Tentang Kitabisa

Kitabisa Penipu? Cek Ini Untuk Memastikan

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr

Kitabisa merupakan situs penggalangan dana serta donasi secara online, atau biasa disebut denganĀ crowdfunding.

Sebab nila setitik, rusak susu sebelanga. Mungkin peribahasa itu cocok untuk Kitabisa lantaran kasus Cak Budi yang memakai dana dari para dermawan untuk keperluan pribadi. Kemudian, anggapan bila Kitabisa penipu begitu marak, menganggap jika perusahaan yang bergerakĀ  dalam bidang sosial ini sudah menyalahgunakan kepercayaan orang-orang yang menyisihkan sedikit rezeki untuk berdonasi.

Tetapi, benarkah seperti itu? Mari kulik sedikit demi sedikit.

Melalui situsnya sendiri, Kitabisa hanyalah platform yang digunakan untuk menggalang dana serta berdonasi secara online, atau istilah lainnya adalah crowdfunding. Sejak berdiri pada tahun 2013, sudah ada lebih dari empat belas ribu orang yang terdanai dari orang-orang baik yang mau menyalurkan bantuan secara sukarela dengan kepercayaan penuh melalui situs crowdfunding terkenal di Indonesia ini. Bahkan, milyaran uang sudah disumbangkan pada semua kaum dhuafa yang membutuhkan bantuan serta ada ribuan orang mau bergabung dalam tim para donatur.

Sebagai perusahaan yang bergerak di bidang sosial, Kitabisa juga tidak memotong biaya administrasi dari pengumpulan dana untuk korban bencana alam dan zakat. Semua dana akan diserahkan kepada penerima secara utuh, tanpa ada potongan sama sekali. Hanya saja, untuk menutup biaya operasional, ada potongan 5% biaya administrasi untuk penggalangan yang dilakukan oleh individu, komunitas, atau kreatif yang tidak berhubungan dengan aksi kemanusiaan untuk korban bencana.

Hal tersebut menunjukkan jika Kitabisa tidak memberi beban apa pun pada penggalang yang hendak membuka campaign donasi. Bahkan, membebaskan siapa saja dapat membuka aksi permohonan sumbangan pada para dermawan. Tidak ada batasan, tetapi ada langkah-langkah verifikasi yang harus dilalui untuk memastikan jika aksi tersebut valid dan dapat dipercaya, bukan sebuah penipuan.

Kitabisa Penipu

 

Lantas, Masihkah Menyebut Kitabisa Penipu?

Meski hanya sebagai platform online yang menyediakan fasilitas antara donatur dan penerima sumbangan, serta tidak menyalurkan secara langsung semua dana yang terkumpul, bukan berarti crowdfunding ternama ini termasuk dalam jajaran para penipu. Buktinya, ada keterbukaan berapa dana yang terkumpul, target yang sudah tercapai, bahkan laporan penyaluran dana secara rutin dari penggalang kepada dermawan yang memberikan. Semuanya masih dalam pantauan Kitabisa.

 

Manfaat Kitabisa

Di era yang butuh serba mudah dan cepat ini, tentu Kitabisa dapat memberi manfaat yang baik, di antaranya:

  1. Kemudahan dalam berdonasi

Sibuk mungkin dapat menjadi alasan Anda enggan untuk berderma bagi orang-orang yang tidak mampu di lingkungan luar daerah sendiri. Selain karena tempatnya yang jauh, waktu pun tidak ada untuk pergi ke sana dan memberikan santunan secara langsung.

Melalui Kitabisa, Anda hanya perlu duduk di rumah, mengakses laman situs resminya lantas mengikuti prosedur yang sudah ada. Begitu selesai, Anda sudah berbagi, tanpa harus repot datang ke tempat penerima bantuan secara langsung. Cukup dari jauh, semua info terbaru akan didapatkan.

cara menghitung zakat mal

  1. Campaign berhasil karena viral

Memang tidak semua campaign yang masuk ke Kitabisa akan menjadi viral dan mendapat dana dari dermawan cepat. Akan tetapi, bila campaign yang Anda buat dinilai bagus oleh para donatur yang hendak berbagi, maka penggalangan dana tersebut akan mudah viral dari satu media sosial, ke media sosial lain. Untuk meminta donasi, kini Anda tidak perlu lagi datang dari rumah ke rumah, menceritakan secara berulang kali hingga lelah mengapa para pemilik rezeki berlebih mau mendermakan uang untuk kegiatan pengumpulan sumbangan yang dilakukan.

Kitabisa Penipu

  1. Transparan mengenai total dana yang didapat dan dibutuhkan

Adanya keterbukaan mengenai total dana yang didapat, target yang dibutuhkan membuat donatur akan dengan mudah percaya untuk memberikan bantuan ke sana. Hal tersebut dikarenakan sudah mengetahui jejak rekam Kitabisa mengenai aksi para penggalang dana yang sudah benar-benar menyerahkan uang yang terkumpul kepada penerimanya.

Kitabisa Penipu

Jadi, masihkah menganggap bahwa Kitabisa penipu? Anda dapat menelaahnya sendiri. Bila masih ragu, silakan buktikan sendiri dengan mengunjungi situs resminya di kitabisa.com, dan mulailah untuk ikut melakukan donasi.

Comments

comments

Comments are closed.

Show Buttons
Hide Buttons