Galang Dana

Cara Baru Rayakan Ulang Tahunmu dengan Berbagi Kebaikan

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr

Ulang tahunmu sebentar lagi, tapi bingung mau ngerayain dengan cara apa? Makan-makan, potong kue, dan buka kado pun udah jadi hal yang ngebosenin karena dilakukan setiap tahun kan? Kalo gitu cobain Birthday Fundraising aja yuk!

Birthday Fundraising itu apaan sih?

Birthday Fundraising itu cara baru merayakan ulang tahun sambil berbuat kebaikan. Di Birthday Fundraising ini, kamu akan merayakan ulang tahun sambil bikin halaman galang dana di Kitabisa.com

Jika biasanya saat ulang tahun kamu minta hadiah ke teman, pacar, sahabat dan keluarga kamu, di Birthday Fundraising ini kamu bisa minta hadiah ke mereka dalam bentuk donasi di halaman galang dana yang sudah dibikin.

Selanjutnya setelah dananya terkumpul, kamu akan menyalurkannya ke yayasan atau orang yang ingin kamu bantu deh. Dengan begitu, kamu bisa berbagi kebahagiaan dengan mereka yang membutuhkan!

Wooww menarik nih! Tapi gimana sih caranya bikin Birthday Fundraising?

Caranya gampang banget kok,Ā cukup dengan 3 langkah aja

1. Bikin Akun di Kitabisa.com

Buat kamu yang belum punya akun di Kitabisa.com, kunjungi kitabisa.com/register untuk bikin akun. Kamu bisa daftar melalui akun Facebook, Google atau pakai email. Jika kamu daftar menggunakan email, kamu akan mendapatkan email dari Kitabisa.com untuk melakukan verifikasi email. Cukup klik link yang diberikan di email dan boom! kamu sudah punya akun di Kitabisa.com.

Screen Shot 2017-03-21 at 9.58.35 AM

2. Bikin Halaman Galang Dana (Campaign) di Kitabisa.com

Setelah kamu punya akun, kunjungi halaman kitabisa.com/buat-campaign dan klik tombol “Galang Dana Sekarang” untuk mulai bikin halaman campaign.

Screen Shot 2017-03-21 at 10.08.17 AM

Kemudian isi informasi yang diminta sesuai dengan keinginan dan kebutuhan kamu (judul campaign, target dana, link campaign, deadline campaign, kategori campaign dan lokasi penerima dana).

Deadline campaign bisa kamu tentukan sendiri. Biasanya campaign Birthday Fundraising ini berjalan 2-3 minggu dari sebelum hingga sesudah hari ulang tahun kamu. So, jangan khawatir kalau ulang tahun kamu sudah mepet, kamu tetap bisa bikin Birthday Fundraising kok šŸ™‚

Untuk kategori campaign, jangan lupa diisi dengan kategori Birthday Fundraising ya. Setelah beres mengisi semua datanya, kamu bisa klik tombol biru “Save & Next”

Screen Shot 2017-03-21 at 10.13.02 AM

Masukkan gambar utama untuk di upload di halaman campaignĀ kamu. Pastikan format gambarnya sesuai dengan yang sudah ditentukan, yaitu PNG/JPG/JPEG ya.

Jika kamu mau upload video juga bisa loh. Tapi sebelumnya video tersebut harus di upload dulu ke channel YouTube. Setelah itu baru kamu masukkan link videonya deh.

Setelah itu kamu bisa tuliskan deskripsi singkat mengenai halaman campaignĀ kamu. Kemudian kamu tuliskan deskripsi lebih detailnya berisi cerita tentang diri kamu dan penjelasan mengenai orang yang akan kamu bantu. Jika sudah selesai bisa klik tombol “Save & Next” dan kamu akan mendapat email pemberitahuan kalau halaman campaign kamu sudah Live.

 

Screen Shot 2017-03-21 at 10.32.14 AM

Tapi jangan khawatir, kamu masih bisa edit gambar dan cerita kamu lagi kok setelah campaign kamu sudah live dengan masuk ke link halaman campaign dan pilih bagian “Edit Content”.

