Cerita #OrangBaik

Galang Dana untuk Pengobatan Atresia Bilier

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr

Khansa didiagnosa mengalami Atresia Bilier atau kerusakan hati sejak usia 4 bulan. Shara, ibunda Khansa, tidak memiliki biaya yang cukup untuk pengobatan putrinya.

Setelah mendapat informasi dari Komunitas Kantung Doraemon, Ibunda Khansa akhirnya memutuskan untuk membuat galang dana di Kitabisa. 

Ibunda Khansa hanya seorang ibu rumah tangga, sementara ayah Khansa adalah seorang karyawan swasta. Biaya pengobatan Khansa yang sangat besar membuat kedua orang tuanya berusaha mencari bantuan dana demi kesembuhan buah hati mereka.

Khansa lahir pada tanggal 21 Desember 2017. Saat usia 2 minggu, seluruh badan dan mata Khansa menguning. Pada usia 4 bulan, perut Khansa mengeras dan membesar. Setelah menjalani pemeriksaan lebih lanjut, Khansa didiagnosa terkena penyakit atresia bilier atau kerusakan hati. Dokter menyarankan Khansa untuk dirujuk ke rumah sakit yang ada di Jakarta untuk melanjutkan pengobatan.

 

Atresia Bilier yang Diderita Khansa

Galang Dana untuk Pengobatan Atresia Bilier

Penyakit atresia bilier adalah salah satu penyakit langka yang menyebabkan saluran empedu menuju ke hati mengalami penyumbatan. Saluran tersebut merupakan jalur lalu lintas cairan empedu dari hati yang disimpan di usus kecil. Namun karena terjadi penyumbatan, cairan empedu akan menumpuk di hati dan membuatnya kehilangan fungsi utamanya. 

Fungsi cairan empedu adalah membantu penyerapan zat-zat yang berguna bagi tubuh saat proses pencernaan. Cairan ini juga menjadi medium pembawa racun dan zat sisa pencernaan ke saluran pembuangan. Karena terjadi penyumbatan, proses pencernaan otomatis terganggu. 

 

Penyebab dan Gejala Atresia Bilier

Galang Dana untuk Pengobatan Atresia Bilier

Belum ada penyebab atresia bilier yang pasti. Namun, terdapat beberapa kondisi yang diduga memicu terjadinya penyakit ini. Penyebab tersebut antara lain:

  1. Mutasi genetis
  2. Sistem imun yang bermasalah
  3. Pertumbuhan hati dan saluran empedu yang tidak normal
  4. Paparan bahan kimia beracun pada ibu hamil
  5. Infeksi virus

gejala atresia bilier

Baca juga:
Hal yang Perlu Kamu Ketahui Tentang Atresia Bilier
Transplantasi Hati untuk Pejuang Atresia Bilier

 

Galang Dana untuk Kesembuhan Atresia Bilier Khansa

Galang Dana untuk Pengobatan Atresia Bilier

Biaya pengobatan atresia bilier Khansa sangat besar. Meski dibantu dengan jaminan kesehatan, beberapa pengobatan dan perawatan pasca operasi tidak dibantu. Orangtua Khansa sempat kebingungan untuk memenuhi biaya pengobatan Khansa. Namun di tengah perawatan, salah satu relawan di Komunitas Kantong Doraemon, Bella,  menyarankan untuk membuat galang dana di Kitabisa. Komunitas Kantong Doraemon adalah sebuah komunitas yang mendampingi anak-anak dengan sakit parah. Dengan dibantu Bella, Ibunda Khansa akhirnya membuat galang dana di Kitabisa.

Ibunda Khansa, Shara, menyebarkan galang dana melalui sosial media dan juga kelompok-kelompok Whatsapp. Selain keluarga, Komunitas Kantong Doraemon juga membantu menyebarkan halaman galang dana agar semakin banyak orang yang membantu kesembuhan Khansa. 

Galang dana untuk Khansa berhasil mengumpulkan donasi lebih dari Rp 200 juta. Semua itu terkumpul dari ribuan OrangBaik yang telah berdonasi. 

 

Pengobatan Kesembuhan Khansa

Galang Dana untuk Pengobatan Atresia Bilier

Untuk menyembuhkan penyakitnya, Khansa harus melakukan cangkok hati. Pendonor hati untuk Khansa adalah ibundanya sendiri. Bagi Shara, kesembuhan Khansa adalah yang utama. Setelah kondisi Khansa dan ibundanya stabil, proses transplantasi hati (cangkok hati) dilakukan. 

Berkat para OrangBaik yang berdonasi di galang dananya, kini Khansa bisa pulang ke rumah dan berkumpul dengan keluarga. Kondisi Khansa semakin membaik dan mengalami perkembangan. Meskipun telah melakukan transplantasi hati, kondisi Khansa harus selalu dipantau. Khansa masih harus mengkonsumsi susu khusus dan vitamin.

Orangtua Khansa sangat bersyukur dan sangat berterima kasih atas bantuan para OrangBaik. Mereka juga senang karena galang dana yang dibuatnya dapat membantu Khansa bisa sembuh. 


Seperti orangtua Khansa, kamu juga bisa bantu keluarga, teman, atau kerabat yang butuh bantuan biaya pengobatan dengan cara galang dana di Kitabisa. Klik gambar di bawah ini!

Comments are closed.