Tanya Jawab Seputar Celengan Beasiswa

Hai pejuang beasiswa yang tertarik mendaftar di Celengan Beasiswa Narasi, silakan baca Frequently Ask Question (FAQ) di bawah ini sebelum mendaftar.

Apa itu Celengan Beasiswa Narasi?

Celengan Beasiswa Narasi adalah inisiatif Kolaborasi Narasi dengan Kitabisa untuk membantu mahasiswa maupun mahasiswa baru yang membutuhkan bantuan biaya kuliah. Publik bisa berdonasi untuk membantu mahasiswa kurang mampu dengan klik: kitabisa.com/celenganbeasiswanarasi. Mahasiswa atau mahasiswa baru kurang mampu yang membutuhkan biaya kuliah atau biaya penunjang kuliah juga bisa mendaftar untuk mendapat beasiswa dengan mengisi formulir di: ktbs.in/daftarbeasiswanarasi.

Apa saja bentuk bantuan Celengan Beasiswa Narasi? Apakah bisa memberi bantuan biaya penunjang kuliah seperti skripsi atau laptop?
Beasiswa ini memberikan bantuan donasi untuk biaya kuliah dan/atau biaya penunjang kuliah. Yang dimaksud dengan biaya penunjang kuliah adalah biaya di luar Uang Kuliah Tunggal (UKT) maupun Sistem Kredit Semester (SKS), misalnya biaya untuk buku, penelitian, skripsi, laptop, uang kos, atau biaya lainnya yang sifatnya menunjang kelancaran perkuliahan. 

Siapa saja yang bisa mendaftar Celengan Beasiswa Narasi?
Mahasiswa aktif yang sudah menjalankan studi perkuliahan dan mahasiswa baru yang baru akan menjalani perkuliahan di Indonesia. Baik mahasiswa aktif maupun mahasiswa baru yang mendaftar adalah yang membutuhkan bantuan ekonomi. 

Apakah semua pendaftar yang sudah memenuhi syarat akan otomatis mendapatkan bantuan?
Tidak. Tim Narasi dan Kitabisa akan menyeleksi pendaftar dan memilih mahasiswa/mahasiswa baru yang berhak mendapatkan bantuan. 

Apa saja syarat untuk mendaftar Celengan Beasiswa Narasi? 

Syarat selengkapnya bisa dibaca dengan mengklik tautan berikut ini: ktbs.in/daftarbeasiswanarasi

Template dokumen beserta surat lampiran calon penerima beasiswa yang perlu diunggah dapat diunduh (download) di bawah ini:
– Untuk bantuan pendidikan (biaya kuliah): ktbs.in/bantuanpendidikan
– Untuk bantuan penunjang pendidikan: ktbs.in/bantuanpenunjangpendidikan

Apakah mahasiswa D3 atau Vokasi juga bisa mendaftar Celengan Beasiswa Narasi?
Belum Bisa. Saat ini, Celengan Beasiswa Narasi hanya difokuskan untuk mahasiswa Strata 1 (S1). Tidak menutup kemungkinan dalam periode selanjutnya dibuka bantuan beasiswa untuk program D3, tapi untuk saat ini beasiswa baru bisa diberikan untuk mahasiswa atau mahasiswa baru S1. 

Apakah mahasiswa atau mahasiswa baru di kampus swasta bisa mendaftar Celengan Beasiswa Narasi?
Bisa. Mahasiswa atau mahasiswa baru baik negeri maupun swasta bisa mendaftar Celengan Beasiswa Narasi. 

Apakah bantuan Celengan Beasiswa Narasi diberikan sampai lulus atau hanya satu semester?
Beasiswa ini hanya memberikan bantuan untuk satu semester. Hal ini agar lebih banyak mahasiswa dan mahasiswa baru yang bisa diberi bantuan dari hasil donasi. 

Apakah ada batas minimal Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) untuk bisa mendaftar di Celengan Beasiswa Narasi? 

Celengan Beasiswa Narasi membuka kesempatan untuk mahasiswa untuk mendaftar. Namun, karena keterbatasan beasiswa ini, maka IPK menjadi salah satu pertimbangan (bukan satu-satunya pertimbangan) dalam memilih kandidat yang akan diberikan bantuan. 

donasi lewat aplikasi kitabisa

Pertanyaan Terkait Syarat Pendaftaran

Apakah bisa menggunakan Kartu Rencana Studi (KRS) semester lalu untuk mendaftar beasiswa di semester depan?
Sebaiknya gunakan KRS terbaru. Namun, jika pendaftaran KRS belum dibuka, mahasiswa bisa menyertakan KRS semester lalu untuk mendaftar Celengan Beasiswa Narasi. 

Apakah tunggakan biaya kuliah harus melalui surat resmi kampus? Atau bisa menggunakan tangkapan layar (screenshot) bukti tunggakan UKT?
Untuk membuktikan tunggakan biaya kuliah tidak harus menggunakan surat resmi dari kampus. Yang penting, dokumen yang disertakan bisa menunjukkan secara jelas bahwa kamu memiliki tunggakan UKT. Misalnya berupa dokumen screenshot tunggakan UKT. 

Apakah surat permohonan penunjang pendidikan harus ditandatangani pihak kampus? 

