Keutamaan Melaksanakan Sholat Tarawih selama Ramadhan

Satu hal yang paling khas dari bulan Ramadhan dibandingkan dengan bulan Islam lainnya adalah sholat tarawih. Salat ini dilakukan setelah menjalankan salat isya setiap malamnya selama 29 atau 30 hari. Jumlah rakaatnya bervariasi, ada yang menjalankan sejumlah 20 rakaat dan ada yang 8 rakaat saja.

 

5 Keutamaan Salat Tarawih

keutamaan tarawih

Selain dijalankan hanya saat Ramadhan, salat tarawih ternyata memiliki banyak keistimewaan. Itulah kenapa kita selalu dianjurkan untuk melakukannya meski bukan salat wajib. Berikut beberapa keutamaan sholat tarawih selengkapnya.

  1. Lebih Mendekatkan Diri dengan yang Maha Kuasa

    Tidak bisa ditampik lagi kalau apa pun ibadah yang dilakukan pada bulan Ramadhan bertujuan untuk mendekatkan diri pada Sang Pencipta. Kalau melakukan salat tarawih, proses mendekatkan diri bisa berjalan dengan baik. Apalagi setelah puasa kamu jadi rajin salat jamaah di masjid.
    Salat tarawih umumnya dijalankan sebanyak 20 rakaat. Kalau kamu kuat melakukan semua ikuti dari awal sampai akhir. Namun, kalau hanya kuat beberapa saja tidak masalah asal sudah ikut melaksanakannya dan rutin datang ke masjid.

  1. Diampuni Dosa yang Dilakukan di Masa Lalu

    Berdasarkan hadis riwayat Imam al-Bukhari, Muslim, dan lainnya, Nabi Muhamad pernah berkata: “Barang siapa ibadah (tarawih) di bulan Ramadhan seraya beriman dan ikhlas, maka diampuni baginya dosa yang telah lampau”
    Semua orang pernah melakukan dosa setiap harinya. Apalagi hanya manusia biasa. Meminta ampunan adalah hal yang bisa dilakukan saat ini. Selain minta ampun secara langsung seperti melakukan salat tobat, kamu juga bisa rutin melakukan salat tarawih.

  1. Memperbanyak Peluang Ibadah

    Menjalankan salat tarawih secara rutin bisa membuka peluang lain untuk melakukan ibadah. Misal kamu melakukan tadarusan setelah tarawih usai. Umumnya selama beberapa jam, beberapa orang menghabiskan beberapa juz Al-Quran.
    Selain itu kamu juga bisa membawa makanan atau minuman untuk mereka yang melakukan tadarus di masjid. Hal-hal seperti ini menjadi keutamaan sholat tarawih yang sulit ditemui pada bulan lain.

  1. Meningkatkan Sosialisasi dengan Orang Lain

    Kalau seorang pekerja yang berangkat pagi lalu pulang sore hari pasti jarang bertemu dengan orang lain seperti tetangga. Padahal dalam Islam, menjalin hubungan baik dengan tetangga juga merupakan sesuatu yang penting.
    Saat melakukan salat tarawih, kamu akan lebih sering bertemu dengan warga sekitar rumah. Komunikasi bisa terjalin dengan baik. Meski tidak lama, komunikasi akan memecah kebekuan sehingga hubungan baik bisa terjalin perlahan-lahan.

  1. Mengendalikan Rasa Malas

    Salah satu musuh terbesar kita saat akan beribadah adalah rasa malas yang sangat tinggi. Rasa malas memicu kita enggan melakukan apa pun, termasuk salat tarawih. Padahal salat ini hanya muncul setahun sekali.
    Terbiasa melakukan salat tarawih akan membuat kamu tidak malas lagi untuk berangkat ke musala atau masjid. Kalau memang setelah berbuka puasa tubuh jadi mengantuk, kenapa tidak menunda makan berat sampai habis tarawih saja? Kamu bisa menghindari makanan berat untuk sementara agar ibadah tidak terganggu.

Begitu bulan Ramadhan tiba, semua orang akan berlomba-lomba untuk memperkuat amalan yang sebelumnya kendor. Selain lebih rajin menjalankan salat baik wajib dan sunah, banyak dari kita juga melakukan sedekah atau melakukan zakat.


Kamu bisa menyempurnakan ibadah di bulan Ramadhan dengan cara berbagi kebaikan melalui Kitabisa. Sedekah dan zakat di Kitabisa dengan klik gambar di bawah inibanner_donasi_sedekah