Kolaborasi Kitabisa, GOJEK, dan BAZNAS Berhasil Kumpulkan Donasi 1 Miliar

Jakarta, 3 Desember 2018 – Penggalangan dana yang dilakukan oleh GOJEK bersama Badan Amil Zakat NAsional (BAZNAS) mendapat respon positif dari berbagai pihak. Terbukti, GOJEK berhasil mengajak penggunanya berdonasi online untuk membantu restrukturisasi Palu dan Donggala.

Terhitung sejak tanggal 29 September hingga 28 Oktober 2018, telah terkumpul donasi sebesar Rp 1.086.594.332 dari 13 ribu #OrangBaik. Dari total tersebut, lebih dari 70% diantaranya memberikan donasi mereka melalui sarana pembayaran non-tunai GO-PAY pada aplikasi GOJEK.

Dalam acara konferensi pers Pengumuman Donasi, Chief of Corporate Communications GOJEK, yaitu Nila Marita mengatakan bahwa bencana gempa dan tsunami yang terjadi di Palu dan Donggala menyisakan duka yang mendalam bagi bangsa Indonesia. Selama masa tanggap darurat, GOJEK telah mengirimkan paket bantuan seberat 30 ton, yang meliputi makanan siap saji, selimut, terpal, dan perlengkapan bayi.

gojek dan baznas

Nila mengatakan bahwa kerjasama yang dilakukan bersama Kitabisa.com dan BAZNAS memberikan kemudahan donasi secara online. Masyarakat dapat memberikan donasi kapanpun dan dimanapun mereka berada. Selain itu, GO-PAY tidak memberikan batasan nominal dalam berdonasi, sehingga masyarakat dengan bebas bisa langsung melakukan pembayaran hanya dengan sekali klik.

Arifin Purwakananta selaku Deputi BAZNAS mengakui bahwa kolaborasi yang dilakukan bersama GOJEK dan Kitabisa.com mempermudah masyarakat untuk berdonasi, terlebih dalam kegiatan membantu masyarakat yang tertimpa musibah bencana. Pada kesempatan yang sama, Arifin menjelaskan bahwa bantuan yang terkumpul akan digunakan BAZNAS untuk membangun hunian sementara (Huntara) bagi para korban gempa yang kehilangan tempat tinggal mereka.

gojek dan baznas

CEO Kitabisa.com, Alfatih Timur, dalam acara yang sama juga menyambut baik kolaborasi yang terbangun antara pihaknya, GOJEK dan BAZNAS. Alfatih mengungkapkan bahwa Kitabisa.com berupaya untuk memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk berdonasi secara online. Dengan adanya metode donasi melalui GO-PAY, Alfatih percaya bahwa hal tersebut dapat membuka kesempatan yang sangat luas bagi masyarakat untuk berdonasi lewat platform Kitabisa.com.

Hal yang menarik dari kolaborasi ini adalah, munculnya kebiasaan baru yang datang dari donatur. Melalui GO-PAY, banyak donasi yang masuk hanya berkisar 10ribu-20ribu rupiah per transaksi. Menariknya lagi, dari total donasi yang masuk melalui GO-PAY, gabungan dari minimum donasi tersebut justru menghasilkan total donasi yang paling tinggi dari campaign ini.

gojek dan baznas
Penyerahan Donasi dalam Acara Konferensi Pers Pengumuman Donasi di Jakarta, 3 Desember 2018