Begini Keutaman Qurban di Hari Raya Idul Adha

Idul Adha tak lama lagi akan tiba. Sudahkah kamu mempersiapkan ibadah qurban di hari yang mulia tersebut? 

Masih ragu dan berpikir dua kali untuk berqurban tahun ini? Ketahui bagaimana keutamaan qurban sebagai ibadah harta terbaik pada hari raya Idul Adha.

Hukum ibadah qurban bagi keluarga adalah sunnah kifayah, sedangkan bagi pribadi seorang adalah sunnah yang dianjurkan karena besarnya keutamaan dan pahala ibadah tersebut. 

 

Keutamaan Qurban Idul Adha

Rasulullah semasa hidupnya menjalankan ibadah qurban yang diperuntukkan pahalanya bagi keluarga dan umatnya. Apa saja keutamaan ibadah pemotongan hewan qurban tersebut?

  1. Syiar Islam di Muka Bumi

    Dalam surah Al-Hajj ayat 34 disebutkan bahwa perintah menyembelih hewan qurban telah diberikan Allah swt kepada setiap umat. Hal ini sebagaimana ditafsirkan oleh Ibnu Katsir pada ayat tersebut.

    Jadi, ibadah qurban adalah salah satu bentuk ibadah yang diperintahkan bagi umat Islam sebagai bentuk syiar dari agama samawi tersebut.

    Lihatlah bagaimana orang-orang bergembira, bertakbir dan syiar Islam pun dirasakan oleh mereka yang bukan Islam karena mendapat bagian dari daging qurban. Keutamaan ibadah qurban yang tidak hanya dirasakan oleh orang Islam saja, tetapi seluruh penduduk bumi.

  2. Keutamaan Menjalankan Qurban sebagai Perintah Allah

    Salah satu dalil tentang qurban yang paling utama adalah surah al kautsar. Dalam surah al kautsar Allah menyandingkan perintah melaksanakan salat dan menjalankan ibadah qurban. Hal tersebut menunjukkan keutamaan yang besar dari ibadah qurban dalam rangka mendekatkan diri kepada Allah sebagai bentuk ibadah. Ibadah salat dan qurban sama-sama akan mendapatkan pahala yang besar di sisi Allah.

    Ibadah harta yang paling utama di hari Idul Fitri adalah berqurban, sedangkan ibadah fisik yang paling utama di hari Idul Adha adalah salat Idul Adha.

  3. Mendapatkan Kebaikan Sebanyak Bulu Binatang Qurban

    Dalam sebuah hadist yang diriwayatkan oleh Imam Ahmad dan Ibnu Majah disebutkan bahwa kebaikan yang akan didapatkan oleh orang yang berqurban adalah sebanyak jumlah bulu binatang ternak yang diqurbankan. Setiap helai bulu binatang tersebut menjadi kebaikan bagi orang yang melakukannya.

  4. Keutamaan Qurban Meningkatkan Takwa kepada Allah

    Dalam Al Quran surah Al-Hajj ayat 37 disebutkan bukan darah dan daging qurban yang membantu manusia mendapatkan ridho dari Allah, tetapi ketakwaan itulah tujuannya.

    Keutamaan dari seseorang yang berqurban adalah membantu meningkatkan ketakwaan seseorang. Saat melakukan ibadah qurban maka akan ada nilai ketakwaan dan kedekatan yang lebih kepada Allah dirasakan oleh seorang hamba.

  5. Tanda Seorang Hamba Menyerahkan Diri kepada Allah SWT

    Dalam Al Qur’an Surah Al An’am ayat 162 hingga 163 disebutkan bahwa hewan sembelihan, salat, hidup dan mati seorang hamba hanyalah milik Allah swt.

    Berqurban atau hewan sembelihan di atas juga bagian dari ibadah sebagai bentuk penyerahan diri seorang hamba kepada Allah SWT. Berqurban adalah bentuk dari keikhlasan seorang hamba kepada Tuhannya.

  6. Mengharapkan Kesucian diri dan Harta

    Mengeluarkan ibadah qurban setiap tahun adalah upaya seorang hamba dalam rangka meraih kesucian jiwa dan harta yang dimilikinya. Ibadah qurban adalah memberikan qurban dengan penuh keikhlasan, niat untuk mendekatkan diri kepada Allah sebagai bukti keimanan yang dimiliki hamba.


Setelah mengetahui keutamaan qurban Idul Adha, yuk beli hewan qurban kamu dengan mudah melalui Kitabisa. Selain transparan dan sesuai syariat, harga hewan qurban di Kitabisa juga sangat terjangkau. Yuk, qurban sekarang bersama ribuan OrangBaik lainnya.

qurban online