Syarat Qurban Yang Wajib Kamu Ketahui

Buat kamu yang tahun ini berniat berqurban, masih belum terlambat nih untuk melakukan persiapan. Namun, yang perlu dipersiapkan untuk berqurban sebelum Idul Adha bukan cuma masalah biaya lho! Kamu juga harus mengetahui apa saja syarat untuk berqurban. Yuk simak ulasannya!

Pengertian Qurban

Qurban adalah ibadah untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT dengan menyembelih hewan pada waktu yang sudah ditetapkan. Hewan Qurban mulai disembelih setelah pelaksanaan shalat Idul Adha sampai maksimal tanggal 13 Dzulhijjah, sebagaimana yang ditetapkan dalam madzhab Syafi’i.

Salah satu dalil yang berkaitan dengan ibadah ini adalah firman Allah surat al-Kautsar ayat 2:

فَصَلِّ لِرَبِّكَ وَانْحَرْ

Artinya: 

“Maka shalatlah karena Tuhanmu dan berqurbanlah (sebagai ibadah dan mendekatkan diri kepada Allah).” (QS: al-Kautsar: 2)

 

Syarat-syarat Melaksanakan Qurban

Adapun syarat kurban adalah sebagai berikut:

  • Beragama Islam

    Mereka yang non muslim tentu tidak dikenakan kewajiban tersebut. Qurban adalah ibadah untuk mendekatkan diri kepada Allah, dan tentunya hanya bagi mereka yang beriman kepada-Nya.

  • Baligh dan berakal sehat

    Ibadah ini hanya bagi mereka yang sudah dianggap dewasa (baligh) dan berakal sehat. Gugur kewajiban untuk qurban bagi anak-anak dan pengidap gangguan jiwa.

  • Mukim

    Seorang musafir tidak wajib melaksanakan qurban karena harta benda yang dibawanya adalah bekal untuk di perjalanan. Syarat yang ketiga ini tetapi tidak berlaku mutlak. Seorang musafir diperbolehkan menjalankan kurban jika merasa sanggup atau memiliki harta yang cukup.

 

Syarat Hewan yang Disembelih Untuk Qurban

Dalam berkurban tidak boleh sembarangan dalam memilih hewan qurban. Ada beberapa kriteria yang harus dipenuhi sebagai syarat qurban yang sah.

  1. Harus hewan ternak

    Hewan qurban harus merupakan golongan hewan ternak seperti kambing, biri-biri atau domba, sapi, kerbau, dan unta.

  2. Syarat hewan qurban harus cukup umur

    Selain tergolong hewan ternak, usia hewan tersebut juga sudah harus mencukupi. Berikut ini adalah ketentuan tentang usia yang penting untuk kamu ketahui:

  • Domba berusia satu tahun dan telah menginjak tahun kedua saat dikurbankan.
  • Kambing berusia dua tahun dan telah menginjak tahun ketiga saat dikurbankan.
  • Sapi berusia dua tahun dan telah menginjak tahun ketiga saat dikurbankan.
  • Kerbau berusia paling sedikit dua tahun.
  • Onta berusia lima tahun dan telah menginjak tahun keenam saat dikurbankan.
  1. Fisiknya sempurna (tidak cacat)

    Menurut standar penyembelihan halal MUI, hewan ternak yang tidak layak dijadikan hewan qurban adalah:

  • Hewan ternak yang matanya buta.
  • Binatang ternak yang kakinya pincang salah satu.
  • Hewan ternak yang sakit.
  • Binatang ternak yang sangat kurus.
  • Hewan ternak yang telinganya putus baik sebagian atau seluruhnya.
  • Binatang ternak yang putus ekornya.

Hewan bertanduk, seperti kambing atau kerbau mungkin mengalami pecah atau patah tanduk, atau lahir tanpa tanduk. Hewan-hewan demikian ini masih dapat dijadikan hewan qurban asalkan tak mengandung kriteria di atas.

 

Hukum dan Manfaat Qurban

Mayoritas atau jumhur ulama berpendapat bahwa hukum qurban adalah sunnah muakkad atau sunnah yang sangat dianjurkan. Karena itulah mereka yang memiliki kelebihan harta sebaiknya tak meninggalkannya. Sementara untuk muslim yang kurang mampu, kewajiban ini gugur atasnya.

Ada banyak sekali hikmah yang terkandung dalam ibadah qurban ini. Jika Allah SWT memang menganugerahi materi yang berlebih, jangan sampai melewatkan untuk berqurban di tahun ini. 

Inilah hikmah qurban sebagai pengingat diri:

  1. Qurban adalah salah satu ibadah yang dicintai Allah.
  2. Ada banyak kebaikan akan tercurah bagi mereka yang ikhlas melaksanakan qurban untuk meraih ridho-Nya. Rasulullah bersabda, kebaikan akan melimpahi mereka yang bersedia berqurban sebanyak rambut dan bulu-bulu hewan yang disembelih itu.
  3. Dengan menjalankan ibadah qurban merupakan bukti kecintaan, ketaatan, dan ketakwaan kita kepada Allah SWT.
  4. Berqurban juga merupakan ungkapan syukur kita atas karunia yang selama ini terlimpah dari Allah SWT.
  5. Yang pertama kali menjalankan qurban adalah Nabi Ibrahim AS. Dengan mengikuti teladannya, kita turut memperingati syiar Nabi Ibrahim dan mengambil contoh atas kebesaran keimanannya.

Kitabsisa adalah platform terbaik untuk berqurban dengan cara paling praktis di era internet sebagaimana saat ini. Cukup dengan smartphone, kamu dapat menyalurkan dana untuk berqurban kapan dan dimanapun. Kitabisa bermitra dengan lembaga profesional dan amanah untuk menangani qurban yang kamu lakukan. 

Ketika syarat qurban telah terpenuhi, jangan ragu untuk Qurban dengan mudah di Kitabisa. Semoga bermanfaat.


qurban online