Gaya Hidup

Tips Diet yang Baik dan Benar saat Puasa

Bagi sebagian muslim, ibadah puasa di bulan Ramadhan juga menjadi momen tepat untuk menurunkan berat badan, sehingga tubuh terlihat lebih fit saat Lebaran nanti. Sayangnya, tidak semua dari mereka menerapkan tips diet saat puasa dengan tepat.

Ya, tidak makan dan minum seharian bukan berarti kamu sedang berdiet, lho. Salah-salah, lemak bukannya turun tapi justru naik tajam. Nah, biar dietmu tak sia-sia, ikuti panduan dari ahli gizi berikut yuk.

 

Tips Diet Saat Puasa

  1. Kurangi Makanan dan Minuman Manis

    Gula memang sumber asupan yang sangat diperlukan tubuh untuk membangun energi, terlebih setelah seharian berpuasa. Namun, sebaiknya kamu juga membatasi makanan/minuman manis jika ingin sehat dan punya berat badan ideal.
    Ya, konsumsi gula berlebihan justru akan memicu terjadinya penumpukan lemak di tubuh. Akibatnya, berat badanmu akan naik tak terkendali. Bayangkan bagaimana jadinya jika kebiasaan makan makanan manis berlangsung tiap buka puasa selama sebulan penuh?

  2. Boleh Makan yang Manis, Asal…

    Tentu anjuran untuk menghindari gula bukan berarti kamu harus stop mengonsumsi makanan manis sama sekali. Tetap boleh, kok, asal harus diperhatikan porsi dan jenisnya. Pertama, hindari es teh atau makanan dan minuman kemasan yang kandungan gulanya sangat tinggi.
    Sebagai pengganti, coba konsumsi kurma. Selain manis, sehatnya juga dapat. Bonus berkah juga lho karena kurma termasuk buah yang sunah dikonsumsi saat berbuka puasa.

  3. Jangan Makan Berlebihan saat Berbuka

    Karena sudah menahan lapar dan haus seharian, kebanyakan orang jadi kalap dengan makan sebanyak mungkin sebagai ajang “balas dendam”. Es buah, kolak, es teh, nasi, sayur, ayam goreng, dan lain-lain, semua masuk ke mulut.
    Puasa memang bikin lapar, tapi kamu juga tetap harus mengontrol diri, ya. Jangan berlebihan makan saat berbuka. Selain mengganggu ibadahmu, kebiasaan ini juga tak baik untuk kesehatan.
    Ya, makan berlebihan akan membuat kolesterol meningkat sehingga kamu makin cepat gemuk. Tips diet saat puasa yang wajib diikuti tentu dengan mengatur pola makan. Lebih baik makan takjil secukupnya saat berbuka, baru makan berat usai shalat tarawih. Dengan cara ini, kamu takkan kalap karena “kelaparan”.

  4. Kurangi Makan Gorengan

    Gorengan dan makanan berlemak lain memang hidangan yang menggoda di bulan puasa. Makan sedikit tentu boleh, tapi karena kamu sedang dalam rangka berdiet, sebaiknya hindari kudapan berkolesterol tinggi semacam ini, ya.
    Ya, gorengan mengandung lemak jenuh berlebih yang bisa bikin tubuhmu makin gemuk karena penuh dengan kolesterol jahat, apalagi yang digoreng menggunakan minyak jelantah (bekas). Jadi, yuk kurangi jajan bakwan, risoles, tahu, dan tempe goreng mulai sekarang.

  5. Minum Banyak Air

    Meski sedang berpuasa, pastikan kebutuhan cairan harianmu tetap terpenuhi untuk menghindari dehidrasi. Caranya dengan memperbanyak minum air putih saat berbuka, malam hari setelah tarawih, dan sebelum tidur. Cara ini juga efektif membantu menurunkan berat badan, lho.

  6. Jangan Lupa Olahraga

    Kalau mau punya BB ideal, jangan lupa rajin olahraga meski sedang berpuasa. Aktivitas ini akan membantu memaksimalkan pembakaran lemak dalam tubuh, sehingga tubuhmu juga lebih sehat. Jalan kaki atau jogging di pagi hari bisa jadi pilihan olahraga yang pas saat puasa, lho.

Nah, itu dia beberapa tips diet saat puasa yang bisa kamu tiru. Semoga bermanfaat ya.


Lengkapi amalan dengan bersedekah. Kini, sedekah bisa dilakukan dengan mudah dan cepat lewat Kitabisa, klik gambar di bawah ini.

banner_donasi_sedekah

Recent Posts

<strong>Informasi Tentang Program Bingkisan Sehat Kitabisa</strong>

Informasi Tentang Program Bingkisan Sehat Kitabisa

Bingkisan Sehat adalah salah satu program dari Kitabisa yang men-support para Pejuang Sembuh melalui pemberian…

4 days ago
<strong>Merayakan Beragam Kebaikan di Festival Warga Bantu Warga</strong>

Merayakan Beragam Kebaikan di Festival Warga Bantu Warga

Merayakan Beragam Kebaikan di Festival Warga Bantu Warga Kamu tertarik datang ke Festival Warga Bantu…

1 week ago
<strong>Informasi Tentang Program Kita Danain Kampus</strong>

Informasi Tentang Program Kita Danain Kampus

Kampusmu memiliki berbagai program kegiatan sosial dan ingin berkolaborasi dengan Kitabisa? Jangan khawatir, Kitabisa siap…

1 week ago
Informasi Tentang Kado Donasi x Gopay

Informasi Tentang Kado Donasi x Gopay

Halo #OrangBaik, Kitabisa menghadirkan fitur baru untuk kamu yang ingin memberikan kado/hadiah kepada orang tersayang.…

1 week ago
Program Paket Data untuk UMKM Melek Digital

Program Paket Data untuk UMKM Melek Digital

Apa itu Program “Paket Data untuk UMKM Melek Digital”Sebuah program untuk membantu memberikan bantuan pembelian…

3 weeks ago
Voluntrip By Kitabisa

Voluntrip By Kitabisa

Apa itu Voluntrip? Voluntrip adalah program yang diadakan oleh Kitabisa untuk mewadahi masyarakat umum yang…

3 weeks ago