Screen Shot 2017-03-21 at 10.51.14 AM

3. Verifikasi Akun Kamu

Setelah campaign kamu sudah live, jangan lupa verifikasi akun kamu ya. Apabila akun kamu sudah terverifikasi maka, campaign kamu akan muncul di halaman Kitabisa.com. Selain itu, verifikasi akun juga diperlukan untuk melakukan pencairan dana šŸ™‚

Bikin tulisan ceritanya gimana ya? Saya gak pandai menulis šŸ™

Kamu bingung mau tulis cerita campaignnya seperti apa? Jangan khawatir, kamu bisa bikin sesuai format di bawah ini yaa šŸ™‚

Format Penulisan Cerita Birthday Fundraising

1. Pengenalan diri, ceritakan mengenai diri kamu, bagaimana kamu dulu merayakan ulang tahun dan kenapa sekarang ingin merayakan dengan Birthday Fundraising
Halo, saya (nama lengkap) (nama panggilan). Sekarang saya bekerja/kuliah/sekolah di (nama perusahaan/kampus/sekolah). Pada (tanggal ulang tahun) saya merayakan ulang tahun yang ke (umur).

Biasanya saya merayakan ulang tahun dengan (hal yang biasa dilakukan pada saat ulang tahun). Namun, di ulang tahun kali ini saya ingin melakukan hal yang berbeda.

Saya ingin berbagi kebahagiaan dengan (nama pasien).

2. CeritakanĀ mengenai profil orang yang akan kamu bantu, bagaimana kamu mengenal dia, dan bisa juga disertai dengan foto-foto
Contoh :

Fachrul Nur Rizky adalah salah satu pasien dampingan Komunitas Taufan dengan diagnosa Leukemia sejak ia berusia enam tahun hingga kini di usianya sembilan tahun. Pada awalnya ia berobat di rumah sakit daerah tempat tinggalnya yaitu Cikarang, setelah dilakukan pemeriksaan akhirnya di rujuk ke RS Cipto Mangunkusumo.

Saat menjalani pengobatan selama dua tahun pertama, di tengah jalan dokter memvonis kalau Fachrul relaps, ditemukan sel kanker menjalar ke kepala. Keluarga dengan tabah memulai lagi pengobatan dari awal.

Sejak itu Fachrul menggunakan trakeostomi karena ada penyempitan pernafasan dan masih harus menyelesaikan perawatan kemoterapinya.

Leukimia. Di usia yang mana seharusnya ia lari-lari ke sana kemari bersama teman-temannya di sekolah, Fachrul malah bolak balik ke RS untuk berobat. Sebagai Ibu satu anak yang mana anak saya juga laki-laki, saya tidak bisa membayangkan betapa beratnya beban orangtua Fachrul. Selain lelah secara fisik, pasti juga orangtuanya sangat lelah untuk memutar otak agar terkumpul biaya lagi untuk pengobatan Fachrul.
Sangat kebetulan Fachrul ulang tahunnya 29 Agustus, hanya beda seminggu dengan ultah saya.

3. Ajakan untuk meminta hadiah ulang tahun berupa donasi ke teman-teman, pacar, keluarga dan semua orang yang kamu kenal
Di ulang tahun saya kali ini, boleh saya minta hadiah? Bukan berupa kado kok, tapi donasi untuk bantu (nama pasien).

4. Berikan penjelasan cara donasi dan detail rencana penggunaan dana
Caranya mudah kok,
1. klik tombol “Donasi Sekarang”
2. Masukkan nilai donasi dan data diri
3. Pilih metode pembayaran dan transfer deh šŸ™‚

Hasil donasi nantinya akanĀ digunakan untuk….(beri penjelasan rincian penggunaan dana)

5. Penutup dan ucapan terima kasih, cantumkan nomor kontak kamu yang bisa dihubungi jika donatur ingin bertanya
Terima kasih teman-teman atas hadiah ulang tahunnya! Semoga rantai kebaikan ini akan terjalin lebih kuat lagi dan sambung-menyambung menjadi kebaikan yang kembali lagi untuk kita semua.

Jika ada pertanyaan bisa langsung menghubungi saya di ā€¦.

Salam,

(nama campaigner)

Jika kamu mau melihat contoh-contoh campaign Birthday Fundraising yang sudah ada bisa klik disini yaa

Sudah selesai bikin halaman campaign dan verifikasi akun nih, terus apa lagi yang harus dilakukan?

Saat kamu sudah selesai bikin campaign, kamu bisa mulai publikasi campaign kamu deh. Berikut tips-tipsnya

tips campaign blast

 

Gimana? Gampang kan bikin campaign Birthday Fundraising di Kitabisa.com? Jika kamu masih ada pertanyaan bisa hubungi tim kami di nomor WA 0821-2588-1534 ya!


*Kamu mau merayakan ulang tahun sambil galang dana?

Beryl (4)

Comments

comments

Comments are closed.

Show Buttons
Hide Buttons