Kisah Sukses

Belajar dari Keteguhan Adam dan Kedua Orang Tua dalam Melawan Dunia

Adam Fabumi Kamaludi atau lebih dikenal Adam merupakan putra pasangan Kiagoos Herling Kamaludin (33) dan Ratih Megasari (27). Adam merupakan putra pertama pasangan ini yang lahir tanggal 24 April 2017. Berbeda dengan temannya yang lain, diumurnya yang masih 5 bulan usia kandungan ia sudah dideteksi mengidap sindrom Dandy- Walker.

orang tua adam fabumi

 

Dandy-walker syndrome adalah kelainan yang menyebabkan tidak terbentuknya “pintu keluar” cairan otak seseorang. Pintu keluar ini yang secara biologis disebut sebagai Foramen Luschka dan Magendie. Setelah Adam dilahirkan, Adam kembali didiagnosa memiliki beberapa kelainan pada organ vitalnya; kelainan jantung bawaan (VSD, ASD & PDA), pembesaran saluran ginjal, Laringomalasia, Cleft Palate (sumbing dalam) & Polydactyly (kelebihan jari-jari tangan dan kaki).

 

 

Kelainan ini membuat Adam harus segera dirawat pada instalasi NICU saat usianya 1,5 bulan. Menginjak usia seminggu setelah dilahirkan, kondisi Adam mendadak menurun dan harus segera dilakukan tindakan Trakeostomi yang mana tindakan tersebut merupakan tindakan bantuan pada saluran pernapasan melalui tenggorokan.

 

 

Komunitas Ibu Muda Circle of Young Mom turut membantu proses kesembuhan Adam membuka penggalangan dana yang ramai di media sosial dengan tagar #ventilatoruntukadam. Penggalangan dana itu berhasil mengumpulkan 500juta lebih sehingga dapat digunakan untuk membeli ventilator. Ventilator yang dibutuhkan oleh Adam harus cocok dengan kondisinya saat ini. yg mempunyai setting: Pressure Support, CPAP, PCAC, PSIMV & PEEP. Settingan tersebut dibutuhkan jika terjadi pemburukan pada kondisi Adam.

 

melawan dunia adam fabumi

 

Pihak Rumah Sakit sejauh ini belum dapat melakukan tindakan apapun untuk Adam, sehingga kedua orang tua memutuskan untuk merawat Adam di rumah bersama keluarga, dengan catatan Adam harus tetap menggunakan ventilator. Ventilator merupakan alat bantu pernapasan yang selama ini membantu Adam untuk bernafas dan hingga saat ini Adam masih sangat bergantung pada alat ini.

 

bayi adam fabumi

 

Adam harus melalui beberapa perawatan pasca tindakan yaitu penggantian kanul Trakeostomi. Trakesostomi merupakan tindakan bantuan pada saluran pernapasan melalui tenggorokan. Sampai saat sebelum Adam pergi, ia dapat bertahan sampai diumurnya yang ke-7 bulan. Dilihat dari umurnya, dapat dibilang Adam beruntung bisa bertahan lebih lama ketimbang diagnosa sebelumnya, yaitu 1 bulan.

 

 

Terinspirasi dari semangat Adam Fabumi, Adam Fabumi Foundation(AFF) yang sebelumnya menaungi untuk kesembuhan Adam. Mereka berniat untuk membantu bayi dan balita yang terlahir dengan kondisi spesial dan membutuhkan dukungan.

 

**
Kamu juga bisa ikut mendukung adik-adik bayi di sekitar mu yang juga memiliki kebutuhan khusus. Klik gambar berikut untuk memulai aksi galang mu sendiri.

 

Comments are closed.