Sedekah

Keutamaan Hari Jumat, Hari Penuh Berkah

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr

Dalam Islam, semua hari memang dianggap baik. Akan tetapi, ada satu hari yang dianggap paling baik, yakni Jumat. Keutamaan hari Jumat juga telah disabdakan oleh Nabi, dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah:

“Sebaik-baik hari di mana matahari terbit di saat itu adalah hari Jumat. Pada hari ini Adam diciptakan, hari ketika ia dimasukkan ke dalam surga dan hari ketika ia dikeluarkan dari surga. Dan hari kiamat tidak akan terjadi kecuali pada hari Jumat.”

 

6 Keutamaan Hari Jumat

jumat berkah

Tentunya, masih ada banyak hadis lain yang membahas tentang keutamaan hari Jumat. Berikut adalah beberapa di antaranya:

  1. Waktu paling mustajab untuk berdoa

    Keutamaan hari Jumat yang membuatnya lebih istimewa dibandingkan hari lain adalah ini jadi waktu paling mustajab untuk mengaturkan doa kepada Allah. Oleh karena itu, umat muslim sangat dianjurkan untuk memperbanyak shalawat pada hari Jumat. Karena seperti diriwayatkan dalam HR. Baihaqi, yang terdapat dalam dalam Sunan Al Kubro; hasan lighairihi, dengan memperbanyak shalawat pada hari Jumat, kita akan menjadi lebih dekat dengan Allah. 

  2. Terhindar dari siksa kubur

    “Barangsiapa yang meninggal dunia di malam Jumat atau hari Jumat terjaga dari fitnah siksa kubur”. (HR. Imam At Tirmidzi dari Abdullah bin Amr bin Ash).

    Berdasarkan hadis tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa siapa saja yang wafat di hari Jumat akan terhindar dari siksa kubur. Meski demikian, untuk menikmati keberkahan tersebut, seseorang tetap perlu melakukan banyak amalan baik, sehingga bisa mendapat pahala berlimpah untuk bekal di akhirat nanti.

  3. Hari penghapusan dosa

    Seperti diriwayatkan Salman Al Farisi dalam HR. Bukhari, Nabi pernah bersabda:

    “Siapa yang mandi pada hari Jumat, bersuci sesuai kemampuan, merapikan rambutnya, mengoleskan parfum, lalu berangkat ke masjid, dan masuk masjid tanpa melangkahi di antara dua orang untuk dilewatinya, kemudian shalat sesuai tuntunan dan diam tatkala imam berkhutbah, nescaya diampuni dosa-dosanya di antara dua Jumat.”

    Pada hadis di atas juga dijabarkan secara jelas tentang keutamaan hari Jumat yang membuatnya disebut sebagai hari penuh berkah. Maka, ikutilah amalan-amalan yang tersebut dalam hadis untuk memperoleh pahala dari Allah.

  4. Keberkahan shalat Jumat setara dengan pahala setahun puasa dan shalat

    Tak hanya itu, keutamaan hari Jumat juga akan membuat kamu menerima pahala yang dikatakan setara dengan jumlah yang didapat dalam setahun puasa dan shalat. Untuk itu, seperti dinyatakan dalam HR. Ahmad dan Ashabus Sunan oleh Ibnu Huzaimah, umat muslim diimbau untuk segera pergi ke masjid pada hari Jumat dan kemudian mengambil shaf terdepan.

  5. Hari terbaik untuk bersedekah

    Jumat juga dianggap sebagai hari terbaik untuk bersedekah. Di samping Jumat memang sebagai hari paling utama dalam Islam, sedekah sendiri adalah jenis amalan yang dapat membawa pahala berlimpah atau bahkan tak terputus bagi yang melakukannya. Apalagi jika sedekah yang kamu lakukan tergolong amal jariyah seperti membangun masjid atau memberi makan dan minum kaum dhuafa.

  6. Hari Allah menampakkan diri

    Keutamaan hari Jumat lainnya adalah ini merupakan waktu ketika Allah menampakkan diri di hadapan setiap hamba-Nya yang taat dan beriman di surga-Nya. Hal ini diutarakan oleh Anas bin Malik, yang mengatakan bahwa Rasulullah SAW bersabda, “Dan Kami memiliki pertambahannya, Allah menampakkan diri kepada mereka setiap hari Jumat.”” (QS.50:35).

Sungguh tak terhingga, berkah yang bisa kita dapat dari keutamaan hari Jumat. Oleh karena itu, ayo manfaatkan momen hari Jumat untuk menyalurkan zakat atau sedekah lewat Kitabisa. Uluran tanganmu tentu akan jadi sumber pahala bagi dirimu sendiri dan juga kebahagiaan untuk mereka yang kurang beruntung.  banner_donasi_sedekah

Comments are closed.