Panti Asuhan

Ajakan Mengistimewakan Anak Yatim Dalam Ajaran Agama Islam

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr

Anak yatim adalah anak-anak yang sudah tidak memiliki ayah karena ditinggal mati. Anak yatim memiliki kedudukan yang istimewa dalam Islam. Karenanya, orang-orang yang menyantuni anak yatim akan mendapat beberapa keutamaan dari Allah SWT.

Istilah anak yatim merupakan sebutan untuk anak belum berusia balig, baik laki-laki atau perempuan, yang ditinggal mati oleh ayahnya. Sebagai tambahan, ada pula istilah yatim piatu, merujuk pada anak belum baligh yang telah ditinggal mati oleh kedua orang tuanya. Keduanya, memiliki posisi yang istimewa dalam ajaran Agama Islam. Keistimewaan tersebut diberikan kepada anak yang telah kehilangan ayah kandung sampai mencapai usia baligh.

Ajakan Mengistimewakan Anak Yatim Dalam Ajaran Agama Islam

Keistimewaan tersebut diperlihatkan dengan begitu banyaknya penyebutan anak yatim dalam Alquran. Tercatat, ada 22 ayat yang secara khusus menyebut tentang anak yatim. Di dalamnya, Allah SWT mendorong umat Islam untuk menyayangi anak yatim dan memberikan santunan. Di samping itu, Allah juga memberikan ancaman kepada siapapun yang melakukan tindakan sewenang-wenang kepada anak yatim.

Baca juga:
8 Panti Asuhan Terbantu, Dari Sumatera sampai Kupang, NTT

 

Keutamaan yang Diberikan Allah Kepada Orang yang Menyantuni Anak Yatim

Dengan posisi istimewa yang diberikan kepada anak yatim, tak heran Allah SWT pun memberi berbagai keutamaan kepada siapapun yang memberikan santunan kepada mereka. Keutamaan tersebut di antaranya adalah:

  1. Janji surga

Ajakan Mengistimewakan Anak Yatim Dalam Ajaran Agama Islam

Orang yang menyantuni anak yatim, bakal memperoleh jaminan masuk surga dari Allah SWT. Jaminan tersebut tertuang dalam hadits yang diriwayatkan oleh Ibnu Abbas yang artinya:

Barang siapa yang memberi makan dan minum seorang anak yatim di antara kaum muslimin, maka Allah akan memasukkannya ke dalam surga, kecuali dia melakukan satu dosa yang tidak diampuni.”

Tak hanya itu, Allah juga menjanjikan bahwa mereka yang terbiasa menyantuni yatim, bakal berada di surga yang sama dengan Rasulullah SAW. Bahkan, jarak yang memisahkan antara Rasulullah dengan penyantun yatim seperti halnya jarak yang memisahkan antara jari tengah dengan jari telunjuk.

  1. Melunakkan hati yang keras

Anak yatim punya posisi istimewa dalam Islam. Tak hanya diajarkan untuk memberi santunan kepada mereka, tetapi juga memberi sikap yang santun

Kebiasaan menyantuni anak yatim juga menjadikan hati seseorang menjadi lebih lembut. Tak hanya itu, berdasarkan hadits Nabi Muhammad SAW, pemberian santunan tersebut juga memberikan rezeki yang berkah dalam kehidupan sehari-hari.

  1. Perlindungan di hari kiamat

Ajakan Mengistimewakan Anak Yatim Dalam Ajaran Agama Islam

Seorang muslim yang terbiasa menyantuni anak yatim juga bakal memperoleh perlindungan secara langsung dari Allah SWT di hari kiamat. Mereka tidak akan memperoleh ancaman apapun di hari kiamat. Bahkan, selama hidup, mereka juga bakal terhindar dari beragam azab.

  1. Rezeki yang lancar

Ajakan Mengistimewakan Anak Yatim Dalam Ajaran Agama Islam

Mengeluarkan uang untuk anak yatim, juga tidak akan membuat harta seorang muslim berkurang. Allah telah menjanjikan kepada siapapun yang memiliki kebiasaan menyantuni yatim, bakal mendapatkan rezeki lancar selama hidupnya. Tidak akan ada kesulitan dalam memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.

  1. Pahala yang setara jihad

Ajakan Mengistimewakan Anak Yatim Dalam Ajaran Agama Islam

Seorang muslim yang mengikhlaskan hartanya untuk santunan yatim, bakal dijanjikan pahala yang sangat besar. Bahkan, Rasulullah menjelaskan bahwa pahala santunan untuk yatim, setara dengan pahala seorang yang menghabiskan waktu malam untuk beribadah dan puasa di siang hari, serta kemudian dilanjutkan dengan berjihad di jalan Allah SWT pada sore sampai pagi.

Baca juga:
Ingin Berbagi Tetapi Sibuk? Ikut Santunan Anak Yatim Online Saja!

 

Dengan keutamaan begitu besar, sangat disayangkan kalau kesempatan mendapatkannya dilewatkan begitu saja. Cara menyantuni yatim di era modern seperti sekarang sangat mudah. Bahkan, Anda bisa melakukan donasi kepada yatim ataupun yatim piatu cukup dengan menggunakan smartphone.

Solusi tepercaya untuk menyalurkan santunan untuk anak yatim dengan mudah, bisa Anda lakukan lewat Kitabisa.com. Anda pun bisa memilih menyalurkan donasi secara khusus untuk anak yatim lewat berbagai jenis panti asuhan yang membutuhkan uluran tangan. Yuk, berdonasi!


Lewat Kitabisa.com, pembayaran zakat bisa dilakukan dengan cara yang sederhana. Anda hanya perlu kunjungi zakat.kitabisa.com untuk membayarkan zakat!Zakat Kitabisa

Comments

comments

Comments are closed.

Show Buttons
Hide Buttons