Zakat

5 Tips Bayar Zakat Online

Ambillah zakat dari sebagian harta mereka, dengan zakat itu kamu membersihkan dan mensucikan mereka” (QS. At Taubah: 103)

Sudah menjadi kewajiban kita sebagai manusia untuk saling berbagi dengan sesama, salah satunya adalah dengan beramal atau berdonasi. Terlebih pada Bulan Ramadan, semua orang berlomba-lomba dalam kebaikan, tidak hanya dalam beribadah saja, tapi juga dalam amalan ibadah lainnya, salah satunya beramal.

Dengan kemajuan teknologi yang semakin hari semakin pesat, kini, untuk urusan beramal pun dimudahkan dengan hadirnya aplikasi donasi dan zakat online yang bisa diunduh pada ponsel dengan metode pembayaran online. Tertarik mencobanya? Simak ulasan dari beberapa aplikasi untuk beramal online di bawah ini berikut tipsnya.

Tips Zakat Online via Aplikasi Ponsel

5 Tip Bayar Zakat Online

Simak tips beramal online berikut agar lebih aman.

  1. Kenali Lembaga Penyedia Aplikasi

Hal pertama yang bisa dilakukan adalah mengecek kredibilitas dari lembaga penyedia atau pembuat dari aplikasi donasi dan zakat online. Anda bisa mengecek nama dari lembaga tersebut di internet, apakah lembaga yang bergerak di bidang zakat dan donasi tersebut terpercaya atau tidak. Lihat juga track record dari lembaga tersebut di internet melalui testimoni orang-orang yang telah berdonasi di lembaga tersebut. Lembaga yang kredibel biasanya sudah mempunyai website resmi sendiri

  1. Pastikan Keaslian Aplikasi

Pastikan juga bahwa aplikasi yang diunduh aman dan dan asli. Aplikasi asli biasanya diunduh dari website resmi lembaga penyedia atau lewat toko resmi dari sistem operasi ponsel, seperti Playstore, App Store, Blackberry World dan Windows Store.

Hal ini dilakukan karena banyak aplikasi palsu yang mirip dengan aplikasi aslinya. Aplikasi palsu ini tentunya sangat merugikan karena biasanya mengandung virus atau spyware. Selain dapat mencuri informasi pribadi milik Anda seperti nomer rekening dan lain sebagainya, dana yang akan didonasikan juga ada kemungkinan tidak akan tersalurkan.

  1. Perhatikan Rekening Penghimpun Dana

Perhatikan nama pemilik rekening penghimpun dana yang akan Anda kirimi uang, apakah atas nama pribadi atau lembaga. Rekening atas nama lembaga lebih bisa dipercaya ketimbang atas nama pribadi. Hal ini karena banyak kasus penipuan donasi online yang menggunakan rekening atas nama pribadi.

  1. Cek Tujuan Penyaluran Dana

Anda tentunya ingin tahu kemana perginya dana yang sudah didonasikan, apakah sudah digunakan sebagaimana mestinya atau tidak. Pada beberapa aplikasi untuk donasi dan zakat online sudah tersedia informasi pendayagunaan dari dana yang terkumpul.

  1. Laporkan Jika Terjadi Hal yang Mencurigakan

Jika merasa ada hal mencurigakan dalam prosedur pembayaran zakat atau donasi online, namun sudah terlanjur mengirimkan sejumlah dana, maka segera laporkan hal tersebut ke bank Anda. Jangan menunggu lama, hal ini dilakukan untuk langkah antisipasi akan kejadian yang tidak diinginkan. Jika ada transaksi yang tidak diinginkan, maka pihak bank bisa langsung memblokir rekening.

 

Beramal Lewat Aplikasi Online Sangat Memberi Kemudahan

Sudah tidak perlu dipungkiri bahwa hadirnya aplikasi yang menyediakan fitur donasi dan zakat via online sangat memudahkan untuk beramal. Tinggal luruskan niat Anda untuk beramal, baik itu sedekah maupun zakat. Usahakan Perbanyak sedekah di bulan suci ini agar pahalanya berlipat ganda dan hidup menjadi berkah.

Zakat Online Tepat Sasaran

5 Tip Bayar Zakat Online

Berzakat sebaiknya tepat sasaran. Dalam Surat At Taubah:60 dijelaskan bahwa ada 8 (delapan) orang yang berhak menerima zakat antara lain Fakir, Miskin, Amil, Riqab, Gharim, Mualaf, Fissabillillah, dan Ibnu Sabil. Di Indonesia, delapan golongan orang ini bukan hanya terdapat di satu daerah saja, tetapi juga dari Barat Pulau Sumatera sana sampai dengan Timur Papua. Jika kita bisa membantu mereka yang ada di dekat kita, lalu bagaimana dengan Sahabat kita yang ada di Timur dan Barat sana?

Zakat Online dengan Kitabisa

5 Tip Bayar Zakat Online

RQV Indonesia Lembaga Nasional Sosial Keagamaan dan Kemanusiaan yang berfokus di bidang pendidikan Tahfidz Al-Qur’an, bekerja sama dengan zakatHub dalam pengelolaan zakat dari masyarakat dengan menjalankannya secara professional, amanah, berjangkauan luas untuk membangun pendidikan tahfidzul Quran berkarakter untuk seluruh masyarakat yang berhak menerimanya melalui program  pengiriman 735 duta dakwah untuk tepian negeri.

Ditulis Oleh: Ageng Wuri


Bersihkan harta dengan zakat yang mudah dan cepat, kapan saja ke lembaga dan program zakat terpercaya via Kitabisa. Lewat Kitabisa.com, pembayaran zakat bisa dilakukan dengan cara yang sederhana. Anda hanya perlu kunjungi zakat.kitabisa.com untuk membayarkan zakat!

Zakat Kitabisa

Comments are closed.

Qurban Online Kitabisa