Qurban

Daftar Harga Sapi Qurban 2019, Ini Perkiraannya

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr

Daftar harga sapi qurban 2019—salah satunya—dipengaruhi oleh kondisi ekonomi di suatu daerah. Nilai sapi yang ada di Kota Tegal, tentu berbeda dengan harga jual sapi di Kota Cirebon. Begitu pula harga sapi di Jawa Timur, biasanya lebih rendah daripada di Tegal dan sekitarnya.

Selain perekonomian di daerah, harga sapi juga ditentukan berdasarkan jenisnya. Di Indonesia, ada empat jenis sapi yang kerap dijadikan qurban, yaitu limousin, simental, peranakan ongole, dan brahman. Sebagai referensi, simak ulasan dan daftar harganya di bawah ini.

 

Sapi Limousin

Daftar Harga Sapi Qurban 2019, Ini Perkiraannya

Sapi limousin merupakan salah satu ternak favorit presiden dan para pejabat di Indonesia. Pasalnya, Pertambahan bobot badan harian sapi limousin relatif signifikan jika dibandingkan sapi lokal. Hewan ini bisa mencapai bobot lebih dari satu ton ketika dewasa.

Lantas, berapa harga sapi limousin untuk qurban? Sapi limousin dengan bobot 1,8 dan berumur 2—3 tahun, harganya sekitar Rp25.000.000—50.000.000. Harga tersebut sebanding dengan kualitas daging limousin yang tergolong empuk, padat, dan bertekstur bagus.

 

Sapi Peranakan Ongole (PO)

Daftar Harga Sapi Qurban 2019, Ini Perkiraannya
Sumber: BPTU Sembawa

Sapi PO—atau lebih populer dengan sebutan sapi putih—merupakan persilangan dari ongole asal India dan lokal Indonesia. Jenis sapi tersebut banyak digunakan untuk qurban kalangan menengah ke bawah. Hal itu karena harga sapi PO relatif murah.

Tahun 2019, harga bakalan sapi PO sekitar Rp11.000.000—13.000.000. Harga ini terbilang lebih rendah daripada bakalan simental dan limousin. Sementara harga jual PO yang siap qurban, sekitar Rp17.000.000—20.000.000.

Baca juga:
Berikut Jenis Sapi Qurban yang Bisa Kamu Pilih
4 Tips Beli Hewan Qurban Online Tepercaya

 

Simental

Daftar Harga Sapi Qurban 2019, Ini Perkiraannya

Simental berasal dari daratan Switzerland (Swiss), tepatnya di daerah Simme. Namun, jenis ini lebih cepat berkembang biak di Amerika, Australia, dan Selandia Baru. Bahkan, beberapa negara di benua tersebut menjadi penghasil daging sapi terbesar di dunia.

Jika dirunut sesuai fungsinya, sapi simental adalah jenis pedaging dan perah. Artinya, kamu bisa mengambil daging maupun susu dari sapi tersebut untuk dikonsumsi. Sementara itu, pertumbuhan sapi simental tergolong cepat. Ketika dewasa, sapi simental jantan mampu mencapai bobot sekitar 1—2 ton.

Bagi kamu yang ingin qurban sapi simental di tahun 2019, bisa mulai membeli dari sekarang. Perkiraan harga saat ini sekitar Rp20.000.000—Rp50.000.000—untuk ukuran kecil sampai sedang. Kalau kamu membeli sapi simental ukuran jumbo, harganya beda lagi, bisa mencapai Rp80.000.000—100.000.000.

 

Brahman

Daftar Harga Sapi Qurban 2019, Ini Perkiraannya

Ciri-ciri sapi brahman hampir mirip PO; bedanya PO tidak memiliki punuk dan gelambir besar. Negara asal sapi tersebut adalah India. Menurut silsilah, sapi brahman merupakan keturunan zebu dari India atau dikenal dengan sebutan boss indiscuss. Meski begitu, proses pengembangan genetiknya dilakukan di Amerika.

Semula, sapi brahman masuk ke Amerika pada tahun 1849. Di sana, mutu genetik sapi brahman ditingkatkan. Lantas, hasilnya diekspor ke berbagai negara, termasuk Australia. Oleh Australia, sapi brahman dikawinkan dengan sapi lokal, yakni jenis hereford dan shorthorn. Keturunannya disebut brahman cross.

Kawin silang yang dilakukan Australia menjadikan sapi brahman lebih cepat bertumbuh. Bobot badan hariannya pun bertambah secara signifikan. Karena itu, tak heran, harga sapi brahman mencapai Rp. 40.000.000 saat iduladha.

Demikian ulasan seputar daftar harga sapi qurban 2019 untuk kategori sapi terfavorit di Indonesia. Banyak jenis sapi qurban yang bisa kamu gunakan sebagai pilihan untuk qurban di tahun ini.


Kamu bisa melaksanakan ibadah qurban secara mudah dan cepat melalui di Kitabisa. Yuk, qurban sekarang dengan klik gambar di bawah ini!

banner_qurban_kitabisa

Comments are closed.