Terkumpul donasi sebesar Rp 390 juta, bagaimana kondisi bayi Arif saat ini ?

Arif 1

(Foto: Kondisi bayi Arif)

Masih ingat dengan bayi Arif?

Bayi bernama lengkap Muhammad Zaenal Arifin ini lahir dengan kelainan jantung yang sempat mengancam nyawanya. Organ jantung (bilik kiri) bayi Arif sangat kecil dan tidak berfungsi sehingga kinerja jantung tidak optimal. Bahkan saluran pembuluh darah yang menghubungkan jantung untuk mensuplai oksigen dan darah itu tidak tumbuh sehingga menghambat sirkulasi atau suplai oksigen ke organ lain di tubuh mungilnya.

Kondisi ini membuat bayi Arif harus menjalani perawatan intensif dan beberapa kali operasi bedah jantung. Dokter menyarankan untuk mengambil tindakan operasi jantung yang dilakukan sebanyak 3 kali yakni pada usia sekarang, usia 6 Bulan sampai 1 tahun dan usia 4 tahun. Biaya operasi ini diperkirakan mencapai Rp 100.000.000 per 1 kali operasi, biaya ini belum termasuk biaya obat dan perawatan intensif yang harus dijalani bayi Arif.

Bayi Arif lahir dari keluarga sederhana, ayahnya merupakan seorang buruh harian lepas dengan penghasilan yang tidak menentu. Karena itulah Rumah Zakat menggalang donasi untuk membantu biaya operasi dan perawatan bayi Arif.

Arif 2

(Foto: Rumah keluarga bayi Arif)

Sejak dibuka kampanye donasi untuk bayi Arif di kitabisa.com dan sharinghappiness.org pada akhir bulan Februari lalu oleh Rumah Zakat, hingga saat ini telah terkumpul dana sebesar Rp 390 juta dengan rincian Rp 325 juta dari sharinghappiness.org dan Rp 65 juta dari kitabisa.com. Dana tersebut digunakan untuk membiayai pengobatan bayi Arif yang tidak sepenuhnya dicover oleh BPJS.

Arif 3

(Foto: Tim Rumah Zakat menyalurkan donasi untuk bayi Arif)

Bayi Arif telah menjalani operasi jantung tahap satu oleh tim dokter di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) Senin, (06/03). Secara keseluruhan operasi berjalan cukup lancar dan hingga kini kondisinya semakin membaik, dengan adanya tanda-tanda mulai siuman.

Arif 4(Foto: Kondisi bayi Arif pasca operasi)

Saat ini bayi Arif masih dirawat di RSCM di bawah penanganan dokter spesialis. Kondisi kesehatannya mulai membaik, jantungnya kini dapat berfungsi meskipun belum 100 persen normal. Organ tubuh bayi Arif terutama jantung sudah dapat mulai bekerja meskipun masih membutuhkan beberapa peralatan medis untuk menunjang kinerjanya. Pengobatan bayi Arif akan terus diusahakan hingga ia dapat hidup normal seperti bayi-bayi lainnya. Terima kasih orang baik atas zakat yang diberikan untuk kesembuhan bayi Arif.


*Bagi yang sibuk dan suka keluapaan zakat, yuk coba tengok Zaki, asisten berzakat via WhatsApp dari Kitabisa di zakat.kitabisa.com