Masjid

    Lakukan iktikaf atau berdiam diri di dalam masjid saat malam hari. Cara ini dilakukan agar kamu bisa beribadah dengan lebih fokus, berserah diri, dan sementara terputus dari nafsu duniawi. Saat melakukan iktikaf kamu bisa banyak melakukan salat, berzikir, sampai melakukan introspeksi diri. Akui semua kesalahan yang sudah dilakukan agar mendapatkan berkah dan ampunan.

  • 10 Hari Terakhir Ramadahn untuk Memperbanyak Salat Sunah

    Perbanyak melakukan salat sunah yang selama ini jarang dilakukan. Memperbanyak salat sunah akan membuat kamu lebih berserah diri dan ikhlas. Selain itu salat juga akan menghindarkan kita dari perbuatan yang membatalkan puasa atau menambah dosa yang sebenarnya tidak perlu.

  • Memperbanyak Doa

    Perbanyak doa yang baik kepada Yang Maha Kuasa saat sepuluh hari terakhir. Panjatkan doa setelah melakukan salat atau kapan saja. Doa yang terus dipanjatkan akan mudah didengar dan akhirnya dikabulkan.

Daripada kamu banyak menghabiskan waktu di media sosial, lebih baik habiskan dengan berdoa. Setelah selesai bisa lanjut membaca Al-Quran atau zikir.

Demikian ulasan tentang amalan 10 hari terakhir Ramadhan beserta keutamaannya. Selain melakukan amalan di atas, ada baiknya kamu juga memberikan sedekah kepada mereka yang membutuhkan. 


Kamu bisa menyempurnakan ibadah di bulan Ramadhan dengan cara berbagi kebaikan melalui Kitabisa. Sedekah dan zakat di Kitabisa dengan klik gambar di bawah inibanner_donasi_sedekah