Gagal Ginjal: Pengertian, Gejala, Penyebab, dan Cara Mengobati

Gagal ginjal adalah penyakit dimana terjadi penurunan fungsi ginjal. Ginjal menjadi salah satu organ penting dalam tubuh. Organ ini berfungsi untuk menyaring limbah dan kelebihan cairan dari darah sebelum dibuang melalui cairan urine. Ginjal mengirimkan racun ke kandung kemih yang kemudian akan dikeluarkan tubuh melalui urine saat buang air kecil.

Penyakit gagal ginjal dapat menyerang semua usia. Seseorang yang menderita penyakit ini akan kehilangan kemampuan untuk menyaring zat sisa dari darah dengan baik. Kebanyakan dari penderita tidak menyadari munculnya penyakit tersebut. Maka dari itu, penting untuk mengetahui gejala atau tanda-tanda munculnya penyakit gagal ginjal.

 

Gejala dan Tanda Penyakit Gagal Ginjal

Berikut gejala atau ciri umum penyakit gagal ginjal adalah:

  1. Kaki Bengkak

    Salah satu gejala yang paling mudah dilihat adalah bengkak pada kaki. Hal tersebut disebabkan karena urine dikeluarkan tidak baik dan terjadi penumpukan cairan berlebih di dalam tubuh. 

  2. Perubahan Urin

    Seseorang dengan gagal ginjal mengalami perubahan urin yang dikeluarkan. Umumnya, urine akan bercampur darah, berwarna berbeda dari biasanya, dan konsistensi berbusa atau berbuih. 

  3. Ruam atau Gatal

    Ketika ginjal mengalami masalah, organ tersebut akan mengalami penurunan fungsi. Fungsi ginjal sebagai penjaga nutrisi dan mineral akan bekerja dengan tidak baik. Akibatnya, keseimbangan nutrisi dan mineral terganggu sehingga berpengaruh pada kulit. Kulit akan merasa gatal yang berlebihan dan muncul ruam.

  4. Mual dan Muntah

    Limbah dalam tubuh yang seharusnya dikeluarkan lewat urin masih tersimpan dalam tubuh akibat fungsi ginjal yang terganggu. Sehingga, mual dan muntah akan terjadi.

  5. Buang Air Kecil yang Tidak Normal

    Fungsi ginjal sangat berhubungan dengan urin, sehingga jika proses buang air kecil terganggu dapat dikatakan bahwa hal tersebut terjadi karena ginjal yang tidak bekerja dengan baik. 

  6. Kelelahan

    Ginjal bertugas untuk membentuk sel darah merah. Oleh karena itu, para penderita gagal ginjal umumnya juga akan mengalami anemia (kekurangan sel darah merah) dan akan kelelahan.

Baca juga:
7 Hal Tentang Penyakit Ginjal
Gagal Ginjal Kronis: Cegah atau Obati?

 

Penyebab Gagal Ginjal

Gagal Ginjal: Pengertian, Gejala, Penyebab, dan Cara Mengobati

Terdapat beragam faktor penyebab penyebab dari gagal ginjal. Penyebab penyakit gagal ginjal adalah antara lain:

  1. Kehilangan aliran darah menuju ginjal yang disebabkan oleh serangan jantung, luka pada hati, dehidrasi, alergi, dan infeksi parah.
  2. Terjadi masalah pada pembuangan urine yang membuat racun tertumpuk dalam tubuh dan memenuhi ginjal. Masalah pada pembuangan urine antara lain terjadi pada penyakit batu ginjal, pembesaran prostat, gumpalan darah pada saluran urine, dan kerusakan pada saraf yang mengontrol kandung kemih. 
  3. Terdapat gumpalan darah di sekitar ginjal
  4. Peradangan pada pembuluh darah halus
  5. Kerusakan pada sel darah merah yang diikuti infeksi bakteri

 

Pengobatan Penyakit Gagal Ginjal

Gagal Ginjal: Pengertian, Gejala, Penyebab, dan Cara Mengobati

Jenis pengobatan gagal ginjal bergantung pada penyebab dan tingkat kondisi penyakit. Beberapa pengobatan yang umumnya dilakukan adalah mengkonsumsi obat yang berfungsi untuk mengurangi rasa sakit dan mencegah kondisi penyakit lebih parah. Selain itu, pengobatan gagal ginjal juga bisa dilakukan dengan cuci darah seminggu 2x. Meski begitu, banyaknya cuci darah yang dilakukan juga disesuaikan dengan kondisi gagal ginjal pasien. 

Transplantasi ginjal juga merupakan pengobatan yang dapat dilakukan meski harus menunggu waktu yang cukup lama untuk mendapatkan donor yang sesuai. Manfaat utama dari operasi ginjal adalah ginjal baru dapat bekerja secara sempurna, dan pasien tidak perlu melakukan cuci darah lagi. 

 


Daftarkan diri dan keluarga di Kitabisa Plus sebagai perlindungan kesehatan penyakit kritis, seperti penyakit gagal ginjal. Klik plus.kitabisa.com atau klik gambar di bawah ini.

daftar kitabisa plus