Ramadhan

Doa Buka Puasa Sesuai Sunnah Nabi Muhammad SAW

Doa Buka Puasa Sesuai Sunnah Nabi Muhammad SAW bisa kita pelajar terlebih dahulu dari faktor pentingnya. Salah satunya, menurut buku Tuntunan Ibadah Pada Bulan Ramadhan (2011) yang dikeluarkan oleh Majlis Tarjih dan Tajdid Pimpinan Pusat Muhammadiyah, setidaknya ada enam (6) amalan yang dianjurkan selama puasa Ramadhan. Salah satunya adalah berdoa ketika berbuka puasa. Tapi jangan sembarangan berdoa, kita harus berdoa dengan doa buka puasa sesuai sunah Nabi Muhammad SAW.

Berdoa ketika berbuka puasa, tentu dengan doa buka puasa sesuai sunah Nabi, adalah sebuah upaya untuk menunjukkan rasa syukur kita kepada Allah Tuhan Yang Maha Memberi.

 

Doa Buka Puasa Sesuai Sunnah Nabi

Doa Buka Puasa Sesuai Sunnah Nabi Muhammad SAW

Ada dua doa buka puasa yang selama ini dikenal oleh muslim di seluruh dunia, termasuk Indonesia.

Doa buka puasa yang pertama:

اللهم لك صمت و بك أمنت و على رزقك أفطرت برحمتك يا ارحم الراحمين

Allahumma laka shumtu wa bika amantu wa ‘ala rizqika afthartu birahmatika yaa arhamar rahimin.”

Doa bukan puasa yang kedua:

ذَهَبَ الظَّمَأُ وَابْتَلَّتِ الْعُرُوقُ وَثَبَتَ الأَجْرُ إِنْ شَاءَ اللَّهُ

Dzahabadl dlama’u wabtalllatil ‘ururqu wa tsabatal ajru, insyaallah.”

Tak jarang dua doa berbuka puasa itu membingungkan kita, mau pilih yang pertama atau pilih yang kedua. Ada yang bilang bahwa doa “allahumma laka shumtu…” didukung oleh hadis yang sifatnya dhaif—padahal ini adalah doa buka puasa yang paling sering digunakan oleh masyarakat Indonesia.

Untuk itulah mereka menawarkan alternatif yang mereka sebut didukung hadis sahih yang diriwayatkan oleh Abu Dawud, yaitu “Dzahabadl dlama’u…

Pertanyaannya, benarkah doa buka puasa kedua lebih sahih dibanding doa buka puasa pertama yang lebih terkenal di kalangan orang Indonesia?

 

Manakah Doa Buka Puasa yang Sesuai Sunnah Nabi?

Doa Buka Puasa Sesuai Sunnah Nabi Muhammad SAW

Kita tahu, dua doa buka puasa tersebut berasal dari hadis Nabi Muhammad. Doa buka puasa pertama bersumber dari riwayat Imam Bukhari dan Imam Muslim, sementara doa buka puasa kedua bersumber dari riwayat Abu Daud.

Jika dilihat kadar kesahihannya berdasarkan kesepakatan ulama ahli hadis, disebutkan bahwa doa buka puasa yang diriwayatkan Bukhari dan Muslim jelas lebih sahih dibandingkan doa buka puasa yang diriwayatkan oleh Abu Dawud. Dari situ jelas bahwa doa buka puasa yang diamalkan oleh masyarakat Indonesia selama ini sudah benar dan didukung oleh hadis sahih dan kuat. Itu artinya, doa buka puasa susah sesuai dengan sunah Nabi Muhammad.

Sementara doa buka puasa susuai sunah alias hadis yang diriwayatkan Abu Dawud, karena juga mengetahui ada doa dari riwayat perawi lainnya, ulama dari Mazhab Syafi’i menggabungkan doa riwayat Imam Bukhari dan Muslim dengan doa riwayat Abu Dawud.

Demikian disebutkan Sulaiman Bujairimi dalam Hasyiyatul Bujairimi, yaitu:

Allâhumma laka shumtu wa ‘alâ rizqika afthartu, dianjurkan menambahkan lafal ‘Wa bika âmantu, wa bika wa ‘alaika tawakkaltu. Dzahabadl dlama’u, wabtallatil ‘urûqu, wa tsabatal ajru, insyâ Allah. Yâ wâsi‘al fadhli, ighfir lî. Alhamdulillâhil ladzî hadânî fa shumtu, wa razaqanî fa afthartu.”