Harus. Pihak kampus perlu memberikan tanda tangan sebagai bentuk persetujuan resmi. Namun, jika karena faktor teknis misalnya domisili yang jauh dari kampus (beda provinsi atau pulau), kamu bisa menyertakan tanda tangan digital (bukan tanda tangan basah) dalam surat permohonan penunjang pendidikan tersebut. Kamu bisa meminta ke dosen penanggung jawab, dosen pembimbing, maupun pihak dekanat, atau bagian Tata Usaha (TU) perihal tanda tangan ini.

Untuk pengajuan kebutuhan penunjang kuliah, apakah perlu melampirkan rincian list kebutuhan dan biaya yang dibutuhkan?
Perlu. Kamu perlu membuat list kebutuhan apa yang dibutuhkan dan besaran biayanya. 

Apakah Warga Negara Asing (WNA) yang berkuliah di Indonesia bisa mendaftar Celengan Beasiswa Narasi?
Tidak bisa. Celengan Beasiswa hanya dikhususkan untuk Warga Negara Indonesia (WNI).

Apakah mahasiswa yang sedang studi di luar negeri atau mahasiswa baru yang akan kuliah di luar negeri bisa mendaftar Celengan Beasiswa Narasi?
Tidak bisa. Celengan Beasiswa Narasi hanya untuk membantu biaya pendidikan kuliah di Indonesia.

Apakah surat keterangan penghasilan orangtua harus ditandatangani orangtua?
Sebaiknya ditandatangani orangtua sekaligus sebagai bentuk persetujuan orangtua. Namun, jika karena faktor teknis misalnya domisili yang berbeda dengan orangtua, kamu bisa menyertakan surat keterangan penghasilan orangtua tanpa perlu ditandatangani. Atau kamu bisa menyertakan slip gaji orangtua sebagai bukti valid penghasilan jika orangtuamu memiliki penghasilan bulanan. 

Apakah bisa hanya mengajukan bantuan untuk pembayaran UKT saja (tidak ada tunggakan kuliah)?
Bisa. Kamu bisa mengajukan untuk pembayaran UKT saja atau untuk tunggakan kuliah saja. Kamu juga bisa mengajukan untuk pembayaran keduanya. Jika, kamu hanya membutuhkan salah satunya maka lampiran dokumen yang kamu unggah (upload) cukup yang kamu ingin ajukan bantuannya.

Berapa besaran bantuan beasiswa yang diterima oleh kandidat terpilih?

Setiap kandidat bisa mengajukan bantuan biaya kuliah atau penunjang kuliah sesuai kebutuhan. Namun, untuk setiap kandidat yang terpilih, Celengan Beasiswa Narasi akan memberikan bantuan beasiswa maksimal Rp 10.000.000 (sepuluh juta rupiah). 

Untuk mahasiswa yang sudah menerima beasiswa/bantuan lain apakah bisa mendaftar Celengan Beasiswa Narasi?

Tidak bisa. Celengan Beasiswa Narasi hanya diberikan untuk mahasiswa yang belum mendapatkan beasiswa. 

Berapa lama pendaftaran beasiswa ini akan dibuka?

Program beasiswa ini dibuka selama donasi masih bisa disalurkan.

Untuk mahasiswa baru yang belum memiliki Nomor Induk Mahasiswa (NIM) atau Kartu Tanda Mahasiswa (KTM) bisa mendaftar Celengan Beasiswa Narasi?
Bisa. Jika belum memiliki NIM ataupun KTM, kamu perlu menyertakan surat keterangan telah diterima di kampus tersebut dan surat keterangan resmi dari kampus yang menyatakan bahwa kamu adalah mahasiswa di kampus tersebut (surat aktif kuliah). 

Bagaimana pendaftar bisa tahu apakah dia diterima Celengan Beasiswa Narasi atau tidak?
Pihak Narasi dan Kitabisa hanya akan mengontak pendaftar yang lolos ke tahap selanjutnya. Pendaftar yang tidak dihubungi oleh Narasi dan Kitabisa berarti tidak diterima, silakan mencoba mendaftar ke program beasiswa lainnya.

Narasi dan Kitabisa tidak mengenakan biaya apa pun alias GRATIS kepada penerima beasiswa dalam proses seleksi. Hati-hati dengan penipuan yang mengatasnamakan Narasi maupun Kitabisa terkait dengan program ini. 

donasi di kitabisa

Syarat dan ketentuan Celengan Beasiswa Narasi dapat berubah sewaktu-waktu sesuai dengan perjalanan program dan kondisi di lapangan.

Kitabisa dan Narasi menjunjung tinggi integritas dan tidak akan mentoleransi segala bentuk penipuan dalam proses pendaftaran Celengan Beasiswa Narasi. Kandidat terpilih yang terbukti melakukan penipuan atau penyelewengan donasi akan dilaporkan kepada pihak yang berwajib.  

Jika kamu memiliki pertanyaan yang belum terjawab pada FAQ di atas, kamu bisa mengajukan pertanyaanmu dengan mengirimkan pesan direct message (DM) ke instagram @kitabisacom atau mengirim email ke alamat support@kitabisa.com 
Untuk mendaftar Celengan Beasiswa Narasi, langsung klik: ktbs.in/daftarbeasiswanarasi.

Silakan unduh FAQ Celengan Beasiswa Narasi dengan klik di sini.


Sekarang, kamu bisa berbagi dan berbuat kebaikan secara lebih mudah. Yuk, donasi online lewat aplikasi Kitabisa!

donasi online di kitabisa