5 Keutamaan Puasa Rajab

Tidak terasa kita semakin dekat dengan bulan yang ditunggu-tunggu oleh seluruh umat muslim di seluruh dunia, yaitu bulan Ramadhan. Ada banyak cara yang bisa kita lakukan untuk melengkapi atau menyempurnakan ibadah di bulan Rajab, sambil menanti datangnya bulan suci Ramadhan. Salah satu amalan yang bisa kita lakukan adalah berpuasa Rajab dan bersedekah.

 

Penyempuranaan Puasa Rajab

5 Keutamaan Puasa Rajab

Sebelum memasuki bulan suci Ramadhan dalam beberapa bulan kedepan ini, saat ini kita telah memasuki salah satu bulan yang mulia juga yaitu bulan Rajab. Bulan Rajab merupakan bulan ketujuh berdasarkan kalender bulan Islam. Bulan Rajab ini juga memiliki keutamaannya tersendiri bila dilakukan amalan-amalan baik di dalamnya seperti beribadah, berpuasa, serta bersedekah. Berpuasa pada bulan Rajab juga dapat membersihkan dosa kita seperti sabda Rasulullah saw berikut: “Berpuasa pada hari pertama bulan Rajab menghapus puasa dosa selama tiga tahun, berpuasa pada hari kedua menghapus dosa selama dua tahun, berpuasa pada hari ketiga menghapus dosa selama setahun, kemudian untuk setiap harinya selama sebulan.”(HR. Al Khilal dalam Fadhoil Syahrur Rojab).

 

Keutamaan Berpuasa di Bulan Rajab

5 Keutamaan Puasa Rajab

Seperti halnya puasa Ramadhan, puasa Rajab juga memiliki keutamaannya sendiri karena bulan Rajab juga termasuk bulan yang mulia dimana perang dilarang dilakukan pada saat bulan ini, di bawah ini merupakan beberapa keutamaan berpuasa di bulan Rajab seperti.

  1. Berpuasa sehari dalam bulan Rajab akan mendapatkan surga tertinggi yaitu surga Firdaus.
  2. Berpuasa dua hari dalam bulan Rajab akan diampuni dosa selama dua tahun.
  3. Puasa ketiga di bulan Rajab akan diampuni dosa selama setahun, serta puasa seterusnya dalam bulan Rajab akan diampuni dosanya selama sebulan.
  4. Berpuasa di bulan Rajab hukumnya sunnah.
  5. Berpuasa di bulan Rajab sama dengan berpuasa di bulan yang mulia.

 

Niat Puasa Rajab

5 Keutamaan Puasa Rajab

Berikut ini merupakan niat yang dilafadzkan pada malam hari sebelum menjalankan puasa di siang hari,

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ أَدَاءِ سُنَّةِ رَجَبَ لِلهِ تَعَالَى

Nawaitu shauma ghadin ‘an ada’I sunnati Rajaba lillahi ta’alaa

Artinya: “Aku berniat puasa sunnah Rajab esok hari karena Allah SWT.”

Selain keutamaan yang didapatkan dalam berpuasa di bulan Rajab ini, bersedekah juga memiliki keutamaannya sendiri. Siapa yang bersedekah dalam bulan Rajab seperti bersedekah seribu dinar.

Ditulis Oleh: Ray


Kamu dapat menyempurnakan amalanmu di bulan Rajab ini dengan mulai bersedekah secara online melalui Kitabisa  Amalan baik yang dilakukan pada bulan Rajab ini senantiasa akan menjadi sebuah pelatihan sebelum menuju ke bulan suci Ramadhan. 

banner_donasi_sedekah