Yang artinya: “Tuhanku, hanya untuk-Mu aku berpuasa. Dengan rezeki-Mu aku membatalkannya. Sebab dan kepada-Mu aku berpasrah. Dahaga telah pergi. Urat-urat telah basah. Dan insya Allah pahala sudah tetap. Wahai Zat Yang Luas Karunia, ampuni aku. Segala puji bagi Tuhan yang memberi petunjuk padaku, lalu aku berpuasa. Dan segala puji Tuhan yang memberiku rezeki, lalu aku membatalkannya.”

 

Alternatif Lain Doa Buka Puasa yang Sesuai Sunnah Nabi

Doa Buka Puasa Sesuai Sunnah Nabi Muhammad SAW

Lepas dari perselisihan mana doa buka puasa yang sesuai sunah Nabi, kita bisa menyimpulkan bahwa ulama zaman dulu begitu bijak dalam menghadapi perbedaan riwayat. Mereka menggabungkan dua riwayat yang berbeda tanpa menegasikan, menyalahkan, atau mengecilkan riwayat lain.

Dan gabungan doa buka puasa seusuai sunah Nabi yang berasal dari dua riwayat itu kemudian disuguhkan kepada masyarakat yang kemudian diamalkan turun-temurun oleh mereka hingga kini. Doa ini dibaca setelah setelah mereka membatalkan puasanya.

 

Pelengkap Doa Buka Puasa Sesuai Sunnah Nabi

Selain memahami dan mengetahui cara doa buka puasa yang sesuai dengan sunah Nabi Muhammad, kita juga dituntut memperbanyak amal saleh selama menajalankan puasa di bulan Ramadhan.

Salah satunya adalah bersedekah. Zaman sekarang, bersedekah di bulan Ramadhan bukanlah perkara yang susah. Kita bahkan bisa bersedekah melalui satu sentuhan, yaitu dengan mengklik situs Kitabisa.com.

Ditulis Oleh: Ranu Mohamad


Kamu dapat melengkapi amalanmu dalam berpuasa dengan mulai bersedekah secara online melalui website Kitabisaatau aplikasi Kitabisa. Amalan baik yang dilakukan saat puasa senantiasa menjadi tabungan untuk menyempurnakan ibadah yang kamu lakukan. Ayo mulai bersedekah!

banner_donasi_sedekah

 

Recent Posts

<strong>Informasi Tentang Program Bingkisan Sehat Kitabisa</strong>

Informasi Tentang Program Bingkisan Sehat Kitabisa

Bingkisan Sehat adalah salah satu program dari Kitabisa yang men-support para Pejuang Sembuh melalui pemberian…

3 days ago
<strong>Merayakan Beragam Kebaikan di Festival Warga Bantu Warga</strong>

Merayakan Beragam Kebaikan di Festival Warga Bantu Warga

Merayakan Beragam Kebaikan di Festival Warga Bantu Warga Kamu tertarik datang ke Festival Warga Bantu…

1 week ago
<strong>Informasi Tentang Program Kita Danain Kampus</strong>

Informasi Tentang Program Kita Danain Kampus

Kampusmu memiliki berbagai program kegiatan sosial dan ingin berkolaborasi dengan Kitabisa? Jangan khawatir, Kitabisa siap…

1 week ago
Informasi Tentang Kado Donasi x Gopay

Informasi Tentang Kado Donasi x Gopay

Halo #OrangBaik, Kitabisa menghadirkan fitur baru untuk kamu yang ingin memberikan kado/hadiah kepada orang tersayang.…

1 week ago
Program Paket Data untuk UMKM Melek Digital

Program Paket Data untuk UMKM Melek Digital

Apa itu Program “Paket Data untuk UMKM Melek Digital”Sebuah program untuk membantu memberikan bantuan pembelian…

2 weeks ago
Voluntrip By Kitabisa

Voluntrip By Kitabisa

Apa itu Voluntrip? Voluntrip adalah program yang diadakan oleh Kitabisa untuk mewadahi masyarakat umum yang…

3 weeks ago