Kesehatan

5 Makanan Penyebab Tumor Otak yang Perlu Diwaspadai

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr

Tumor otak terjadi karena adanya pertumbuhan jaringan yang tidak normal di sekitar otak. Meski belum diketahui secara pasti penyebab dari penyakit ini, banyak yang menyebutkan bahwa penyebab tumor otak adalah perubahan genetik pada sel di jaringan otak. Perubahan tersebut menyebabkan sel tumbuh tanpa terkendali dan tidak normal.

 

Faktor Penyebab Tumor Otak

5 Makanan Penyebab Tumor Otak yang Perlu Diwaspadai

Penyebab tumor otak secara pasti memang belum diketahui. Namun, terdapat beberapa faktor yang dapat meningkatkan risiko munculnya penyakit tersebut. Beberapa faktor tersebut antara lain:

  1. Radiasi

    Orang yang terlalu sering terkena paparan radiasi memiliki risiko yang lebih tinggi terserang penyakit tumor otak. Paparan radiasi yang utama salah satunya dari alat radioterapi untuk pengobatan kanker.

  2. Keturunan

    Faktor keturunan memiliki risiko tinggi munculnya penyakit tumor otak. Orang-orang yang memiliki anggota keluarga pernah mengalami tumor otak, kemungkinan besar akan mengalaminya juga.

  3. Usia

    Beberapa jenis penyakit tumor otak terjadi pada usia tertentu. Salah satunya adalah tumor otak jenis medulloblastoma atau germ cell tumor yang paling sering diderita oleh anak-anak.

Baca juga:
Makanan Pembunuh Kanker dan Tumor yang Diderita Devy
Hidrosefalus Dapat Dipicu Tumor Otak

 

Makanan Penyebab Tumor Otak

Selain faktor risiko yang tersebut di atas, asupan makanan juga menjadi pemicu timbulnya penyakit tumor otak. Lalu, apa saja jenis makanan yang memicu tumor otak?

  1. Popcorn Instan

    5 Makanan Penyebab Tumor Otak yang Perlu DiwaspadaiKantong popcorn instan dilapisi dengan bahan kimia, yaitu asam perfluorooctanoic (PFOA). Bahan tersebut mengandung zat karsinogen yang menjadi pemicu tumor otak. Selain itu, bahan kimia diacetyl juga yang terkandung dalam popcorn juga dapat menyebabkan kerusakan  paru-paru dan kanker.

  2. Minuman Berkarbonasi

    5 Makanan Penyebab Tumor Otak yang Perlu DiwaspadaiDalam minum bersoda terdapat bahan kimia 4-methylimidazole yang dapat memicu tumbuhnya penyakit kanker.  Selain mengandung pengawet, minuman berkarbonasi juga cenderung memiliki kadar gula yang tinggi serta pewarna sehingga meningkatkan tingkat keasaman tubuh dan menyuburkan sel-sel kanker. 

  3. Alkohol

    5 Makanan Penyebab Tumor Otak yang Perlu DiwaspadaiMinuman atau makanan yang mengandung alkohol dapat menimbulkan beberapa jenis kanker seperti kanker mulut, kanker laring, kanker payudara, kanker hati, termasuk kanker otak. Jika dikonsumsi dengan tingkat yang cukup banyak alkohol dapat menyebabkan tumor otak.

  4. Makanan yang Terkontaminasi

    5 Makanan Penyebab Tumor Otak yang Perlu DiwaspadaiOlahan makanan yang terkontaminasi limbah seperti dan telur mengandung dioksin yang berhubungan dengan penyakit kanker hati, kanker tiroid dan kanker saluran cerna. Dioksin dapat mudah ditemukan pada makanan yang terkontaminasi limbah medis, limbah kota, peleburan logam, serta manufaktur kimia. Beberapa penelitian menyebutkan bahwa daging dan telur yang terkontaminasi limbah dapat dengan mudah meningkatkan risiko tumor otak.

  5. Makanan yang Digoreng dan Dibakar

    5 Makanan Penyebab Tumor Otak yang Perlu DiwaspadaiJenis makanan yang digoreng memiliki kadar lemak lebih tinggi yang berasal dari minyak. Makanan yang dibakar juga kurang baik untuk tubuh karena mengandung zat karsinogen yang memicu timbulnya penyakit tumor otak. Penelitian menyebutkan bahwa zat tersebut dapat menimbulkan kanker lambung, kanker paru-paru, kanker rahim, hingga tumor otak.


Mulailah terapkan pola hidup sehat dengan membatasi konsumsi makanan di atas. Cegah penyebab tumor otak mulai dari sekarang!


Kamu bisa bantu mereka yang membutuhkan biaya pengobatan dengan cara berdonasi di Kitabisa. Untuk berdonasi, klik gambar di bawah ini!

banner_donasi_biaya_pengobatan

Comments are closed.