Satwa & Lingkungan

Cara Bantu dan Lindungi Hewan Terlantar

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr

Tidak sedikit hewan terlantar seperti anjing dan kucing yang mendapatkan perlakuan tidak layak. Padahal, setiap makhluk hidup berhak mendapatkan kehidupan yang layak. Hewan-hewan di jalanan membuat kita terkadang iba dan ingin membantu merawatnya. Banyak penyelamat atau pelindung hewan yang berusaha untuk merawat hewan-hewan terlantar dan menjadikannya sebagai hewan peliharaan. Selain mengambil hewan di jalanan, ada hal lain yang bisa kita lakukan untuk membantu kelangsungan hidup mereka. Simak beberapa caranya di bawah ini.

 

Menolong Hewan dengan Memberi Tempat Tinggal Layak

bantu anjing terlantar
Sumber: Pejaten Shelter

Tempat tinggal menjadi hal utama yang dibutuhkan oleh hewan terlantar. Pemberian tempat tinggal bisa kamu lakukan dengan menjadikan hewan di jalanan sebagai hewan peliharaan. Jika kondisi tidak memungkinkan, kamu bisa menyerahkan hewan tersebut ke komunitas atau tempat penampungan hewan terlantar. Contoh tempat penampungan hewan terlantar yang ada di Jakarta adalah Pejaten Shelter yang menjadi rumah bagi ratusan anjing, kucing, monyet, dan hewan terlantar lainnya. Pejaten Shelter menjaga kesehatan hewan terlantar dengan memberikan makanan sehat, melakukan vaksin berkala, dan memberi obat bagi hewan-hewan yang sakit. 

 

Menolong Hewan Terlantar dengan Menjadi Relawan

relawan hewan terlantar
Sumber: Rumah Kucing Parung

Menjadi relawan di komunitas-komunitas pelindung hewan menjadi salah satu cara untuk menolong hewan terlantar. Tak hanya membantu hewan di jalanan, kamu juga dapat menyalurkan hobi dan kecintaan terhadap hewan. Dengan menjadi relawan, kamu bisa memiliki pengalaman dalam merawat dan melindungi hewan-hewan yang berhak mendapatkan perlindungan dan kehidupan layak. Banyak hal yang bisa kamu lakukan ketika menjadi relawan, diantaranya berinteraksi langsung dengan hewan atau mendukung program pemberian edukasi cara merawat hewan yang umumnya rutin dilakukan oleh komunitas atau yayasan penyelamat hewan terlantar.

Baca juga:
Sayangi Hewan Peliharaan Melalui Kitabisa
Selamatkan Kukang Sumatera Bersama ISCP

 

Mengadopsi Hewan-hewan Terlantar

adopsi hewan terlantar

Hewan-hewan terlantar yang ditampung di rumah penampungan atau yayasan peduli hewan biasanya diperbolehkan untuk diadopsi. Sebelum mengadopsi hewan tersebut, pastikan kamu memiliki niat dan komitmen yang besar untuk merawat hewan dengan baik dan benar. 

 

Menolong Hewan dengan Berdonasi Makanan

makanan hewan terlantar
Sumber: Garda Satwa Indonesia

Selain tempat tinggal, hewan terlantar tentunya membutuhkan asupan gizi yang baik dari makanan. Beberapa tempat penampungan mengalami kesulitan untuk memenuhi keperluan sehari-hari hewan karena terbatasnya biaya yang ada. Jumlah hewan yang terlantar semakin bertambah sementara persediaan makanan, tempat tinggal, dan kebutuhan lainnya belum mendukung. Oleh karena itu, tidak ada salahnya jika kamu mendukung atau membantu tempat penampungan hewan terlantar dengan memberikan persediaan makanan dan kebutuhan hewan lainnya. 

 

Kitabisa Buat Donasi untuk Hewan Terlantar Lebih Mudah

Galang dana yang ada di Kitabisa membuat donasi untuk hewan-hewan terlantar menjadi lebih mudah dan cepat. Lewat Kitabisa, kamu bisa bantu kucing, anjing, dan hewan terlantar lainnya mendapat hidup yang layak serta membantu program-program penampungan hewan terlantar.

Bantu hewan terlantar dengan donasi di Kitabisa. Caranya, klik gambar di bawah ini.

bantu hewan terlantar

Comments are closed.