Ramadhan

7 Amalan Pelebur Dosa yang Dapat Dikerjakan Saat Bulan Ramadhan

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr

Allah SWT menjadikan Bulan Ramadhan sebagai bulan yang istimewa. Umat Islam memperoleh kesempatan untuk mendapatkan pengampunan atas segala dosa yang telah diperbuat. Apalagi, cara untuk memperoleh pengampunan itu tidak terlalu sulit. Kamu hanya perlu menjalankan amalan ibadah tertentu di bulan ini.

Lalu, amalan apa saja yang bisa dikerjakan untuk menghapus dosa-dosa yang telah diperbuat? Berikut ini adalah 7 amalan tersebut:

  1. Puasa Ramadhan

7 Amalan Pelebur Dosa yang Dapat Dikerjakan Saat Bulan Ramadhan

Puasa yang menjadi amalan wajib saat Bulan Ramadhan menjadi ibadah penghapus dosa pertama. Apalagi, ketika puasa tersebut dijalankan semata-mata karena bentuk keimanan kepada Allah. Rasulullah SAW memberikan jaminan bahwa dosa-dosa terdahulu bakal diampuni oleh Allah.

  1. Salat tarawih

7 Amalan Pelebur Dosa yang Dapat Dikerjakan Saat Bulan Ramadhan

Amalan berikutnya yang bisa dijalankan untuk menghapus dosa ketika Bulan Ramadhan adalah salat tarawih. Berbeda dengan puasa, salat tarawih hukumnya sunah dan boleh tidak dikerjakan. Namun, seorang muslim yang tak menjalankan salat tarawih ketika Ramadhan, bisa dipastikan bakal merugi. Apalagi, selain menghapus dosa, tarawih juga merupakan ibadah dengan pahala yang begitu besar.

  1. Qiyamul lail saat lailatul qadar

7 Amalan Pelebur Dosa yang Dapat Dikerjakan Saat Bulan Ramadhan

Bulan Ramadhan juga dikenal sebagai bulan istimewa karena di dalamnya terdapat lailatul qadar. Setiap muslim berkesempatan untuk mendapatkan pengampunan dari Allah ketika melaksanakan salat pada malam seribu bulan ini. Di waktu yang sama, amalan pada lailatul qadar juga memberikan pahala yang beribu kali lipat lebih banyak.

  1. Zakat fitrah

7 Amalan Pelebur Dosa yang Dapat Dikerjakan Saat Bulan Ramadhan

Zakat fitrah yang dibayarkan sebelum Idulfitri juga bisa menjadi pelebur dosa bagi seorang muslim. Rasulullah SAW mengatakan bahwa zakat fitrah merupakan sarana penyuci bagi setiap muslim. Hanya saja, pembayaran zakat fitrah harus diperhatikan dengan seksama, sebelum pelaksanaan salat Idulfitri.

 

  1. I’tikaf

7 Amalan Pelebur Dosa yang Dapat Dikerjakan Saat Bulan Ramadhan

I’tikaf atau berdiam diri di dalam masjid dengan tujuan beribadah kepada Allah juga bisa menjadi sarana menghapus segala dosa. Ketika melaksanakan i’tikaf, seorang muslim bisa mengisinya dengan bacaan zikir dan ibadah lain. Rasulullah semasa hidupnya, secara khusus rutin melakukan i’tikaf pada 10 hari terakhir pada Bulan Ramadhan.

  1. Memperbanyak sujud

7 Amalan Pelebur Dosa yang Dapat Dikerjakan Saat Bulan Ramadhan

Memperbanyak sujud saat Bulan Ramadhan juga bisa menjadi sarana untuk menghapus dosa-dosa terdahulu. Oleh karena itu, ketika memasuki bulan suci Ramadhan, umat Islam dianjurkan untuk memperbanyak waktu menjalankan salat. Tidak hanya salat wajib 5 waktu, tetapi juga salat sunah.

Salat sunah yang bisa dikerjakan juga begitu banyak, dan dapat dilakukan sepanjang waktu. Ketika pagi hari, ada salat fajar dan salat dhuha. Selain itu, ada pula salat tahajud, witir, ataupun salat sunah lain yang dapat dikerjakan ketika memasuki waktu malam.

Baca juga:
Persiapan Menuju Awal Puasa Ramadhan
Pengertian, Hikmah, dan Macam-macam Zakat

 

  1. Sedekah

7 Amalan Pelebur Dosa yang Dapat Dikerjakan Saat Bulan Ramadhan

Cara selanjutnya yang dapat digunakan untuk menghapus dosa-dosa terdahulu ketika memasuki Bulan Ramadhan adalah dengan banyak bersedekah. Apalagi, ketika sedekah tersebut dilakukan dengan ikhas dan semata-mata mengharapkan ridha Allah SWT.

Di waktu yang sama, bersedekah kepada orang yang berpuasa juga memberikan pahala yang berlipat. Seorang muslim yang bersedekah di Bulan Ramadhan tak hanya mendapatkan pahala bersedekah. Di waktu yang sama, dia juga memperoleh pahala puasa dari orang berpuasa yang menerima sedekahnya, tanpa mengurangi pahala orang tersebut.

Itulah 7 amalan penghapus dosa yang bisa dikerjakan selama memasuki Bulan Ramadhan. Semoga Allah memberi usia yang cukup sehingga kita bisa mendapatkan keutamaan Ramadhan.


Cara bersedekah di Bulan Ramadhan juga begitu gampang. Kamu tak perlu menyalurkan sedekah ataupun zakat secara langsung ke panti asuhan ataupun orang-orang yang membutuhkan. Dengan layanan dari Kitabisa, kamu bisa bersedekah ke anak yatim, kaum dhuafa, serta mereka yang membutuhkan uluran tangan dengan begitu mudah. Kamu bisa melakukannya cukup dengan menggunakan smartphone.banner_donasi_sedekah

Comments

comments

Comments are closed.

Show Buttons
Hide Buttons