Satwa & Lingkungan

Bantu Pelestarian Hewan Langka dan Terancam Punah

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr

Indonesia terletak di daerah strategis dengan ratusan ribu pulau di dalamnya. Hal itu menyebabkan Indonesia memiliki keanekaragaman flora dan fauna. Setiap flora dan fauna mempunyai keunikannya masing-masing, bahkan keunikan itu hanya bisa ditemukan di Indonesia. Beberapa dari mereka bisa beradaptasi dan mempertahankan kelangsungan hidupnya, tapi ada pula yang terancam punah akibat tidak dapat berevolusi dengan baik. 

 

Penyebab Hewan Langka

penyebab hewan punah
Sumber: Teman Gajah Tulus

Saat ini, banyak spesies hewan yang terancam kepunahan karena berbagai faktor. Jumlah populasinya yang semakin berkurang menyebabkan beberapa hewan di Indonesia termasuk kategori hewan langka. 

Seperti yang dikutip dari saintif, ada 3 faktor utama yang membuat hewan-hewan terancam punah. Ketiga faktor ini berkaitan dengan interaksi manusia dengan hewan-hewan atau lingkungan. 

  1. Perusakan Habitat

    Banyak aktivitas manusia yang mempersempit habitat para hewan, seperti deforestasi, penambangan, atau migrasi manusia. Dampaknya, para hewan kehilangan tempat tinggal asli mereka, sementara lingkungan lainnya tidak terdapat makanan. Hewan-hewan kemudian tidak bisa mempertahankan kelangsungan hidup mereka. Jika 

  2. Polusi

    Aktivitas manusia tanpa sadar menghasilkan polusi yang dapat mengancam kehidupan para hewan. Sampah plastik, hujan asam, serta tumpahan minyak di laut menjadi beberapa contoh dari polusi yang tidak hanya merusak udara, tapi juga kualitas tanah dan air.  

  3. Perburuan Liar

    Banyak hewan yang hampir punah akibat adanya perburuan liar. Tidak hanya diburu karena dagingnya, namun beberapa dari mereka juga diburu untuk diambil bulu dan bagian tubuh lainnya yang berharga. Contohnya adalah gajah yang sering diburu karena gadingnya, atau badak yang diburu karena memiliki cula.

Baca juga:
Kabar Dari Hope, Orangutan yang Diserang 74 Butir Peluru
Cara Bantu dan Lindungi Hewan Terlantar

 

Pelestarian Hewan Langka dan Terancam Punah

Banyak cara yang bisa kita lakukan bersama untuk membantu pelestarian hewan atau satwa yang terancam punah. Pemerintah sendiri telah mendirikan beberapa pusat konservasi atau penangkaran untuk menjaga hewan-hewan dari kepunahan. Tak hanya pemerintah, beberapa masyarakat yang tergabung dalam yayasan atau lembaga pecinta lingkungan dan hewan juga berinisiatif untuk melakukan pelestarian hewan. Beberapa diantaranya telah berhasil merawat serta melindungi hewan langka yang keberadaannya terancam oleh perburuan liar. 

Berbagai program perlindungan dan pelestarian dilakukan oleh lembaga-lembaga peduli hewan langka. Lembaga-lembaga tersebut antara lain:

  1. Teman Gajah Tulus bersama WWF Indonesia

    teman gajah tulus
    Sumber: Teman Gajah Tulus

    Tulus, penyanyi yang menciptakan dan menyanyikan lagu berjudul Gajah, bekerjasama dengan WWF Indonesia mengajak masyarakat untuk menjadi #TemanGAJAH. Ajakan ini bertujuan untuk melindungi gajah-gajah Sumatera dari kepunahan. Populasi gajah Sumatera yang mengkhawatirkan harus dijaga kelestariannya supaya tidak punah dan tidak terputusnya rantai makanan mereka. Tulus mengajak masyarakat untuk berdonasi lewat Kitabisa dan dana yang terkumpul digunakan untuk membelikan kalung pendeteksi lokasi gajah-gajah Sumatera. Kamu bisa menjadi bagian dari #TemanGajah Tulus, caranya klik di sini.

  2. IAR Indonesia

    orangutan langka
    Sumber: IAR Indonesia

    Merupakan lembaga konservasi di bidang kesejahteraan, perlindungan, dan pelestarian satwa liar, IAR Indonesia berkomitmen untuk menyelamatkan hewan primata seperti kukang, monyet, dan orangutan. Populasi orangutan yang terus mengalami penurunan menjadi fokus utama IAR Indonesia saat ini. Padahal, orangutan memiliki peran penting di alam diantaranya sebagai penyebar benih alami lewat kotoran dan membawa atau membuang benih saat melewati pepohonan. IAR Indonesia melakukan rehabilitasi dan stimulasi kemampuan alamiah orangutan di Pusat Penyelamatan dan Konservasi Orangutan (PPKO) milik mereka. Lihat selengkapnya tentang program IAR Indonesia di sini.

  3. ISCP (Indonesian Species Conservation Program)

    kukang
    Sumber: ISCP

    Lembaga ini bergerak dibidang perlindungan serta penyelamatan berbagai macam spesies satwa liar, baik yang dilindungi atau terancam punah. Kukang Sumatera jadi salah satu hewan yang dilindungi oleh ISCP melalui program penyitaan, perawatan, dan pelepasliaran. Kamu bisa melihat program-program ISCP di sini.

Untuk merawat dan melindungi hewan-hewan langka tidaklah mudah. Proses panjang mulai dari rehabilitasi, survei pelepasliaran sampai dengan pengamatan pasca-pelepasliaran membutuhkan waktu, tenaga dan biaya yang tidak sedikit. Maka dari itu, yuk dukung program pelestarian hewan langka dengan cara donasi di Kitabisa. Bersama-sama kita selamatkan hewan-hewan yang terancam punah!

pelestarian hewan langka

Comments are closed.