Qurban

Tata Cara, Niat Qurban dan Artinya Sesuai Syariat Islam

Sudah tahukah kamu bagaimana niat qurban dan artinya yang sesuai dengan syaraiat islam? Ibadah qurban memang bukan merupakan ibadah wajib umat islam tapi berkurban mempunyai pahala yang sangat besar. Sebagai umat islam yang mampu dan mempunyai rezeki lebih alangkah baiknya untuk berqurban.

 

Waktu Penyembelihan Hewan Qurban

Sebelum membahas bagaimana niat dan tata cara penyembelihan hewan kurban, kamu harus tahu waktu yang tepat untuk melakukan penyembelihan. Penyembelihan hewan qurban dapat dilakukan mulai dari tanggal 10 sampai dengan 13 Dzulhijjah.

Sangat disarankan untuk menyembelih hewan qurban pada tanggal 10 Dzulhijjah atau bertepatan dengan hari raya idul adha. Keutamaan berkurban di Idul Adha sangat banyak, selain pahala yang besar juga kamu akan mendapatkan keberkahan.

Tentu saja untuk mendapatkan keberkahan kamu harus ikhlas dan niatkan berkurban karena Allah bukan karena ingin dipuji atau pamer. Jika waktu penyembelihan tidak mencukupi pada saat hari raya idul adha, penyembelihan bisa dilakukan pada hari tasyrik yaitu 11 sampai 13 Dzulhijjah.

Waktu penyembelihan yang tepat adalah setelah dilaksanakannya sholat idul adha sampai sebelum matahari terbenam. Lebih afdol jika dilakukan pada pagi hari agar di siang harinya daging qurban bisa langsung dibagikan kepada yang berhak.

 

Niat Qurban dan Artinya Untuk Diri Sendiri yang Berkurban

Niat dan doa menyembelih hewan qurban tidak ada aturan yang baku atau bacaan yang baku. Untuk orang yang akan memberikan qurban harus diniati dengan ikhlas karena Allah dan hanya mengharap ridha Allah.

Secara sederhana niat yang bisa dilafalkan adalah :

Saya berkurban atas nama diri  sendiri karena Allah Ta’ala.”

Jika kamu ingin meniatkan qurban dengan nama orang lain maka niatnya bisa :

Saya berkurban atas nama fulan bin fulan karena Allah Ta’ala.”

Niat ini bisa kamu lafalkan dalam hati ketika menyerahkan hewan qurban kepada panitia yang akan menyembelihnya. Pada saat penyembelihan hewan qurban sebaiknya kamu sebagai yang berkurban menyaksikannya.

 

Tata Cara Penyembelihan Hewan Qurban

Dalam penyembelihan hewan qurban tata caranya berbeda dengan menyembelih hewan biasa. Adapun tata cara menyembelih hewan qurban yaitu:

  1. Pertama posisikan hewan dengan posisi telentang miring dengan bagian leher menghadap keatas dan tubuh hewan serta orang yang akan menyembelih menghadap ke kiblat.
  2. Setelah itu bacalah basmillah secara lengkap.
  3. Kemudian bacalah sholawat nabi, disunahkan membaca 3 sampai dengan 7 kali.
  4. Selanjutnya membaca takbir sebanyak 3 kali secara bersama-sama bersama orang yang membantu menyembelih.
  5. Baca doa untuk menyembelih hewan qurban yaitu : “Allhauma hadzihi minka waalaika fataqabal mini ya karim”.
  6. Selesai berdoa potong leher hewan qurban dengan sekali gerakan agar hewan tidak tersiksa. Pastikan potong pada bagian urat kerongkongan dan urat nadi agar hewan bisa langsung mati. Gunakan pisau yang tajam dan bersih dari karat agar hewan tidak tersiksa atau merasakan sakit.

Setelah hewan qurban mati dengan sempurna maka segera lakukan pengulitan dan bagian dagingnya kepada yang berhak untuk menerima. Untuk kamu yang ingin berkurban harus paham niat qurban dan artinya ini serta bagaimana tata cara menyembelihnya.

Bagi kamu yang ingin berkurban tapi tidak ingin repot, bisa berkurban melalui kitabisa.com. Kami menyediakan pilihan hewan qurban kambing dan sapi. Kamu juga bisa memilih lokasi qurban yang sesuai dengan keinginan kamu.


Kamu bisa berqurban dengan mudah melalui Kitabisa. Selain transparan dan sesuai syariat, harga hewan qurban di Kitabisa juga sangat terjangkau. Yuk, qurban sekarang bersama ribuan OrangBaik lainnya.

qurban di kitabisa

Comments are closed.