Shadaqah untuk Wujudkan Pembangunan 100 Toilet Masjid dan Tempat Wudhu Sehat

Masjid menurut KBBI adalah rumah atau bangunan tempat beribadah umat Islam. Masjid artinya tempat sujud. Selain digunakan sebagai tempat ibadah, masjid juga merupakan pusat kehidupan komunitas muslim. Kegiatan perayaan hari besar, diskusi, serta kajian agama biasanya sering dilakukan di masjid. Oleh karenanya, bagian-bagian dari masjid harus selalu dibersihkan dan dijaga agar selalu bersih dan terawat.

 

Kondisi Masjid di Pelosok Indonesia

Shadaqah untuk Wujudkan Pembangunan 100 Toilet Masjid dan Tempat Wudhu Sehat

Namun, menjelang bulan Ramadhan, ternyata masih ada ratusan masjid di pelosok daerah yang belum memiliki tempat wudhu yang layak. Beberapa diantaranya adalah Masjid Al Barokah di Sumedang, Masjid Assadiyah di Garut, dan Masjid Cisewu di Garut Selatan. Tidak hanya tempat wudhu yang belum layak, toilet yang diperlukan oleh para jamaah pun jauh dari kata layak. Banyak toilet yang kondisinya memprihatinkan seperti gelap, kotor, bau, dan bahkan berjamur.

 

Shadaqah untuk Program Pembangunan Masjid

Shadaqah untuk Wujudkan Pembangunan 100 Toilet Masjid dan Tempat Wudhu Sehat

Melihat kondisi tersebut, Masjid Nusantara menginisiasi program pembangunan 100 Toilet Masjid dan Tempat Wudhu. Program ini bertujuan untuk membangun atau merenovasi masjid sehingga memiliki toilet dan tempat wudhu yang layak digunakan oleh masyarakat. Dengan begitu, tercipta lingkungan masjid yang rapi dan bersih, serta jamaah dapat melakukan ibadah dengan nyaman. 

Dalam Quran Surah Al-Hadid Ayat 18 disebutkan:

“Sesungguhnya orang-orang yang bersedekah baik laki-laki maupun perempuan dan meminjamkan kepada Allah dengan pinjaman yang baik, niscaya akan dilipatgandakan (pahalanya) kepada mereka dan bagi mereka pahala yang banyak.”

Ayat tersebut menjelaskan tentang salah satu keutamaan bersedekah yaitu Allah akan melipatgandakan pahala orang yang menyisihkan sebagian hartanya di jalan Allah. Sedekah ialah mengamalkan harta di jalan Allah dengan ikhlas tanpa mengharapkan imbalan, dan semata-mata hanya mengharapkan ridha-Nya sebagai bukti kebenaran iman seseorang.

Baca juga:
Sedekah Kini Lebih Mudah dan Praktis Lewat Platform Kitabisa
Pengertian Shadaqah, Keutamaan, dan Macam-macam Shadaqah

 

Keutamaan Shadaqah

Shadaqah untuk Wujudkan Pembangunan 100 Toilet Masjid dan Tempat Wudhu Sehat

Selain sebagai tanda atau bentuk amalan dan kebenaran iman seseorang terhadap perintah Allah SWT, sedekah juga memiliki beberapa keutamaan sebagai berikut:

  1. Sedekah dapat menjadi obat bagi berbagai macam penyakit, baik penyakit jasmani maupun penyakit rohani. Rasulullah saw, bersabda: “Obatilah orang orang yang sakit diantaramu degan shadaqah.” Beliau juga bersabda kepada orang yang mengeluhkan tentang kekerasan hatinya: “Jika engkau ingin melunakkan hatimu maka berilah makan pada orang miskin dan usaplah kepala anak yatim.” (HR. Ahmad)
  2. Sedekah juga merupakan tanda ketaqwaan. Dalam Surah Al-Baqarah Ayat 2-3 disebutkan: “Kitab (Al-Quran) ini tidak ada keraguan padanya; petunjuk bagi mereka yang bertaqwa, (yaitu) mereka yang beriman kepada yang ghaib, yang mendirikan shalat, dan menafkahkan sebahagian rezki yang Kami anugerahkan kepada mereka.
  3. Sedekah merupakan pembersih harta dan mensucikannya dari kotoran, sebagaimana wasiat beliau kepada para pedagang, “Wahai para pedagang sesungguhnya jual beli ini dicampuri dengan perbuatan sia-sia dan sumpah oleh karena bersihkanlah ia dengan shadaqah.” (HR. Ahmad)
  4. Orang yang bersedekah termasuk ke dalam tujuh orang yang dinaungi di akhirat nanti. Rasulullah saw. bersabda, “Tujuh golongan yang akan dinaungi oleh Allah pada hari kiamat yang mana tidak ada naungan selain naungan Allah…seseorang yang bershadaqah dengan suatu shadaqah yang ia rahasiakan sehingga tangan kirinya tidak mengetahui apa-apa yang telah dishadaqohkan oleh tangan kanannya.” (HR. Bukhari)
  5. Sedekah penghapus kesalahan, Rasulullah saw. bersabda: “Shadaqah itu memadamkan (menghapuskan) kesalahan sebagaimana air memadamkan api. (HR. Ahmad)

Ditulis Oleh: Ray


Dengan beberapa keutamaan sedekah seperti yang telah dijabarkan serta beberapa bulan lagi menjelang ramadhan, tentu sedekah merupakan salah satu hal yang banyak dilakukan setelah zakat. Perilaku berlomba-lomba dalam kebaikan dapat kamu mulai sekarang. Caranya dengan menyisihkan sebagian hartamu untuk bersedekah secara online dengan klik gambar di bawah ini. Ayo bersedekah!

banner_donasi_sedekah