Kesehatan

Kurangi Konsumsi 8 Makanan Penyebab Kanker Payudara

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr

Kanker payudara merupakan penyakit mematikan tertinggi yang diderita wanita di Indonesia. Makanan yang kamu konsumsi sehari-hari, bisa jadi salah satu faktor pemicunya. Lebih jelasnya, ketahui informasi beberapa makanan penyebab kanker payudara berikut ini.

penyebab kanker payudara

  1. Makanan Olahan

    Makanan serba-olahan yang dijual di pasaran memang menggiurkan. Namun, tahukah kamu bahwa makanan-makanan tersebut dapat menyebabkan kanker payudara? Makanan yang diolah biasanya menggunakan zat pengawet yang mengandung bahan kimia. Terutama kornet, ikan kaleng, dan nugget yang mengandung karsinogen (zat penyebab kanker). Terlalu banyak mengonsumsi makanan olahan akan menyebabkan pertumbuhan sel menjadi tidak normal.

  2. Makanan yang Mengandung Pestisida

    Pestisida sering disemprotkan ke sayuran dan buah-buahan untuk mencegah hama. Namun di sisi lain, residunya bisa menempel di bahan makanan sehingga rentan untuk ikut tertelan.
    Apabila zat beracun tersebut mengendap dalam tubuh dan terakumulasi, maka berpotensi menyebabkan kanker payudara. Mengingat bahayanya yang tidak bisa dianggap sepele,  pestisida jenis diphenylamine, permetrin, iprodione, chlorpropham, dan herbisida bahkan dilarang penggunaannya di banyak negara.

Baca juga:
5 Gejala Kanker Payudara Stadium 4 yang Wajib Mendapatkan Pertolongan Medis
Cermati Baik-baik, Ini Ciri-ciri Kanker Payudara yang Mudah Dikenali

 

  1. Makanan yang Dibakar/Dipanggang

    Makanan penyebab kanker payudara berikutnya yakni aneka panggangan, biasanya berupa ikan, daging ayam, dan sapi. Daging yang dibakar/dipanggang menggunakan arang dengan suhu tinggi sehingga dapat membentuk heterosiklik (HCA) dan polycyclic aromatic hydrocarbons (PAH). Zat-zat ini berpotensi memicu kanker payudara.

  2. Makanan Ringan

    Makanan penyebab kanker payudara yang sering dikonsumsi adalah makanan ringan. Komposisi seperti pewarna dan perisa buatan yang dikonsumsi melebihi ambang batas akan menimbulkan dampak berbahaya. Zat-zat kimia tersebut akan mengendap dalam tubuh dan terakumulasi sehingga menyebabkan kanker payudara.

  3. Makanan yang Dipanaskan

    Kebiasaan yang sering dilakukan demi alasan kepraktisan ternyata menyimpan bahaya. Memanaskan makanan menggunakan wadah plastik di oven dapat memicu kanker payudara. Suhu panas di oven melepaskan dioksin, zat kimia yang terdapat dalam plastik. Dioksin akan bertransformasi dan bersifat karsinogenesis. Perubahan sel dalam tubuh yang semulanya normal menjadi ganas dan memicu kanker payudara.

Baca juga:
Oktober Sebagai Bulan Peduli Kanker Payudara: Perempuan, Yuk Kenali Lebih dalam Kanker Payudara
FeMale Radio Bangun Warung Baru untuk Bu Leni, Penderita Kanker Payudara

 

  1. Gula

    Selain menyebabkan diabetes, mengonsumsi gula yang berlebihan dapat menyebabkan kanker payudara. Penelitian yang dilakukan oleh University of Texas menjelaskan bahwa semakin banyak gula yang dikonsumsi, semakin meningkat pertumbuhan kelenjar yang terdapat di payudara. Gula jenis fruktosa dan sukrosa yang sering ditemukan pada sirup, gula pasir, dan makanan manis memicu produksi 12-Hydroxyeicosatetraenoic acid (HETE) pada kelenjar payudara.

  2. Gorengan

    Siapa yang tidak suka gorengan? Sayangnya, jajanan tersebut berpotensi menyebabkan kanker payudara. Berdasarkan penelitian yang dipublikasikan di International Journal of Cancer, kebiasaan makan gorengan dapat memicu pertumbuhan sel kanker dalam tubuh. Selain itu, penggunaan minyak yang berkali-kali menyebabkan radikal bebas yang berpotensi menjadi zat karsinogen. Kurangi konsumsi gorengan sekarang juga.

  3. Minuman Alkohol

    Terlalu banyak mengonsumsi minuman beralkohol juga membuat kamu berisiko terkena kanker payudara. Hasil penelitian di American Institute for Cancer Research and the International Agency for Research on Cancer menunjukkan bahwa konsumsi alkohol yang berlebih berpotensi menyebabkan berbagai jenis kanker di bagian tenggorokan, esofagus, laring, usus besar, hati, rektum, dan payudara wanita. Kadar estrogen dalam tubuh akan meningkat sehingga sel DNA akan rusak.

Jadi, mulai sekarang kurangi konsumsi 8 jenis makanan penyebab kanker payudara. Bagikan informasi ini kepada keluarga dan teman-temanmu sebagai bentuk kepedulian.


Bantu mereka yang membutuhkan bantuan biaya pengobatan dengan cara donasi di Kitabisa. Caranya, klik gambar di bawah ini!bantu biaya rumah sakit

Comments are closed.