Kesehatan

Mengenal Tumor Otak, Penyebab, dan Dampaknya

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr

Tumor adalah sel abnormal yang tumbuh di mana saja dan sering mengganggu fungsi organ yang ditempelinya. Salah satu tumor yang sering muncul dan cukup merugikan adalah tumor otak. Kalau sel terus tumbuh dan membesar, gangguan pada tubuh secara umum akan terjadi.

 

Mengenal Tumor Otak

Secara sederhana, tumor otak adalah tumor yang tumbuh pada sel otak. Sel abnormal tumbuh di dalam otak dan menekan sel-sel lain yang bekerja dengan normal. Penyakit ini bisa menyebabkan kanker dan ada yang tidak. Meski demikian, keduanya tetap berbahaya dan butuh ditangani dengan serius.

butuh biaya pengobatan

 

Penyebab dan Faktor Risiko Tumor Otak

penyebab tumor otak

Hingga saat ini para ahli belum mengetahui apa penyebab dari kanker. Namun, ada beberapa faktor yang menyebabkan risiko seseorang terkena kanker semakin besar. Berikut selengkapnya.

  • Riwayat dari keluarga. Sekitar 5-10 persen dari penderita tumor otak memiliki keluarga dengan kondisi yang sama. Meski cukup langka, beberapa orang bisa mengalami ini begitu saja.
  • Usia seseorang. Seseorang yang memiliki penyakit ini biasanya mereka yang sudah berusia lanjut. Jarang sekali mereka yang masih muda mengalaminya.
  • Ras tertentu seperti Kaukasia dan Afrika-Amerika dibandingkan dengan ras lainnya yang ada di dunia.
  • Paparan zat kimia dan juga radiasi. Seseorang yang bekerja dengan dua hal ini harus waspada dengan kondisi otaknya.
Baca juga:
5 Makanan Penyebab Tumot Otak yang Perlu Diwaspadai
Ciri-ciri Seseorang Menderita Tumor Otak

 

Dampak Tumor Otak

tanda tumor otak

Pengidap kanker otak biasanya akan mengalami beberapa hal di bawah ini. Beberapa masih cukup ringan meski yang lain bisa saja berbahaya.

  • Sering mengalami sakit kepala yang cukup parah dan juga intens. Sakit kepala ini memang bisa diatasi dengan obat OTC yang ada di pasaran. Namun, akan sering muncul lagi dan cukup mengganggu aktivitas.
  • Kamu akan sering merasa mual dan muntah tanpa alasan yang jelas. Kalau wanita sering mual dan muntah, bisa saja mereka hamil. Namun, kalau kondisi ini muncul mendadak dan tidak sekali saja, bisa jadi ada tumor yang tumbuh.
  • Penglihatan yang kamu miliki akan mengalami kabur dan perlahan-lahan bisa hilang. Otak merupakan pusat dari panca indera. Kalau ada bagian otak yang terganggu karena desakan dari tumor, kemungkinan besar mata ikut terdampak.
  • Beberapa bagian dari tubuh akan sering mengalami mati rasa atau kebas. Area yang kebas sering terletak di sekitar wajah hingga ke tenggorokan dan memicu kesulitan menelan.
  • Gangguan pada kemampuan bicara karena fungsi otot dan pita suara terganggu.
  • Sering lemas berlebihan padahal sudah makan dan tidak sedang melakukan aktivitas yang terlalu besar. Selanjutnya keseimbangan juga bisa menurun dan kamu jadi mudah jatuh.
  • Kejang yang membuat beberapa bagian tubuh tidak bisa digerakkan. Tumor yang terus tumbuh menyebabkan gangguan pada saraf.
  • Penurunan daya ingat yang terlalu berlebihan. Kalau kamu mulai susah mengingat padahal sebelumnya tidak, patut dicurigai apakah sedang ada masalah pada otak atau tidak.

Melihat pemaparan di atas terlihat dengan sangat jelas kalau tumor otak menyebabkan gangguan yang besar. Kalau tidak segera ditangani dengan baik, kemungkinan terjadi komplikasi serius akan besar. Lebih lanjut, tumor juga bisa saja berubah menjadi kanker karena kondisi tertentu.

Pengobatan untuk kanker ini membutuhkan ketelatenan dan juga biaya yang banyak. Tidak sedikit beberapa pengidap kanker otak sulit mendapatkan penanganan dan kondisinya akan terus memburuk. 


Kamu bisa bantu mereka yang membutuhkan biaya pengobatan tumor otak dengan cara berdonasi di Kitabisa. Untuk berdonasi, klik gambar di bawah ini!

banner_donasi_biaya_pengobatan

Comments are closed.