Dukung Mahasiswa UNNES Lanjutkan Kuliah

Ini adalah perjuangan Adam, mahasiswa Ilmu Keolahragaan di Universitas Negeri Semarang (UNNES). Di semester 3 ini, ia terancam berhenti kuliah karena tidak bisa memenuhi biaya kuliah.

Adama Kurnia Pratama atau akrab disapa Adam merupakan mahasiswa jurusan Ilmu Keolahragaan di UNNES angkatan 2018. Saat ini, Adam akan memasuki semester baru yaitu semester 3. Namun, ia terancam berhenti kuliah karena tidak memiliki biaya untuk membayar UKT yang cukup tinggi. 

 

Keadaan Ekonomi Keluarga Adam

Dukung Mahasiswa UNNES Lanjutkan Kuliah

Awalnya, Adam dan keluarganya hidup dengan kondisi yang cukup. Ayahnya memiliki bengkel yang pendapatannya terbilang stabil. Namun, semuanya berubah drastis ketika bengkel ayahnya harus digusur karena adanya pelebaran jalan. Padahal, bengkel tersebut adalah satu-satunya sumber pemasukan keluarga. Sejak saat itu, ayah Adam hanya bekerja serabutan dengan hasil yang pas-pasan dan tidak tetap setiap harinya. Sementara itu, ibu Adam berusaha membantu perekonomian keluarga dengan berjualan.

 

Prestasi Adam yang Membanggakan

Dukung Mahasiswa UNNES Lanjutkan Kuliah

Adam selalu berusaha untuk membahagiakan dan membanggakan kedua orang tuanya. Usahanya dibuktikan dengan prestasi non-akademik yang didapatkan Adam. Ia pernah menjuarai kompetisi sepakbola tingkat kota dan pernah bermain di kompetisi liga 3. Sepak bola memang menjadi hobi sekaligus olahraga yang bisa membuat orang tuanya bangga. Cristiano Ronaldo menjadi inspirasinya dalam berlatih sepak bola. Bagi Adam, Ronaldo bisa memberikan semangat dan kegigihan untuk mencapai keberhasilan. 

Baca juga:
Bantu Hafiza, Anak Sopir Taksi untuk Melanjutkan Kuliah
Penjelasan Sistem UKT atau Uang Kuliah Tunggal

 

Semangat Adam untuk Terus Kuliah

Dukung Mahasiswa UNNES Lanjutkan Kuliah

Kondisi ekonomi keluarga yang berubah membuat perkuliahan Adam juga terancam putus di tengah jalan. Di semester 3 ini, ia harus membayar UKT yang besarnya lebih dari Rp 5 juta. Ekonomi keluarga yang tidak stabil membuat Adam harus berjuang agar bisa terus kuliah. Salah satu cara yang Adam lakukan adalah dengan galang dana di Kitabisa melalui program #BisaKuliah.

#BisaKuliah adalah gerakan yang diinisiasi Kitabisa untuk membantu mahasiswa yang memiliki keterbatasan biaya kuliah. Melalui #BisaKuliah, Kitabisa percaya bahwa setiap orang berhak mendapatkan pendidikan yang layak dan bisa mewujudkan mimpinya. Adama berharap, dengan galang dana di Kitabisa, banyak OrangBaik yang tergerak untuk membantunya meneruskan pendidikan di bangku perkuliahan. 

Ayah dan ibunya selalu menjadi panutan dan sosok yang Adam teladani. Melihat perjuangan ayah dan ibunya membuat Adam terus semangat untuk terus melangkah dan pantang menyerah.


Teman-teman bisa bantu dan beri dukungan agar Adam bisa melanjutkan kuliahnya dengan cara donasi di Kitabisa. Untuk bantu Adam, kamu bisa klik gambar di “Donasi Sekarang“!