Kesehatan

Apa Perbedaan Tumor Ganas dan Tumor Jinak?

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr

Mendengar kata “tumor ganas”, rasa panik dan khawatir pasti akan langsung muncul. Bagaimana tidak, tumor identik dengan penyakit mematikan yang sulit disembuhkan. Penderita biasanya harus menjalani proses pengobatan yang cukup lama supaya bisa pulih seperti semula. Padahal, ada pula jenis tumor yang sebenarnya masih bisa ditangani jika terdeteksi sejak awal.

 

Tumor Ganas dan Tumor Jinak

perbedaan tumor

Tumor dapat dibedakan atas 2 kategori, yaitu tumor ganas dan tumor jinak. Keduanya memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Berikut beberapa di antaranya:

  • Tekstur

    Tumor jinak pada umumnya memiliki tekstur yang padat. Jika ditekan, bagian tubuh yang memiliki sel tumor jinak akan terasa keras. Sementara jenis tumor satunya memiliki tekstur yang lebih halus sehingga sering kali sulit untuk dikenali.

  • Perkembangan

    Perbedaan lainnya adalah dari faktor kecepatan perkembangan tumor. Tumor jinak membutuhkan waktu yang cukup lama untuk berkembang. Tidak heran jika penderita biasanya tidak mengalami gejala apa pun pada tahap awal. Sebaliknya, jenis tumor lainnya berkembang dan menjadi besar dalam jangka waktu yang sangat cepat. Dalam hitungan bulan, penderita dapat mencapai stadium akhir.

  • Penanganan

    Salah satu penanganan tumor adalah dengan mengangkat sel yang terjangkit. Dalam hal ini, pengangkatan tumor ganas dianggap lebih mudah dan cepat dibandingkan tumor jinak. Pasalnya, jenis tersebut memiliki tekstur seperti gel sehingga dapat dikeluarkan sedikit demi sedikit. Sementara itu, proses pengangkatan tumor jinak dapat memakan waktu hingga 4-6 jam karena teksturnya yang keras.

  • Perawatan Pascaoperasi

    Perbedaan lain terletak pada penanganan setelah operasi berlangsung. Penderita tumor jinak biasanya tidak perlu melakukan perawatan lanjutan setelah operasi selesai. Proses penyembuhan juga berlangsung cepat. Setelah beberapa hari, penderita sudah bisa beraktivitas kembali,
    Sementara itu, penderita tumor ganas harus menjalani terapi lanjutan secara intens. Terapi disesuaikan dengan tingkat stadium yang dihadapi. Untuk stadium 1-2, penanganan cukup dengan radiasi, sedangkan penderita stadium 3-4 harus menjalani kemoterapi. Perawatan pasca operasi wajib dilakukan guna memberantas sel-sel tumor hingga tuntas. Khusus tumor ganas, kemungkinan untuk kembali kambuh sangat tinggi.

Baca juga:
Memahami 5 Jenis Tumor Jinak
Penyebab dan Cara Menangani Tumor Jinak di Kulit

 

Jenis-jenis Tumor Ganas

jenis-jenis tumor ganas

Apa saja penyakit yang disebabkan oleh tumor ganas? Berikut contoh jenis penyakit ini yang perlu kamu waspadai.

  • Karsinoma

    Jenis karsinoma adalah perkembangan jaringan sel abnormal di prostat, pankreas, payudara paru-paru, atau hati.

  • Sarkoma

    Tipe sarkoma adalah jenis yang terbentuk di jaringan ikat pada tulang, tulang rawan, saraf, atau lemak.

  • Blastoma

    Jenis  ini tumbuh di jaringan embrionik sehingga umumnya dialami oleh anak-anak. Contohnya adalah tumor otak, osteoblastoma, retinoblastoma, dan neuroblastoma.

Selain itu, ada pula jenis tumor jinak yang berkembang menjadi ganas, yaitu leukoplakia, keratosis aktinik, dan displasia serviks. Untuk mengenali keberadaan kedua jenis tumor, perlu dilakukan tes Magnetic Resonance Imaging (MRI), terutama jika kamu merasakan gejala sakit kepala yang terus-menerus serta rabun mata. Tes ini akan memudahkan dokter melakukan penanganan yang tepat pada sel tumor di dalam tubuh.

Meskipun tumor ganas mematikan, tumor jinak pun tidak boleh disepelekan. Keduanya harus mendapatkan penanganan medis yang tepat sehingga tubuh dapat terbebas dari segala jenis penyakit.


Kamu bisa bantu mereka yang membutuhkan biaya pengobatan tumor dengan cara berdonasi di Kitabisa. Untuk berdonasi, klik gambar di bawah ini!

banner_donasi_biaya_pengobatan

Comments are closed.