Jenis-Jenis Sedekah yang Diutamakan saat Memasuki Bulan Ramadhan

Umat Islam dianjurkan untuk memperbanyak aktivitas sedekah selama bulan Ramadhan. Sedekah pun termasuk sebagai jenis amalan yang sangat disukai oleh Allah dan Rasulullah. Oleh karena itu, umat Islam berlomba-lomba melaksanakan berbagai amalan sedekah yang diutamakan saat memasuki Ramadhan. 

Contoh Sedekah yang Diutamakan

Ada banyak amalan yang bisa dilakukan selama Ramadhan. Lalu, apa saja contoh sedekah yang diutamakan?

1. Memberi Pertolongan kepada Tetangga

Jenis sedekah pertama yang perlu kamu utamakan saat Ramadhan adalah menolong tetangga. Rasulullah menganjurkan kepada setiap muslim untuk selalu berbuat baik kepada tetangga. 

Ada banyak hadits yang mengungkapkan hal ini, di antaranya adalah: 

“Barangsiapa yang beriman kepada Allah dan hari akhir hendaklah ia berbuat baik kepada tetangganya.” (HR Bukhari-Muslim).

“Dan berbuat baiklah kepada tetanggamu, niscaya engkau menjadi seorang Muslim.” (HR Ibnu Majah).

Allah pun memerintahkan perintah serupa, seperti tertuang dalam Q.S an-Nisa ayat 36 yang artinya: 

“… Dan berbuat baiklah kepada kedua orang tua, karib-kerabat, anak-anak yatim, orang-orang miskin, tetangga yang memiliki hubungan kerabat dan tetangga yang bukan kerabat …”.

Sedekah merupakan wujud perbuatan baik yang bisa kamu tujukan kepada para tetangga. Ada banyak cara bersedekah kepada tetangga yang dapat kamu laksanakan. Contohnya adalah membantu ketika mereka mengalami kesusahan, berbagi makanan, dan lain sebagainya. 

sedekah di aplikasi kitabisa

2. Membantu Kerabat atau Fakir Miskin

Jenis sedekah yang diutamakan selama Ramadhan berikutnya adalah memberi bantuan kepada kerabat serta fakir miskin. Dalam Islam, sedekah kepada kerabat merupakan amalan yang istimewa. Apalagi, ketika kerabat tersebut berada dalam kondisi yang kekurangan atau termasuk golongan fakir miskin. 

sedekah yang diutamakan membantu fakir miskin

Pada situasi tersebut, kamu akan memperoleh 2 jenis pahala. Pahala yang pertama adalah pahala sedekah. Selain itu, kamu juga akan memperoleh pahala karena telah menjaga silaturahmi. Kedua pahala tersebut pun bakal berlipat ketika kamu melakukan sedekah kepada kerabat saat Ramadhan. 

3. Membiayai Aktivitas Dakwah

Dakwah serta syiar Islam merupakan jenis kegiatan yang harus terus berjalan. Pelaksanaannya memerlukan dana bantuan dari umat Islam. Kamu dapat berpartisipasi untuk membantu kelancaran aktivitas dakwah menyerahkan sedekah kepada lembaga terkait. 

Sedekah kepada lembaga dakwah selanjutnya dapat digunakan untuk pendanaan berbagai aktivitas dakwah, termasuk di antaranya adalah pengajian, tabligh akbar, majelis taklim, dan lain sebagainya. Lewat berbagai aktivitas dakwah, Islam di Indonesia akan semakin berkembang. 

4. Membantu Pembiayaan Penuntut Ilmu

Sedekah yang tidak kalah penting adalah upaya memberikan bantuan biaya pendidikan bagi seorang penuntut ilmu. Ada banyak wujud sedekah yang bisa kamu lakukan ketika ingin membantu para penuntut ilmu. 

Contoh sederhana adalah pemberian beasiswa. Selain itu, kamu bisa pula membantu proses pembangunan madrasah, pemberian santunan sekolah, dan lain sebagainya.

sedekah di aplikasi kitabisa

5. Menyantuni Anak Yatim

Islam mengajarkan kepada setiap muslim untuk memberikan perlakuan yang istimewa kepada anak yatim. Orang-orang yang bersedekah dan memelihara anak yatim telah dijanjikan surga oleh Allah. Bahkan, Rasulullah mengatakan bahwa muslim yang menyantuni anak yatim akan tinggal berdekatan dengan beliau di surga. 

Oleh karena itu, utamakan harta kamu untuk sedekah kepada anak yatim. Walaupun kamu tidak mempunyai harga yang mencukupi, berbuat baiklah kepada mereka. Ketika ada anak yatim yang mengalami kesulitan, bantu mereka. Dengan begitu, kamu akan memperoleh keutamaan seperti yang telah dijanjikan Rasulullah. 

6. Wakaf

Wakaf juga termasuk sebagai jenis sedekah. Kamu mungkin beranggapan kalau wakaf hanya bisa dilakukan dengan harga yang banyak, seperti bangunan atau tanah. Namun, era modern seperti sekarang memungkinkan kamu melakukan sedekah wakaf dalam berbagai bentuk. 

Sedekah wakaf bisa kamu lakukan dengan nominal sesuai kemampuan keuangan masing-masing. Selanjutnya, dana wakaf dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan. Contohnya, pembangunan masjid, pembuatan saluran irigasi, pembangunan madrasah, dan lain-lain. 

7. Sumbangan untuk Masjid

Terakhir, kamu bisa melakukan sedekah dalam bentuk sumbangan kepada masjid. Sumbangan tersebut tidak terbatas ketika kamu menjumpai adanya program pembangunan atau perbaikan masjid. Namun, kamu dapat pula memberikan sumbangan untuk keperluan dana operasional masjid. 

sedekah pembangunan masjid

Masjid merupakan bangunan yang menjadi pusat dakwah bagi umat Islam. Oleh karenanya, masjid kerap dipilih sebagai lokasi pelaksanaan berbagai kegiatan. Semua kegiatan tersebut dapat berjalan lancar kalau masjid mempunyai dana operasional yang mencukupi. Salah satu sumber pendanaan berasal dari infak serta sedekah para jamaah. 

Nah, itulah 7 kegiatan sedekah yang diutamakan selama memasuki Ramadhan. Kamu bisa memilih salah satu atau melaksanakan seluruhnya. Apalagi, saat ini kamu bisa bersedekah dengan mudah dan praktis lewat aplikasi Kitabisa. 

Aplikasi Kitabisa memungkinkan kamu bersedekah secara mudah dari mana saja dan kapan saja. Mulai dari Rp1.000 kamu sudah bisa bersedekah untuk bantu saudara-saudara kita yang membutuhkan.

sedekah di kitabisa