Sistem Imun Terganggu, Berikut Cara Pencegahannya

Gangguan pada tubuh sangat beragam, mulai dari masalah metabolisme atau pencernaan, masalah berkemih, hingga masalah pada sistem imunitas tubuh atau lebih dikenal dengan penyakit autoimun. Seharusnya, imunitas tubuh bertugas untuk menjaga daya tahan tubuh dari serangan benda asing yang hendak masuk ke tubuh. Sayangnya, justru imunitas tubuh inilah yang menyerang sel sehat dan menganggapnya sebagai musuh. 

 

Penyakit yang Menyerang Sistem Imun, Apa Saja?

penyakit sistem imun

Ada beberapa jenis penyakit yang disebabkan karena kesalahan pada sistem imunitas tubuh, berikut di antaranya:

  • Lupus

    Eritematosus sistemik, begitulah istilah medis untuk penyakit lupus yang terjadi ketika imunitas tubuh menempel pada jaringan yang ada di seluruh tubuh. Jaringan yang sering terserang lupus seperti ginjal sel darah, kulit, paru, sendi, dan saraf. Gejala umum dari lupus adalah demam, rambut rontok, tubuh mudah lelah, penurunan berat badan, munculnya ruam, dan pembengkakan serta nyeri pada otot dan sendi. Mereka yang mengalami lupus pun sangat sensitif terhadap sinar matahari dan sering kejang.

  • Psoriasis

    Gangguan pada sistem imun juga bisa terjadi pada kulit, seperti munculnya psoriasis. Kelainan ini terjadi ketika sel kulit baru bertumbuh dengan begitu cepat dan menumpuk di bagian permukaan kulit. Kulit yang terinfeksi akan mengalami iritasi, berubah warna menjadi kemerahan, bersisik dan tebal, gatal dan nyeri.

  • Diabetes Mellitus Tipe 1

    Penyakit gula ini terjadi bukan karena kamu mengonsumsi gula terlalu banyak. Ini lebih merupakan dampak yang terjadi karena imunitas tubuh menyerang sel yang bertugas untuk menghasilkan insulin sehingga tubuh tidak bisa lagi menghasilkan insulin secara alami. Akibatnya, gula darah akan bertumpuk, dan ini bisa memengaruhi saraf, ginjal, dan gusi. Pengidap penyakit ini harus mendapatkan suntikan insulin untuk mengendalikan gula darah.

  • Rematik

    Rematik atau arthritis bukan terjadi karena kamu sering mandi malam. Penyakit yang menyerang sendi ini muncul karena sistem imun menyerang sendi pada tubuh, menyebabkan terjadinya peradangan dan pembengkakan pada sendi sehingga rasa nyeri pun tidak bisa dihindari. Gejala yang sering muncul adalah sendi terasa kaku, nyeri, dan bengkak, sehingga sulit untuk digerakkan. 

Baca juga:
Dokter Dinis Berdamai dengan Penyakit Autoimun
Mengenal 4 Gejala Penyakit Autoimun dan Pengobatannya

 

Bagaimana Mencegah Terjadinya Penyakit Sistem Imun?

penyakit sistem imun

Oleh karena memegang peranan penting dalam menjaga kesehatan tubuh, tentu sudah menjadi kewajiban kamu untuk menjaga sistem imun ini sebaik mungkin. Cara berikut mungkin bisa kamu coba:

  • Olahraga Rutin

    Aktivitas ringan ini sebenarnya mudah dilakukan, tetapi sering kali dilupakan. Padahal, ada banyak sekali manfaat olahraga yang bisa kamu dapatkan. Tidak hanya meningkatkan sistem imun tubuh, olahraga pun menunjang kesehatan jantung, paru-paru, dan pembuluh darah.

  • Jangan Lupa Istirahat

    Pekerjaan atau tugas yang menumpuk sering kali membuat kamu lupa akan pentingnya beristirahat. Ingat, tubuh juga memerlukan waktunya untuk melakukan regenerasi, jika waktu tidur kamu kurang, regenerasi pun menjadi tidak maksimal.

  • Hindari Stres

    Stres menjadi pemicu terjadinya berbagai penyakit, termasuk gangguan sistem imun. Jika tidak dikendalikan, tubuh akan memroduksi hormon kortisol dalam jumlah berlebihan, dan ini bisa mengakibatkan penurunan pada sistem kekebalan tubuh. 

  • Perhatikan Asupan Makanan

    Coba perhatikan, apakah kamu selama ini sudah mengonsumsi makanan yang benar-benar sehat? Apakah justru kamu lebih suka makanan siap saji? Sayuran dan buah sangat baik untuk kesehatan karena adanya nutrisi penting yang diperlukan tubuh. Jadi, sebaiknya perbaiki asupan makanan kamu sekarang, ya. Jangan lupa perhatikan asupan cairan juga.


Kamu bisa bantu mereka yang membutuhkan biaya pengobatan penyakit sistem imun dengan cara berdonasi di Kitabisa. Untuk berdonasi, klik gambar di bawah ini!

banner_donasi_biaya_pengobatan