Rekomendasi Tema Khutbah Idul Adha Paling Populer

Ditunjuk untuk khutbah idul adha? Pastikan kamu sudah membaca artikel rekomendasi tema khutbah Idul Adha di Kitabisa ya. Jangan takut, ini sebuah kehormatan bisa memberikan khutbah di mimbar utama masjid pada saat Idul Adha. Dimana khutbah akan berlangsung setelah shalat dan menjadi bagian dalam shalat ied.

Penting sekali untuk mendengarkan khutbah idul adha, ini akan menyempurnakan shalat sunnah idul adha dua rakaat yang sudah dilakukan sebelumnya. Bahkan khutbah banyak dinantikan karena selalu memiliki tema dan informasi menarik tentang Idul Adha dan Qurban.

 

5 Tema Khutbah Idul Adha Paling Populer dan Banyak Digunakan

Maka dari itu persiapan sejak dini. Khutbah idul adha dilakukan setelah shalat ied, dimana nantinya akan didengarkan oleh semua jamaah yang melaksanakan shalat idul adha. 

Berikut ini beberapa tema khutbah yang paling populer dan sudah banyak digunakan sebelumnya.

 

  1. Qurban Amalan Paling Disukai Allah SWT

    Qurban memang jadi ibadah yang banyak disukai oleh Allah SWT, bahkan lebih utama jika dibandingkan sedekah asalkan dilakukan pada 10-13 dzulhijjah dengan ketentuan yang sudah ditetapkan. Tema khutbah idul adha ringan namun banyak dinantikan, pasalnya tidak semua orang tahu tentang qurban.

    Terangkan siapa saja yang wajib berqurban hingga yang berhak menerima qurban. Bahkan banyak juga yang tidak tahu, jika daging qurban boleh dimakan oleh orang yang berqurban. Maka dari itu, orang yang berqurban boleh mengambil sebagian daging qurban sebelum dibagikan.

    Selain itu jelaskan, pentingnya berkurban, manfaatnya hingga apa janji Allah SWT pada mereka yang berkurban dengan ikhlas dan hanya mengharapkan ridho dari Nya. Bahkan hewan qurban inilah yang akan menyelamatkan kamu di hari kiamat kelak.

  2. Meneladani Kisah Nabi Ibrahim AS dan Nabi Ismail AS

    Sejarah qurban bermula dari perintah Allah SWT pada Nabi Ibrahim AS untuk menyembelih putranya sendiri, Nabi Ismail AS. Padahal Ismail didapatkan dengan penantian panjang dan sangat sulit, tapi dengan kebesaran dan kesabaran ayah dan anak ini menerima dan menjalankan perintah Allah.

    Saat pisau akan sampai pada leher Nabi Ismail AS, Allah mengganti dengan domba dan menjadikan hari tersebut sebagai Hari Raya Qurban. Selain menjalankan perintah Allah SWT, kamu juga meneladani kesabaran dan ketakwaan Nabi Ibrahim AS dan Nabi Ismail AS.

    Bahkan tema ini akan sangat mudah dicerna semua pendengar khutbah, mulai dari anak-anak hingga orang tua. Namun tidak mengurangi pesannya untuk meneladani kisah Nabi Ibrahim saat melaksanakan qurban.

  3. Makna dan Keutamaan Berbagi Dalam Qurban

    Kenapa amalan qurban sangat dicintai Allah SWT? Ini bukan hanya wujud ketakwaan terhadap Nya, tapi juga menanamkan rasa berbagi pada mereka yang membutuhkan. Itulah sebabnya, qurban bukan hanya menyenangkan kamu namun juga orang di sekitarmu.

    Makna pelaksanaan qurban adalah melaksanakan perintah Allah dan mengharapkan ridho Nya, dimana hal ini bisa menyenangkan orang lain. Maka dari itu, bagian qurban pada mereka yang berhak dan membutuhkan.

  4. Qurban Berkaitan Dengan Haji

    Pelaksanaan qurban dan ibadah haji itu bersamaan, bahkan saat Idul Adha ini jadi hari kemenangan bagi jamaah haji. Pasalnya baru saja menyelesaikan rukun haji yang paling berat yaitu wukuf di padang mahsyar. Dimana semua jamaah haji harus berada disana, saat masih bernyawa dalam kondisi apapun.

    Inilah keteladanan yang harus ditanamkan, Idul Adha memberikan kesenangan bagi seluruh muslim di dunia. Bagi mereka yang tidak berangkat haji, materi khutbah idul adha akan haji bisa menjadi motivasi untuk segera menyempurnakan rukun islam yang ke-5 tersebut.

  5. Pentingnya Menjaga Silaturahmi

    Hal yang tidak boleh dilupakan saat khutbah idul adha, pastikan untuk menyerukan pentingnya menjaga dan menjalin tali silaturahmi. Idul Adha memang identik dengan qurban namun jangan lupa untuk bersilaturahmi, memang tidak seperti Idul Fitri yang mewajibkan untuk bermaafkan.

    Idul Adha bahkan untuk masyarakat madura menjadi ajang untuk silaturahmi dan pulang kampung, hal ini tidak terjadi pada Idul Fitri. Tradisi ini dinamakan toron, hal yang patut diteladani. Ini waktunya mengingat dan mempererat tali silaturahmi. Jangan ragu untuk bertandang pada sanak keluarga untuk mendekatkan yang jauh dan semakin mempererat yang dekat.

Semua materi khutbah idul adha memberikan gambaran tentang hari raya qurban. Sempurnakan ibadah di hari yang mulia ini dengan berqurban. Baca juga artikel Kitabisa tentang topik khutbah Idul Adha yang menggetarkan jiwa supaya referensi kamu lebih banyak.

Yuk, tunaikan qurban dengan mudah di Kitabisa, tanpa perlu proses panjang, tinggal pilih hewan qurban yang diinginkan dan semua akan diproses sesuai syariah.

qurban online