Tipe-tipe Diabetes dan Penyebabnya yang Perlu Diketahui

Diabetes adalah penyakit yang terjadi ketika gula darah atau glukosa di dalam tubuh terlalu tinggi. Gula darah adalah sumber utama energi bagi tubuh yang sumbernya berasal dari makanan. Insulin, hormon yang dihasilkan oleh pankreas menjadi pengatur agar glukosa bisa sampai ke dalam sel dan dikonversi menjadi tenaga. 

Kadang, tubuh kita tidak memproduksi insulin dalam jumlah yang cukup atau tidak bisa memaksimalkan fungsi insulin. Akibatnya, gula tidak bisa mencapai sel seperti yang seharusnya dan menumpuk di dalam darah. Inilah yang kemudian didiagnosis oleh dokter sebagai diabetes.

 

Tipe-tipe Diabetes

tipe-tipe diabetes

Diabetes mellitus (perlu dibedakan dengan diabetes insipidus yang sama sekali tidak ada hubungannya dengan gula darah), terbagi menjadi 3 tipe. Apa saja?

  1. Diabetes Tipe 1

    Diabetes tipe 1 terjadi ketika tubuh tidak memproduksi insulin sama sekali. Ini disebabkan karena sistem kekebalan tubuh menyerang sel yang memproduksi insulin di dalam pankreas. Diabetes tipe 1 umumnya dialami oleh anak-anak hingga dewasa muda, meskipun sebenarnya semua orang bisa saja berisiko terserang diabetes tipe 1. Pasien dengan diabetes tipe 1 harus mendapatkan suntikan insulin setiap hari agar tubuhnya tetap bertahan.

  1. Diabetes Tipe 2

    Jika seseorang menderita diabetes tipe 2, tubuhnya memproduksi insulin namun tidak bisa menggunakannya dengan maksimal. Diabetes tipe 2 bisa menyerang siapa saja di segala lapisan usia, bahkan di masa kanak-kanak. Tapi kebanyakan kasus diabetes tipe 2 terjadi pada orang-orang dewasa paruh baya hingga lansia. Diabetes tipe 2 adalah tipe diabetes yang paling umum.

  1. Diabetes Gestasional

    Berbeda dengan 2 tipe diabetes sebelumnya, diabetes gestasional hanya terjadi pada wanita hamil. Kasus ini bahkan bisa terjadi meskipun seorang wanita tidak punya riwayat diabetes sebelum kehamilan. Meski bisa sembuh setelah melahirkan, namun wanita yang menderita diabetes saat hamil memiliki risiko lebih besar terkenal diabetes tipe 2 nantinya.

Baca juga:
Perjuangan Melawan Jenis Kanker Darah Akut ALL
Ketahui Jenis-jenis Kanker Darah dan Gejalanya

 

Penyebab Diabetes

penyebab diabetes

Diabetes adalah penyakit yang memiliki penyebab berbeda-beda, tergantung jenisnya. Apa saja faktor yang bisa menyebabkan penyakit ini terjadi berdasarkan tipe-tipe diabetes yang ada?

  1. Penyebab Diabetes Tipe 1

    Diabetes tipe 1 disebabkan oleh penyakit autoimun di mana sistem kekebalan tubuh menyerang sel yang sehat. Dalam hal ini sel yang diserang adalah sel yang memproduksi insulin. Faktor penyebabnya bisa karena genetik atau keturunan, bisa juga karena usia. Hasil penelitian bahkan menunjukkan bahwa orang-orang yang tinggal di garis ekuator memiliki risiko lebih tinggi terkena diabetes tipe 1.

  1. Penyebab Diabetes Tipe 2

    Diabetes tipe 2 disebabkan ketidakmampuan tubuh menggunakan insulin untuk mengubah energi. Kondisi ini juga dikenal dengan istilah resistensi insulin. Beberapa faktor penyebabnya antara lain metabolisme tubuh yang menurun hingga pola hidup dan makan yang salah.

  1. Penyebab Diabetes Gestasional

    Penyebab diabetes gestasional belum diketahui secara pasti. Namun banyak pakar kesehatan menyebut perubahan hormon selama kehamilan sebagai penyebabnya. Saat mengandung, tubuh banyak memproduksi hormon seperti estrogen dan HPL. Kedua hormone ini bisa menyebabkan tubuh jadi kebal terhadap insulin. Akibatnya, terjadi penumpukan gula di dalam darah.

Diabetes adalah penyakit yang memiliki risiko tinggi, terutama jika penderitanya tidak mendapatkan penanganan yang tepat. Jika kamu memiliki teman atau keluarga yang memerlukan bantuan pengobatan untuk sembuh dari diabetes, kamu bisa bantu mereka dengan galang dana di Kitabisa. Caranya, klik gambar di bawah ini.

galang dana di Kitabisa