Kesehatan

Gejala Penyakit Ganas Kanker Kulit

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr

Gejala kanker kulit atau penyakit kanker kulit merupakan jenis kanker yang paling mudah ditemukan gejalanya pada stadium awal.  Kanker kulit bisa terjadi karena kerusakan pada jaringan Deoxyribonucleic acid (DNA) di kulit yang menyebabkan mutasi genetik. Kejadian ini membuat sel pada kulit berlipat ganda jumlahnya dan membentuk tumor. Sebagian besar kerusakan DNA di sel kulit diakibatkan dari radiasi ultraviolet (UV) yang ditemukan di sinar matahari.

 

3 Jenis Kanker Kulit

Gejala Penyakit Ganas Kanker Kulit

  1. Basal cell carcinoma
    Kanker ini menyerang sel pada bagian bawah epidermis kulit. Kanker basal cell carcinomadisebabkan karena kulit yang sering terkena sinar matahari. Meskipun pertumbuhan sel kankernya lambat, namun membiarkannya tidak diobati bisa menyebabkan kanker menyebar ke bagian kulit yang lain dan juga sampai ke tulang.
  2. Squamos cell carcinoma
    Kanker jenis ini disebabkan karena luka pada kulit. Kanker squamos cell carcinoma agak sedikit lebih berbahaya daripada basal cell carcinoma sebab pertumbuhan sel kankernya lebih cepat menyebar.
  3. Melanoma
    Melanoma adalah jenis kanker yang menyerang sel kulit melanocytes yang memproduksi melanin pigmen. Kanker kulit yang satu ini bisa muncul di berbagai bagian tubuh, meskipun lebih sering ditemukan pada dada dan punggung pria atau lengan dan kaki wanita. Pengobatan yang terlambat bisa berakibat mematikan bagi penderita melanoma.

 

Gejala yang Perlu Diperhatikan

Gejala Penyakit Ganas Kanker Kulit

Kanker kulit atau melanoma merupakan salah satu penyakit yang terkadang tidak disadari keberadaannya. Maka dari itu kita harus dapat mengetahui gejala-gejala penyakit kanker kulit agar dapat segera melakukan pemeriksaan dan segera dilangsungkan tindakan medis agar kanker tersebut tidak menyebar dan semakin parah.

  1. Adanya tahi lalat baru berukuran lebih dari enam millimeter
  2. Tahi lalat baru dengan tepi yang aneh
  3. Munculnya tahi lalat baru berwarna abnormal
  4. Benjolan atau kutil yang terus tumbuh
  5. Tanda bersisik Tanda bersisik (patch)

banner_donasi_biaya_pengobatan

 

Cara Mencegah Terjadinya Kanker Kulit

Gejala Penyakit Ganas Kanker Kulit

Matahari merupakan salah satu penyebab kanker kulit paling berbahaya, sinar matahari mulai pukul sepuluh pagi hingga empat sore, sebaiknya dihindari dan tidak keluar rumah di antara jam tersebut. Selain itu kita dapat menggunakan pakaian yang tertutup dan memakai tabir surya, pencegahan kanker kulit juga bisa dilakukan dengan menghindari aktivitas tanning atau pewarnaan kulit. Hal tersebut dikarenakan Sinar ultraviolet buatan lebih berbahaya daripada sinar ultraviolet alami yang berasal dari matahari.

 

Ditulis Oleh: Shelia Lauvita


Selain Rafika, masih banyak penderita penyakit mengerikan seperti kanker kulit ini. Kamu dapat menyisihkan sebagian hartamu untuk membantu para pejuang kanker dengan memberikan donasi secara online melalui website Kitabisa atau melalui Aplikasi Kitabisa. Yuk, mulai berbagi kebaikan!

banner_donasi_biaya_pengobatan

 

 

Comments are closed.