Zakat untuk Bantu Guru Ngaji Via #BisaZakatBantuGuru

Salurkan zakat melalui program #BisaZakatBantuGuru Kitabisa. Zakat akan disalurkan untuk bantu guru ngaji hidup lebih layak dan sebagai bentuk apresiasi.


 Zakat memiliki arti mengeluarkan sebagian harta dengan persyaratan tertentu untuk diberikan kepada kelompok tertentu, dengan persyaratan tertentu pula. Kewajiban zakat bagi umat Islam tertulis dalam Al Quran dan rukun Islam. Selain mendapatkan pahala karena menjalankan ibadah wajib, berzakat juga memberikan banyak hikmah. Zakat dapat membersihkan harta, mengurangi kesenjangan sosial, dan menjadi ungkapan rasa syukur atas nikmat yang diberikan oleh Allah SWT.

 

Golongan Penerima Zakat

Dalam Islam, terdapat ketentuan syari’at yang mewajibkan golongan penerima zakat. Hal inilah yang membedakan zakat dengan infaq dan sedekah, karena pada zakat penerima dari harta yang diberikan telah memiliki ketentuan tersendiri. 

Ketentuan terkait golongan penerima zakat tertulis dalam Al Quran surat At-Taubah ayat 60, yang berbunyi:

إِنَّمَا ٱلصَّدَقَٰتُ لِلْفُقَرَآءِ وَٱلْمَسَٰكِينِ وَٱلْعَٰمِلِينَ عَلَيْهَا وَٱلْمُؤَلَّفَةِ قُلُوبُهُمْ وَفِى ٱلرِّقَابِ وَٱلْغَٰرِمِينَ وَفِى سَبِيلِ ٱللَّهِ وَٱبْنِ ٱلسَّبِيلِ ۖ فَرِيضَةً مِّنَ ٱللَّهِ ۗ وَٱللَّهُ عَلِيمٌ حَكِيمٌ

Artinya: “Sesungguhnya, zakat-zakat itu hanyalah untuk orang-orang fakir, orang-orang miskin, pengurus-pengurus zakat, para muallaf yang dibujuk hatinya, untuk (memerdekakan) budak, orang-orang yang berutang, fi sabilillah, ibnu sabil, sebagai ketetapan yang diwajibkan Allah, dan Allah Maha Mengetahui lagi Maha Bijaksana.”

 

Zakat untuk Bantu Guru Ngaji

Guru adalah seseorang yang berjasa dalam pendidikan anak-anak. Tidak hanya mengajar, para guru juga menjadi sumber keteladanan muridnya. Contohnya adalah guru ngaji yang memberikan pengetahuan mengaji dan ilmu-ilmu agama. Sayangnya, banyak guru ngaji yang hidup kurang layak karena memiliki upah terbatas. Terlebih, para guru ngaji yang berada di daerah pelosok dan terpencil di Indonesia.

Tak sedikit dari guru ngaji di pedalaman yang harus menempuh jarak yang cukup jauh agar sampai ke tempat mengajar. Belum lagi kondisi jalan yang menyulitkan mereka untuk sampai di sana. Di balik semua perjuangan untuk mengajarkan anak-anak didiknya, guru ngaji tetap ikhlas dalam mengajarkan kebaikan. Sebagian dari mereka bahkan mengabdi menjadi guru ngaji tanpa dibayar.

#BisaZakatBantuGuru di Kitabisa

Melihat kondisi guru ngaji yang telah berjasa dalam memberikan pengetahuan agama pada anak-anak, Kitabisa membuat program #BisaZakatBantuGuru untuk bantu mereka hidup lebih layak. Program zakat ini juga menjadi bentuk apresiasi kepada guru yang telah memberikan jasanya membangun anak-anak berilmu agama. 

Salurkan zakatmu melalui program #BisaZakatGuru untuk guru ngaji di Kitabisa. Bayar zakat sekarang dengan klik di sini.