Tentang Kitabisa

Kitabisa Penipu? Cek Ini Untuk Memastikan

Kitabisa merupakan situs penggalangan dana serta donasi secara online, atau biasa disebut dengan crowdfunding.
Sebab nila setitik, rusak susu sebelanga. Mungkin peribahasa itu cocok untuk Kitabisa lantaran kasus Cak Budi yang memakai dana dari para dermawan untuk keperluan pribadi. Kemudian, anggapan bila Kitabisa penipu begitu marak, menganggap jika perusahaan yang bergerak dalam bidang sosial ini sudah menyalahgunakan kepercayaan orang-orang yang menyisihkan sedikit rezeki untuk berdonasi. Tetapi, benarkah seperti itu? Mari kulik sedikit demi sedikit.
Aplikasi Kitabisa
Hingga hari ini, Kitabisa sebagai platform penggalangan dana dan donasi online telah memfasilitasi 1,5 juta transaksi donasi dan lebih dari 100.000 galang dana. Kitabisa percaya jutaan kebaikan dan gotong royong ini bisa terus berjalan dengan adanya kepercayaan dan transparansi. Sebagai perusahaan yang bergerak di bidang sosial, Kitabisa berjalan dengan diawasi oleh Kementerian Sosial. Kitabisa melaporkan semua kegiatan galang dana di situs kitabisa.com ke Kementerian Sosial sesuai aturan yang berlaku. Selain itu, sebagai bentuk pertanggung jawaban kepada publik, aktivitas galang dana dan donasi yang dikelola Yayasan Kita Bisa rutin diaudit oleh lembaga akuntan publik independen setiap tahunnya. Hasil audit ini juga dapat diakses oleh publik. Sebagai platform crowdfunding, Kitabisa turut berperan dalam mengawasi penggalangan dana yang ada di Kitabisa. Hal ini sebagai bagian dari upaya untuk menindak lanjuti galang dana yang melanggar aturan. Kitabisa memiliki aturan community guideline yang menjadi landasan berjalannya aktivitas penggalangan dana dan donasi di Kitabisa.

Kitabisa Menerapkan Verifikasi Berlapis

  1. Verifikasi Akun. Untuk setiap orang yang akan menggalang dana di Kitabisa.com harus mengirimkan foto KTP/SIM, serta foto wajah bersama KTP/SIM, selanjutnya penggalang diminta untuk melakukan verifikasi nomor telepon dan nomor WhatsApp. (Baca juga: Bagaimana cara mengajukan verifikasi Akun? – Kitabisa Help Center )
  2. Verifikasi Cerita. Untuk galang dana medis, pihak penggalang dana harus melampirkan dokumen medis dari rumah sakit atau puskesmas yang menjelaskan mengenai kondisi kesehatan dan biaya yang dibutuhkan. Jika dokumen sudah divalidasi oleh tim Kitabisa, maka akan muncul tanda di laman penggalangan dana bahwa dokumen telah diverifikasi seperti gambar yang ada di bawah.
Galang Dana Kitabisa

Sebelum sampai akhirnya galang dana bisa live, tim Kitabisa akan menyeleksi kelayakan dan kebenaran cerita penggalangan dana. Kemudian tim Kitabisa.com akan melakukan validasi via telepon dan dalam kondisi tertentu dilakukan juga pengecekan ke lapangan.

  1. Verifikasi Saat Pencairan Dana

Untuk kategori medis, pembayaran tagihan rumah sakit akan dibayarkan langsung ke rekening rumah sakit yang bersangkutan. Penggalang dana bisa melakukan pencairan untuk pembelian obat-obatan atau alat pendukung lainnya dengan menyertakan bukti pendukung yang sah.

Sedangkan untuk kategori non medis, penggalang dana bisa mencairkan donasi secara bertahap dengan menyertakan RAB baik melalui fitur update di Kitabisa maupun saat melakukan pencairan.

Kitabisa Memiliki Tim Khusus Trust & Safety

Dalam mengerjakan proses verifikasi dan screening aktivitas penggalangan dana di Kitabisa, tim Trust & Safety terlibat baik di proses awal maupun jika ditemukan ada penggalangan dana yang mencurigakan. Tim Trust & Safety juga lah yang akan menindak lanjuti laporan dari publik terkait penggalangan dana yang mencurigakan baik yang masuk melalui media sosial maupun melalui fitur Laporkan di Kitabisa.
Galang Dana Penipuan

Tindakan Kitabisa pada Galang Dana yang Terbukti Melanggar

Dalam hal ini jika penggalangan dana yang dilaporkan sebelumnya terbukti melanggar community guideline seperti terbukti adanya penipuan, maka Kitabisa memiliki hak untuk mengambil sejumlah tindakan yaitu, di antaranya:
  1. Galang dana ditutup
  2. Donasi yang terkumpul dikembalikan ke donatur
  3. Jika tindakan sudah masuk ke level kriminal, maka akan ditindak lanjut ke pihak yang berwajib
Seluruh tindakan ini diambil bisa dalam bentuk opsional ataupun seluruhnya, tergantung pada tingkat pelanggaran yang dilakukan. Tentu sebelum melakukan tindakan ini, Kitabisa juga turut mengambil peran dalam proses mediasi. Kitabisa juga akan senantiasa memberikan informasi secara transparan kepada donatur mengenai apa yang terjadi pada penggalangan dana melalui fitur update di laman penggalangan dana terkait. Tentu untuk membangun platform yang aman dan terpercaya, Kitabisa tetap membutuhkan bantuan publik. Jika kamu menemukan penggalangan dana yang mencurigakan, kamu bisa gunakan fitur laporkan. Jadi, masihkah menganggap bahwa Kitabisa penipu? Anda dapat menelaahnya sendiri. Bila masih ragu, silakan buktikan sendiri dengan mengunjungi situs resminya di kitabisa.com, dan mulailah untuk ikut melakukan donasi.
Kamu juga bisa melihat penggalangan dana yang ada di Kitabisa melalui Aplikasi Kitabisa. Dengan Aplikasi Kitabisa, kamu tidak perlu ragu untuk menggalang dana dan berdonasi untuk membantu mereka yang membutuhkan dengan cara yang cepat dan mudah.
bantu dhuafa

Comments are closed.