7 Hikmah Ramadhan yang Wajib Diketahui oleh Setiap Muslim

Kedatangan Bulan Ramadhan selalu disambut dengan kegembiraan oleh umat Islam, tak hanya di Indonesia tetapi juga di berbagai negara. Kegembiraan dalam menyambut Bulan Ramadhan begitu lumrah, karena bulan ini merupakan bulan yang istimewa. Oleh karena itu, banyak umat Islam yang berlomba-lomba beribadah untuk mendapatkan hikmah Ramadhan.

Pada Bulan Ramadhan, umat Islam diwajibkan untuk melaksanakan ibadah puasa. Di waktu yang sama, Rasulullah juga mengajak para muslim untuk memperbanyak amalan di bulan yang suci ini. Semua itu perlu dilakukan untuk memperoleh hikmah Ramadhan.

Lalu, apa saja yang termasuk dalam hikmah Bulan Ramadhan? Ada cukup banyak hikmah yang bisa diperoleh, termasuk di antaranya adalah:

  • Bulan diturunkannya Alquran

7 Hikmah Ramadhan yang Wajib Diketahui oleh Setiap Muslim

Bulan Ramadhan menjadi bulan yang istimewa karena bulan ini merupakan momen turunnya ayat Alquran. Hal ini tertuang dalam Surat Al Baqarah ayat 185. Dalam ayat tersebut, Allah SWT menyebutkan bahwa turunnya Alquran bertujuan sebagai petunjuk serta pembeda antara yang benar dengan batil.

  • Momen pembukaan pintu surga dan penutupan pintu neraka

Hikmah Ramadhan yang selanjutnya adalah terbukanya pintu surga selebar-lebarnya. Pada bulan yang suci ini, Allah juga memerintahkan malaikat untuk menutup pintu neraka. Di waktu yang sama, setan serta jin jahat dibelenggu di dalamnya.  

  • Bulan penuh berkah dan ampunan

Hujan berkah dan ampunan menjadi hikmah Ramadhan yang selanjutnya. Seorang muslim yang berpuasa semata-mata karena keimanannya kepada Allah, punya kesempatan untuk memperoleh pengampunan dosa.

  • Momen pemberian pahala yang berlipat-lipat

Allah menjanjikan pahala yang berlipat-lipat untuk umat Islam yang gemar beribadah di Bulan Ramadhan. Hikmah Ramadhan pahala berlimpah ini pun membuat pahala umrah setara dengan pahala ibadah haji. Demikian pula amalan lain yang bakal punya pahala lebih banyak dibandingkan ketika melakukannya di bulan selain Ramadhan.

  • Malam seribu bulan

7 Hikmah Ramadhan yang Wajib Diketahui oleh Setiap Muslim

Lailatul qadar atau malam seribu bulan menjadi hikmah Ramadhan yang begitu banyak diburu oleh umat Islam. Mereka yang beribadah di malam tersebut, akan memperoleh kemuliaan lebih dari seribu bulan.

  • Doa di Bulan Ramadhan adalah doa yang mustajabah

Nabi Muhammad SAW pernah bersabda, bahwa ada tiga orang yang doanya tidak akan tertolak. Tiga orang tersebut adalah, orang yang tengah berpuasa, pemimpin adil, serta orang yang dizalimi. Di sisi lain, ada pula hadits yang menyebutkan bahwa doa-doa yang dipanjatkan ketika Bulan Ramadhan, pasti dikabulkan oleh Allah.  

Baca juga:
7 Amalan Pelebur Dosa yang Dapat Dikerjakan Saat Bulan Ramadhan
Belajar Islam Lebih Dalam dari Materi Kultum Bulan Ramadhan

 

  • Bulan yang mengajarkan arti kesabaran dan peningkatan takwa

Hikmah Ramadhan yang berikutnya adalah mengajak umat Islam untuk belajar bersabar. Tidak hanya bersabar dalam menahan lapar dan dahaga, tetapi juga menahan dari hawa nafsu. Di waktu yang sama, momen Bulan Ramadhan mengajak umat Islam untuk meningkatkan ketakwaan kepada Allah SWT dan membebaskan diri dari beragam penyakit hati.

Semua umat Islam yang menjalankan puasa punya kesempatan untuk mendapatkan hikmah Ramadhan tersebut. Oleh karena itu, tidak heran kalau Bulan Ramadhan menjadi momen muslim untuk berlomba-lomba dalam berbuat kebaikan, dengan cara berbagi sedekah.

Cara bersedekah di Bulan Ramadhan saat ini juga dapat dilakukan dengan begitu mudah. Kamu dapat memanfaatkan layanan sedekah online yang disediakan oleh Kitabisa. Dengan layanan ini, kamu bisa memberikan sedekah kepada kaum dhuafa yang tak hanya ada di sekitar, tetapi juga di berbagai pelosok negeri.

Tak ingin ketinggalan dalam mendapatkan hikmah Ramadhan, kan? Yuk, sempurnakan Ramadhanmu!

banner_donasi_sedekah