Ramadhan

4 Materi Kultum Ramadhan untuk Memperdalam Keislaman

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr

Bulan Ramadhan merupakan waktu dimana kita sebagai umat Muslim melaksanakan ibadah wajib puasa Ramadhan. Selain aktivitas sahur serta puasa yang lazim dilaksanakan pada bulan Ramadhan, kultum juga menjadi salah satu hal yang selalu ada setiap Ramadhan. Kultum dapat ditemukan beberapa menit menjelang waktu berbuka atau setelah tarawih maupun setelah sholat subuh berjamaah.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia daring, kultum merupakan ceramah agama yang durasinya tujuh menit dan biasanya diberikan setelah shalat berjamaah atau menjelang berbuka puasa di bulan Ramadhan. Kultum kemudian disebut orang dengan sebutan ceramah singkat yang hanya membahas sedikit hal tentang permasalahan seputar agama atau hanya sekadar pengingat agar orang tidak lalai pada masalah agama.

 

Materi Kultum di Bulan Ramadhan

Banyak materi seputar Ramadhan yang disampaikan di dalam kultum, materi lain diluar ramadhan juga sering diangkat untuk menjadi bahan kultum. Berikut di bawah ini merupakan beberapa materi kultum yang sering disampaikan di bulan Ramadhan ini.

  1. Keutamaan Puasa Ramadhan

4 Materi Kultum Ramadhan untuk Memperdalam Keislaman

Tema kultum ini sering sekali disampaikan pada saat bulan Ramadhan karena memang banyak keutamaan yang didapatkan dari berpuasa pada bulan Ramadhan, seperti halnya puasa dapat meningkatkan ketaatan karena ibadah puasa di bulan Ramahdan merupakan sesuatu hal yang wajib dilaksanakan sesuai firman Allah dalam surah Al-Baqarah ayat 183. Orang yang berpuasa juga akan mendapat ampunan dari Allah serta pahala yang besar. Puasa juga berfungsi sebagai tameng (perisai) dari api neraka, sebagaimana Rasulullah SAW bersabda: “Puasa itu perisa/penangkal dari api neraka seperti perisai bagi salah seorang kalian dari perang.” (HR. Ahmad)

 

  1. Lailatul Qadar

4 Materi Kultum Ramadhan untuk Memperdalam Keislaman

Tema kultum ramadhan tentang lailatul qadar ini juga menjadi salah satu bahasan pokok yang wajib ada setiap ramadhan. Lailatul qadar merupakan malam rahmat dan keberkahan. Amalan ibadah dan amalan baik yang dikerjakan pada malam lailatul qadar nilainya lebih baik daripada amalan baik yang dikerjakan pada seribu bulan. Banyak perdebatan yang terjadi diantara para ulama dalam penentuan malam lailatul qadar sendiri. Namun, mayoritas ulama berpendapat bahwa lailatul qadar terdapat pada 10 malam terakhir di bulan Ramadhan.

 

  1. Zakat

4 Materi Kultum Ramadhan untuk Memperdalam Keislaman

Tema kultum ini juga tidak akan pernah lepas selama bulan Ramadhan. Zakat merupakan salah satu rukun Islam yang wajib dilaksanakan oleh umat Muslim satu hari sebelum hari raya tiba. Setiap muslim wajib membayar zakat fitrah untuk dirinya dan tanggungannya sebanyak satu sha’ atau sebesar 2.5 kg dari bahan makanan pokok yang berlaku di daerah masing-masing. Zakat fitrah tidak boleh dibayarkan setelah sholat Ied karena zakat hanya akan menjadi sedekah biasa berdasarkan hadits berikut, “Barangsiapa yang mengeluarkannya sebelum shalat Ied maka zakatnya diterima, dan barangsiapa yang membayarkannya setelah sholat Ied, maka ia adalah sedekah biasa.” (HR. Abu Daud dan Ibnu Majah)

 

  1. Sedekah di Bulan Ramadhan

4 Materi Kultum Ramadhan untuk Memperdalam Keislaman

Sedekah pada bulan Ramadhan juga sering diangkat menjadi tema kultum pada bulan yang penuh berkah itu. Ibadah sedekah hukumnya sunnah dan tidak wajib seperti zakat fitrah. Namun, pelaksanaan sedekah pada bulan Ramadhan tentunya akan melipatgandakan pahala yang didapatkan lebih dari bulan-bulan lain selain bulan Ramadhan. Dari sekian banyak amalan Ramadhan, salah satu amalan yang tidak luput dikerjakan oleh Rasulullah saw. adalah memperbanyak sedekah. Dari Ibnu Abbas, ia berkata: “Nabi SAW adalah orang yang paling dermawan, dan beliau lebih dermawan pada bulan Ramadhan, saat beliau SAW ditemui Jibril untuk membacakan kepadanya Al-Quran. Jibril menemui beliau SAW setiap malam pada bulan Ramadhan, lalu membacakan kepadanya Al-Quran. Rasulullah SAW ketika ditemui Jibril lebih dermawan dalam kebaikan daripada angin yang berhembus.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Ditulis Oleh: Ray


Menjelang Ramadhan ini, membayarkan zakat ataupun bersedekah bukan menjadi hal yang sulit lagi karena semua itu dapat kamu lakukan secara online melalui website Kitabisa atau melalui aplikasi Kitabisa. Berbagi dalam bentuk sedekah tentu akan sangat membantu saudara-saudara kita yang kurang beruntung. Ayo mulai sedekah!

banner_donasi_sedekah

Comments are closed.