Qurban

6 Surah dan Hadits Keutamaan Qurban Bagi Umat Muslim

Ibadah qurban hukumnya sunnah muakkad yang artinya sunnah yang dikuatkan dan disarankan. Bahkan ada beberapa surah dan hadis keutamaan qurban yang sebagian besar merupakan hadits sahih. Dimana qurban berasal dari bahan Arab yang berarti dekat, kini diartikan mendekatkan diri pada Allah SWT.

Banyak sekali dalil keutamaan qurban, bahkan memberikan pengertian siapa yang wajib qurban. Pasalnya banyak orang memaksakan diri untuk qurban dengan dalih menyempurnakan keislaman dan sesuai ajaran islam. 

 

Pahami 6 Surah dan Hadits Keutamaan Qurban

Maka dari itu, sebaiknya pahami terlebih dahulu surah dan dalil tentang qurban. Sehingga tahu dan paham, bagaimana cara menjalankan ibadah dengan tepat. 

Bahkan beberapa hadits menjelaskan ajaran qurban lebih menyeluruh hingga tata caranya secara lengkap.

  1. Surah Al Kautsar dan Surah Al Hajj Tentang Seruan Qurban

    Dalam al-Quran sudah dijelaskan, Allah SWT menyerukan seluruh umat islam untuk berqurban. Hal ini secara jelas dijabarkan dalam surah al kautsar ayat 2 yang artinya dirikanlah shalat karena Tuhanmu dan berqurbanlah. Ini menjelaskan jika selain shalat, Allah SWT menyerukan untuk qurban sebagai bentuk rasa bersyukur.

    Hal ini dipertegas pada surah All Hajj ayat 34 yang artinya dimana telah disyariatkan untuk penyembelihan hewan qurban dengan menyebutkan nama Allah dan syiarkan kabar gembira ini pada sesama. Pada ayat tersebut menekankan bahwasanya, penyembelihan hewan qurban harus menyebutkan nama Allah dan mengabarkan pada kaum muslim sekitarnya.

  2. Hadist HR. Tirmidzi, Al Hakim dan Ibnu Majah Tentang Keutamaan Qurban

    Bahkan dijelaskan hikmah dan keutamaan qurban yang termasuk dalam amal salih yang diutamakan., bahkan jadi disenangi Allah SWT, karena dapat menyenangkan sesama umat muslim.Sesuai dengan hadist Rasul yang diriwayatkan oleh HR. Trimidzi, Al Hakim dan Ibnu Majah.

    Rasulullah bersabda yang artinya tidak ada amalan baik yang bisa dilakukan anak adam (manusia) yang lebih utama pada hari Idul Adha selain menyembelih hewan qurban. Dimana nantinya perbuatan ini akan menyenangkan dirimu dan orang di sekitarmu.

    Qurban bukan hanya amalan baik untuk diri sendiri dan sebagai wujud patuh pada Allah SWT, namun juga bisa memberikan kebahagiaan pada orang lain karena membagikan sebagian daging qurban.

  3. Hadist HR. Ibnu Majah 3123 dan Al Hakim 7672 Tentang Hukum Qurban

    Ada beberapa pendapat ulama yang menyatakan hukumnya berqurban, hal ini merujuk pada beberapa hadis tentang qurban yang sahih dan banyak dijadikan rujukan. Seperti Hadis HR. Ibnu Majah 3123 dan Al Hakim 7672 yang menjelaskan hukumnya wajib qurban bagi yang mampu.

    Hadist yang artinya bagi yang sudah mampu maka sebaiknya berkurban tapi bagi yang sudah mampu namun tidak berqurban maka diharamkan untuk mendekati tempat shalat (tempat ibadah umat islam).

  4. Surah Al Hajj Tentang Hewan yang Boleh Diqurbankan

    Banyak juga yang memperdebatkan hewan apa yang diperbolehkan untuk qurban, umumnya di Indonesia biasanya digunakan kambing dan sapi. Dimana dalil hikmah qurban dan ketentuan sesuai surah Al Hajj ayat 34 menerangkan ketentuan hewan qurban adalah Bahiimatul Al An’am atau hewan ternak tertentu.

    Surah Al Hajj ayat 34 artinya bagi setiap umat muslim dituntun untuk qurban sebagai pengingat pada Allah, dengan ketentuan hewan ternak atau masuk kalangan Bahiimatul Al An’am. Bahkan tegaskan, hanya hewan tersebut yang boleh diqurbankan.

  5. Hadist HR. Tirmidzi Tentang Qurban Satu Keluarga

    Apakah boleh qurban untuk satu keluarga? Ternyata ada kisah hikmah tentang qurban dan ada juga hadits yang membahas tentang qurban untuk satu keluarga. Diriwayatkan oleh HR. Tirmidzi dan dinilai sahih yang artinya Rasulullah pernah berqurban untuk dirinya dan keluarga dengan seekor kambing.

    Hal ini tentu mematahkan anggapan, jika seekor kambing hanya untuk satu orang saja. Inilah kemuliaan Allah, dimana mengizinkan qurban untuk satu keluarga dna tidak dibatasi. Namun ini berbeda ketentuan dengan hewan lainnya, seperti sapi.

  6. Hadits Shahih Ibnu Majah 2536 dan Al Wajiz 406 Tentang Ketentuan Sapi dan Unta

    Bagaimana ketentuan qurban untuk hewan ukuran besar seperti sapi atau unta, ternyata ada hadits tentang qurban sapi yang menerangkan pembagiannya. Dimana disebutkan jika seekor sapi bisa untuk qurban 7 orang, sedangkan seekor unta bisa untuk qurban 10 orang.

    Ini sesuai dengan hadis sahih Ibnu Majah 2536 dan Al Wajiz 406 yang artinya Rasulullah pernah bersabda, saat Idul Adha maka dipersilahkan untuk menyembelih unta untuk 10 orang dan sapi untuk 7 orang. Kitabisa memberikan kemudahan qurban untuk kamu sehingga tidak perlu mencari hewan yang sesuai untuk qurban.

Sudah jelas bukan ketentuan hadits tentang keutamaan qurban, bahkan kini berqurban jadi lebih mudah di Kitabisa, kamu bisa bebas tentukan hewan qurban yang diinginkan. Caranya sangat mudah, tinggal tentukan apa yang kamu inginkan dan qurban dilakukan sesuai syariat islam.


Qurban online dengan mudah melalui Kitabisa. Selain transparan dan sesuai syariat, harga hewan qurban di Kitabisa juga sangat terjangkau. Yuk, qurban sekarang bersama ribuan OrangBaik lainnya.

Qurban Online

Comments are closed.